Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa di SDN Brakas II
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2457Keywords:
Gerakan Literasi sekolah, Minat Baca, Siswa Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap minat baca siswa di SDN Brakas II. Rendahnya minat baca siswa di tengah pesatnya perkembangan teknologi menjadi tantangan dalam mewujudkan pendidikan berkualitas. GLS yang diterapkan melalui kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran diyakini mampu menumbuhkan budaya literasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, melibatkan 35 siswa sebagai sampel dengan teknik sensus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan uji korelasi dan regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 26. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara implementasi GLS dan minat baca siswa (r = 0,578; p < 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa GLS berkontribusi nyata dalam meningkatkan minat baca siswa. Secara teoretis, penelitian ini memperkuat pemahaman mengenai peran program literasi dalam konteks pendidikan dasar. Secara praktis, hasilnya dapat menjadi dasar bagi pengembangan kebijakan literasi yang lebih sistematis dan kolaboratif di lingkungan sekolah dasar.
Downloads
References
Ana, R. F. R. (2020). The Influence of the School Literacy Movement through the Utilization of Reading Angles on Reading Interest of Elementary School Students. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 9(2).
Anita, F., Roza, D., & Suriadiman, N. (2024). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Kemampuan Minat Baca Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi. Journal on Teacher Education, 5(4), 78–87. https://doi.org/10.31004/jote.v5i4.30557
Ar, M. M., Aini, K., Hardiansyah, F., & Kunci, K. (2024). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Literasi-Numerasi Digital Guru Sekolah Dasar Di Era Merdeka Belajar. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 01(February), 111–25.
Aryani, V., Susanti, E., Andriyani, R. P., & Setyawati, R. (2022). Analisis Kesulitan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I. In Seminar Nasional Lppm Ummat (pp. 424–436). https://journal.ummat.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/9751
Azzahra, P. T., Asbari, M., & Nugroho, D. E. (2024). Urgensi Peran Generasi Muda Dalam Meningkatkan Pendidikan Berkualitas. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 90–92. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/696
Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. Prentice-Hall.
Clark, C., & Rumbold, K. (2006). Reading for pleasure: A research overview. National Literacy Trust.
Eryanti, E., Danim, S., Yulistio, D., & Wardhana, D. E. C. (2021). The Influence of the School Literacy Movement, Reading Interest, and Reading Materials on Reading Comprehension Skill of Class XI Students of MAN Bengkulu City Academic Year 2020/2021. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(9), 432–441. http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v8i9.3002
Fitriani, S., Muliyadi, I., & Ramadayanti, R. (2021). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Peningkatan Literasi Digital Siswa Di SMPN 1 Tompobulu Kabupaten Gowa. Literatify: Trends in Library Developments, 2(2), 88–96. https://doi.org/10.24252/literatify.v2i2.24279
Herawati, L. E., & Sugiharto, A. (2024). Pengaruh Pembinaan Iman Dan Pendampingan Pastoral Terhadap Pengharapan Hidup Jemaat Lanjut Usia. Teokristi: Jurnal Teologi Kontekstual dan Pelayanan Kristiani, 4(2), 176–196. http://dx.doi.org/10.38189/jtk.v4i2.874
Krashen, S. (2004). The power of reading. Libraries Unlimited.
Kuswandi, I. (2024). Actualization of Meaning and Motives for Entering the Sufism Order on Max Weber Perpective:(Study of the Experience of Tijaniyya Order Practioners in Pesantren in Madura). ATTARBAWIY: Malaysian Online Journal of Education, 8(1), 39–51. http://dx.doi.org/10.53840/attarbawiy.v8i1.207
Kuswandi, I., & Asmoni, A. (2025). A Character Formation Model in Integral Schools: An Analysis Through Weber’s Theory of Social Action. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 17(1).
Mentu, J. R. M., & Makawawa, J. C. (2023). Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas IV SD Advent Tomohon. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 926–939.
Nathaniel, A., Mastika, I. K., & Sutrisno, D. R. (2024). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan UD Nyoto Permadi. Jurnal Strategi Bisnis (JSB), 12(1), 1.
Rambe, R. N., & et al. (2023). Analisis Pengoptimalisasian Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 950–956. https://doi.org/10.56832/edu.v3i2.341
Setyadi, Y. D., & et al. (2021). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 2 Sebagai ‘Agent Of Change Dan Social Control.’ Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1542–1547. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8592
Sudaryo, A. (2024). Dinamika Pendidikan Islam Di Indonesia. INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1(1), 1–9.
Syafitri, N., & Yamin, Y. (2022). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 6218–6223. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3207
Wigfield, A., & Eccles, J. S. (2000). Expectancy-Value Theory of Achievement Motivation. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 68–81. https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1015
Wulandari, T., & Haryadi, H. (2020). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Keterampilan Membaca Siswa Sma n 1 Purworejo. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 92–97. https://journal.unnes.ac.id/sju/jpbsi/article/view/42142
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Sofiyatul Kuswa, Sama' Sama', Iwan Kuswandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).