Penerapan Mindfulness untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD IT Al-Munawwarah Tapung Jaya

Authors

  • Novia Ulandari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Rokania
  • Rinja Efendi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Rokania

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2889

Keywords:

Ciri-Ciri Makhluk Hidup, Hasil Belajar, Mindfulness, Pembelajaran IPAS, Regulasi Emosi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran berbasis mindfulness dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD pada materi “Ciri-Ciri Makhluk Hidup”. Latar belakang penelitian ini didasari rendahnya keterlibatan siswa dan hasil belajar yang belum mencapai KKM. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model spiral Kemmis & McTaggart, dilaksanakan di SD IT Al-Munawwarah Tapung Jaya, Riau, pada siswa kelas III yang berjumlah 13 orang. Data diperoleh melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas siswa dan guru, serta dokumentasi. Hasil menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar dari 31% menjadi 92%, serta peningkatan aktivitas siswa dari kategori “Baik” menjadi “Sangat Baik”. Pembelajaran mindfulness membantu meningkatkan fokus, regulasi emosi, dan pemahaman konsep secara lebih mendalam. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan mindfulness dapat dijadikan strategi alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS yang lebih kontekstual dan reflektif di tingkat sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, S., & Darnaningsih. (2025). Pendekatan Pembelajaran Berbasir Deep Learning : Mindful Learning, Meaningful Learning, Dan Jofyul Learning. Al- Mumtaz: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1).

Annisa, A. T., Suhirman, S., & Desy, D. E. C. D. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Mind Mapping untuk Membantu Berpikir Kreatif dan Problem Solving Pada Siswa SMA. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 1220–1230. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1577

Fatmawati, I., Handayani, S. D., Surwanti, A., Widowati, R., & Ismail, N. H. (2024). Building Women Migrant Workers’ Entrepreneurial Intention through Introducing Entrepreneurial Knowledge and Digital Marketing Literation. IE3S Web of Conferences (Vol. 570). EDP Sciences. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202457003001

Fauzan, R., Uce, L., Oktarina, R., & Otafiani, R. (2025). Mindfulness Dalam Pendidikan: Meningkatkan Fokus dan Mengurangi Stres Pada Peserta Didik Generasi Z. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 5(1), 1. https://doi.org/10.59818/jpi.v5i1.1046

Firmansyah, Gatot Kaca, Syarnubi, Ferianto, & Habibi, D. F. (2025). Analisis Dampak Mendengarkan Musik Klasik terhadap Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 7(2). https://doi.org/10.61227/arji.v7i2.335

Haryanti, Y. D., Yuliati, Y., Damayanti, I., Afriyuni, D., Intifada, R. D., & Rahman, A. (2025). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Berbasis Deep Learning Bagi Guru Sdit Al-Azhar Madani Center. Jurnal Pengabdian Kolaborasidan Inovasi IPTEKS, 3(3), 557–568.

Krismayanti, Y. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Mindfulness Untuk Pengembangan Etika Siswa Sekolah Dasar. Educational Journal of Bhayangkara, 4(2), 56–63. https://doi.org/10.31599/vknhve29

Kurniawan, D., Eddy Wibowo, M., Saraswati, S., & Muslikah, M. (2025). Studi Literatur: Menumbuhkan Kesadaran Diri dan Motivasi Belajar Siswa melalui Konseling Kelompok. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(2), 346–354. https://doi.org/10.56916/ejip.v4i2.1265

Kusmiran, Y., Agustin, M., & Dahlan, T. H. (2024). Peran Mindfulness Teaching dalam Mengurangi Stres dan Meningkatkan Kualitas Pengajaran Guru PAUD. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(3), 709–722. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.777

Mariyati, L. I., Ansyah, E. H., & Widyastuti. (2024). Strategi Meningkatkan Kesejahteraan Kerja Guru Paud : Optimalisasi Religiusitas dan Mindfullness. UMSIDA Press.

Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787.

Purwoko, R. Y. (2025). Pembelajaran mendalam berorientasi pada peningkatan kemampuan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 11(1), 13–26.

Rahim, A., Febriyanti Asdin, F., & Maulidian Auril Putri Al Imran, Y. (2024). Studi Efektivitas Pengamatan Lapangan pada Aktivitas Lingkungan Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Wakaaka, 3(2), 62–72.

Rahmawati, R. (2021). Pwngaruh Terapi Minfulness Meditation Terhadap Kecemasan Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah.

Repu, M. T., Tea, M., Gaba, T., & Qondias, D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas VI SDK Waepana. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP UNIVERSITAS MANDIRI, 11(02), 24.

Saputro, U., Imam Suyitno, Imam Agus Basuki, & Shirly Rizki Kusumaningrum. (2024). Pengaruh Mindfulness terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Kreatif Pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1861–1870. https://doi.org/10.58230/27454312.696

Septiliani, Y. O. (2025). Penerapan pendekatan mindfulness untuk membentuk karakter disiplin siswa generasi alpha di madrasah diniyah salimurrahmah pulung ponorogo. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Zafirah, Z., Wijaya, M. A., & Rohyana, H. (2025). Strategi deep learning terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Journal of Education Bani Saleh, 1(01), 36–42.

Downloads

Published

2025-08-03

How to Cite

Ulandari, N., & Efendi, R. (2025). Penerapan Mindfulness untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD IT Al-Munawwarah Tapung Jaya. Journal of Education Research, 6(4), 861–873. https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2889

Issue

Section

Articles

Categories