Analisis Pelayanan Kepuasan Konsumen pada Bisnis Transportasi

Authors

  • Abdy Chairul Kurniawan Universitas Pelita Bangsa
  • Asral Asral Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.235

Abstract

Observasi awal peneliti di berbagai mitra pelayangan jasa aplikasi gojek. Terlihat banyaknya pelanggan tidak memberikan respons apresiasi pada aplikasi setelah diberikan jasa antar jemput. Hal tersebut menjadi kerugian penilaian kinerja pelayanan mitra terhadap kepuasan konsumen. Seharusnya konsumen memberikan bintang kepuasan berdasarkan tingakat pelayanan yang diberikan mitra. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan kepuasan konsumen pada bisnis transportasi PT Aplikasi Karya anak bangsa Tangerang. Jenis penelitian ini adalah penelitian gabungan mix methods dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode campuran Explanatory mixed Methods design yaitu metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara berurutan. Hasil dari penelitian ini yaitu Analisis Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Transportasi PT Aplikasi Karya Anak Bangsa. Diantaranya terdiri dari tiga indikator yaitu Layanan sembilan puluh tiga koma tujuh puluh lima persen dengan presentase sangat tinggi, survey kepuasan menunjukkan hasil tujuh puluh enam koma enam persen dengan presentasi sedang,  dan analisa konsumen menunjukkan hasil delapan puluh dua persen dengan presentasi tinggi. Sedangkankan dengan metode kualitatif pelayanan yaitu memberikan kenyamanan konsumen dalam penggunaan aplikasi gojek dan pelayanan dalam mengantarkan konsumen di tempat tujuan. kepuasan yaitu dengan memberikan jasa transportasi dengan layanan secara online yang dipesan melalui smartphone, dan Analisa konsumen terlihat yaitu dalam pemberian bintang pada driver.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andoko A, Parjimoha H. 2007. Budidaya Jamur. Jakarta: Agromedia. Anonymous, 2010. Menguak Gurihnya Usaha Budi Daya Jamur.

Basu Swastha dan Irawan, 2006, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Intan Ayu, P. (2010). Analisis Pemasaran Jeruk di Kabupaten Bangli. Jurnal Pemasaran Vol 3. Agribisnis Universitas Muhammadiyah Malang.

Isdiyanto, Dwi Arie. 2002. Analisis Saluran Pemasaran Ayam Kampung (Gallus domesticus) Di Jakarta Selatan Propinsi DKI Jakarta [Skripsi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Kotler Philip, (2002),Manajemen Pemasaran di Indonesia :Analisis, Perencanaan. Pasaribu, T., Permana D . R., dan Alda E.R ., 2002. Aneka Jamur Unggulan Yang Menembus Pasar. Jakarta : PT.Gramedia

Kotler & Keller (2012) Manajemen mutu terpadu Jakarta :Ghalia Indonesia.

Widiasarana Indonesia. Rahim, dkk. DRW.2007. Ekonomi Pertanian. Penebar Swadaya, Jakarta.

Rahwana, Heri. 2003. Analisis Usahatani Jamur Tiram Putih di Kecamatan Cicurug dan Parung Kuda Kebupaten Sukabumi. [Skripsi]. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Moleong, J. Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2011.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sugiyono. 2013.Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods . Bandung: PT Alfabeta

Sugiyono. 2016.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi . Bandung: PT AlfabetYusuf.

Zethaml dan Bitner (1996) Service quality dan Satisfaction Edisi ke-4, 125

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Kurniawan, A. C., & Asral, A. (2023). Analisis Pelayanan Kepuasan Konsumen pada Bisnis Transportasi . Journal of Education Research, 4(2), 831–836. https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.235

Issue

Section

Articles