Penerapan Mindfulness untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD IT Al-Munawwarah Tapung Jaya
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2889Keywords:
Ciri-Ciri Makhluk Hidup, Hasil Belajar, Mindfulness, Pembelajaran IPAS, Regulasi EmosiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran berbasis mindfulness dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD pada materi “Ciri-Ciri Makhluk Hidup”. Latar belakang penelitian ini didasari rendahnya keterlibatan siswa dan hasil belajar yang belum mencapai KKM. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model spiral Kemmis & McTaggart, dilaksanakan di SD IT Al-Munawwarah Tapung Jaya, Riau, pada siswa kelas III yang berjumlah 13 orang. Data diperoleh melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas siswa dan guru, serta dokumentasi. Hasil menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar dari 31% menjadi 92%, serta peningkatan aktivitas siswa dari kategori “Baik” menjadi “Sangat Baik”. Pembelajaran mindfulness membantu meningkatkan fokus, regulasi emosi, dan pemahaman konsep secara lebih mendalam. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan mindfulness dapat dijadikan strategi alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS yang lebih kontekstual dan reflektif di tingkat sekolah dasar.
Downloads
References
Ahmad, S., & Darnaningsih. (2025). Pendekatan Pembelajaran Berbasir Deep Learning : Mindful Learning, Meaningful Learning, Dan Jofyul Learning. Al- Mumtaz: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1).
Annisa, A. T., Suhirman, S., & Desy, D. E. C. D. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Mind Mapping untuk Membantu Berpikir Kreatif dan Problem Solving Pada Siswa SMA. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 1220–1230. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1577
Fatmawati, I., Handayani, S. D., Surwanti, A., Widowati, R., & Ismail, N. H. (2024). Building Women Migrant Workers’ Entrepreneurial Intention through Introducing Entrepreneurial Knowledge and Digital Marketing Literation. IE3S Web of Conferences (Vol. 570). EDP Sciences. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202457003001
Fauzan, R., Uce, L., Oktarina, R., & Otafiani, R. (2025). Mindfulness Dalam Pendidikan: Meningkatkan Fokus dan Mengurangi Stres Pada Peserta Didik Generasi Z. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 5(1), 1. https://doi.org/10.59818/jpi.v5i1.1046
Firmansyah, Gatot Kaca, Syarnubi, Ferianto, & Habibi, D. F. (2025). Analisis Dampak Mendengarkan Musik Klasik terhadap Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 7(2). https://doi.org/10.61227/arji.v7i2.335
Haryanti, Y. D., Yuliati, Y., Damayanti, I., Afriyuni, D., Intifada, R. D., & Rahman, A. (2025). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Berbasis Deep Learning Bagi Guru Sdit Al-Azhar Madani Center. Jurnal Pengabdian Kolaborasidan Inovasi IPTEKS, 3(3), 557–568.
Krismayanti, Y. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Mindfulness Untuk Pengembangan Etika Siswa Sekolah Dasar. Educational Journal of Bhayangkara, 4(2), 56–63. https://doi.org/10.31599/vknhve29
Kurniawan, D., Eddy Wibowo, M., Saraswati, S., & Muslikah, M. (2025). Studi Literatur: Menumbuhkan Kesadaran Diri dan Motivasi Belajar Siswa melalui Konseling Kelompok. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(2), 346–354. https://doi.org/10.56916/ejip.v4i2.1265
Kusmiran, Y., Agustin, M., & Dahlan, T. H. (2024). Peran Mindfulness Teaching dalam Mengurangi Stres dan Meningkatkan Kualitas Pengajaran Guru PAUD. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(3), 709–722. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.777
Mariyati, L. I., Ansyah, E. H., & Widyastuti. (2024). Strategi Meningkatkan Kesejahteraan Kerja Guru Paud : Optimalisasi Religiusitas dan Mindfullness. UMSIDA Press.
Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787.
Purwoko, R. Y. (2025). Pembelajaran mendalam berorientasi pada peningkatan kemampuan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 11(1), 13–26.
Rahim, A., Febriyanti Asdin, F., & Maulidian Auril Putri Al Imran, Y. (2024). Studi Efektivitas Pengamatan Lapangan pada Aktivitas Lingkungan Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Wakaaka, 3(2), 62–72.
Rahmawati, R. (2021). Pwngaruh Terapi Minfulness Meditation Terhadap Kecemasan Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah.
Repu, M. T., Tea, M., Gaba, T., & Qondias, D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas VI SDK Waepana. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP UNIVERSITAS MANDIRI, 11(02), 24.
Saputro, U., Imam Suyitno, Imam Agus Basuki, & Shirly Rizki Kusumaningrum. (2024). Pengaruh Mindfulness terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Kreatif Pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1861–1870. https://doi.org/10.58230/27454312.696
Septiliani, Y. O. (2025). Penerapan pendekatan mindfulness untuk membentuk karakter disiplin siswa generasi alpha di madrasah diniyah salimurrahmah pulung ponorogo. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Zafirah, Z., Wijaya, M. A., & Rohyana, H. (2025). Strategi deep learning terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Journal of Education Bani Saleh, 1(01), 36–42.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Novia Ulandari, Rinja Efendi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).