Analisis Pelayanan Kepuasan Konsumen pada Bisnis Transportasi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.235Abstract
Observasi awal peneliti di berbagai mitra pelayangan jasa aplikasi gojek. Terlihat banyaknya pelanggan tidak memberikan respons apresiasi pada aplikasi setelah diberikan jasa antar jemput. Hal tersebut menjadi kerugian penilaian kinerja pelayanan mitra terhadap kepuasan konsumen. Seharusnya konsumen memberikan bintang kepuasan berdasarkan tingakat pelayanan yang diberikan mitra. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan kepuasan konsumen pada bisnis transportasi PT Aplikasi Karya anak bangsa Tangerang. Jenis penelitian ini adalah penelitian gabungan mix methods dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode campuran Explanatory mixed Methods design yaitu metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara berurutan. Hasil dari penelitian ini yaitu Analisis Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Transportasi PT Aplikasi Karya Anak Bangsa. Diantaranya terdiri dari tiga indikator yaitu Layanan sembilan puluh tiga koma tujuh puluh lima persen dengan presentase sangat tinggi, survey kepuasan menunjukkan hasil tujuh puluh enam koma enam persen dengan presentasi sedang, dan analisa konsumen menunjukkan hasil delapan puluh dua persen dengan presentasi tinggi. Sedangkankan dengan metode kualitatif pelayanan yaitu memberikan kenyamanan konsumen dalam penggunaan aplikasi gojek dan pelayanan dalam mengantarkan konsumen di tempat tujuan. kepuasan yaitu dengan memberikan jasa transportasi dengan layanan secara online yang dipesan melalui smartphone, dan Analisa konsumen terlihat yaitu dalam pemberian bintang pada driver.
Downloads
References
Andoko A, Parjimoha H. 2007. Budidaya Jamur. Jakarta: Agromedia. Anonymous, 2010. Menguak Gurihnya Usaha Budi Daya Jamur.
Basu Swastha dan Irawan, 2006, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.
Intan Ayu, P. (2010). Analisis Pemasaran Jeruk di Kabupaten Bangli. Jurnal Pemasaran Vol 3. Agribisnis Universitas Muhammadiyah Malang.
Isdiyanto, Dwi Arie. 2002. Analisis Saluran Pemasaran Ayam Kampung (Gallus domesticus) Di Jakarta Selatan Propinsi DKI Jakarta [Skripsi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Kotler Philip, (2002),Manajemen Pemasaran di Indonesia :Analisis, Perencanaan. Pasaribu, T., Permana D . R., dan Alda E.R ., 2002. Aneka Jamur Unggulan Yang Menembus Pasar. Jakarta : PT.Gramedia
Kotler & Keller (2012) Manajemen mutu terpadu Jakarta :Ghalia Indonesia.
Widiasarana Indonesia. Rahim, dkk. DRW.2007. Ekonomi Pertanian. Penebar Swadaya, Jakarta.
Rahwana, Heri. 2003. Analisis Usahatani Jamur Tiram Putih di Kecamatan Cicurug dan Parung Kuda Kebupaten Sukabumi. [Skripsi]. Bogor : Institut Pertanian Bogor.
Moleong, J. Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2011.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Sugiyono. 2013.Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods . Bandung: PT Alfabeta
Sugiyono. 2016.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi . Bandung: PT AlfabetYusuf.
Zethaml dan Bitner (1996) Service quality dan Satisfaction Edisi ke-4, 125
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Abdy Chairul Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).