Penanaman Pendidikan Karakter pada Peserta Didik di Sekolah Dasar

Authors

  • Shindi Saputri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
  • Asep Ardivanto Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
  • Rofian Rofian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2293

Keywords:

Implementasi pembelajaran, pendidikan karakter, peserta didik Sekolah Dasar

Abstract

Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam pembentukan kepribadian peserta didik, namun implementasinya di sekolah dasar masih menghadapi berbagai tantangan. Salah satu permasalahan yang muncul adalah belum optimalnya penanaman nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari, seperti kurangnya kesopanan terhadap guru dan rendahnya kepedulian terhadap lingkungan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendidikan karakter pada peserta didik kelas V di SDN Sendangguwo 02, Kabupaten Semarang. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter seperti tanggung jawab, toleransi, cinta, dan peduli lingkungan berhasil ditanamkan dalam pembelajaran. Namun, tantangan masih ditemui, terutama dalam bentuk sikap tidak sopan siswa terhadap guru. Untuk mengatasi kendala ini, diperlukan strategi seperti pengintegrasian pendidikan karakter dalam kurikulum, pelatihan guru, penciptaan lingkungan yang mendukung, serta kolaborasi dengan orang tua dan masyarakat. Penelitian ini menegaskan bahwa keberhasilan pendidikan karakter sangat bergantung pada peran guru, konsistensi penerapan, dan penguatan kerja sama berbagai pihak. Pendidikan karakter yang efektif diharapkan dapat mencetak individu yang bermoral, berintegritas, dan berkontribusi positif bagi masyarakat. sejalan dengan visi pemerintah dalam membangun generasi berakhlak dan beradab berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pentingnya Pembentukan Karakter Peduli Sosial. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 61–68.

Afiyah, S., & Sulasminten, I. (2012). Pengaruh Penguatan Pendidikan Karakter terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(3), 45-57.

Agustianti, R., Nussifera, L., Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., ... & Hardika, I. R. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Makasar: Tohar Media.

Ardiyanto, A. (2020). Analisis Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa SDN Tlogosari Kulon 03 Semarang. JANACITTA, 3(2).

Arifin, S. (2017). Peran guru pendidikan jasmani dalam pembentukan pendidikan karakter peserta didik. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1).

Baginda, M. (2018). Nilai-nilai pendidikan berbasis karakter pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Ilmiah Iqra', 10(2).

Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2014). Research-Based Character Education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72–85.

Dalmeri. (2014). Pendidikan untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character). Al-Ulum, 14(1), 269–288.

Damis, R. (2014). Nilai-nilai pendidikan karakter pada ajaran cinta dalam tasawuf. Al-Ulum, 14(1), 127-152.

Durlak, J. A., Weissberg, R. P., Dymnicki, A. B., Taylor, R. D., & Schellinger, K. B. (2011). The Impact of Enhancing Students’ Social and Emotional Learning: A Meta-Analysis of School-Based Universal Interventions. Child Development, 82(1), 405–432.

Ismail, J., & Manompo, D. M. (2022). Efektivitas Penerapan Pembelajaran Tematik Pada Siswa Slow Learners Mis Hi Achmad Syukur Daruba Kecamatan Morotai Selatan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 748-765.

KPAI. (2022). Laporan Tahunan Komisi Perlindungan Anak Indonesia Tahun 2022. Jakarta: KPAI.

Lickona, T. (2019). The Role of School Culture in Character Education. Journal of Moral Education, 48(3), 317-331.

Muchit, S. (2018). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(2), 1–20.

Muslich, M. (2018). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhayati, L., Wibowo, A., & Hasanah, N. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kolaborasi Antara Sekolah dan Orang Tua. Jurnal Pendidikan Karakter, 15(2), 45–56.

Nuriyatun, S. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Pendekatan Psikoedukasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 123-134.

Perdana, N. S. (2018). Implementasi peranan ekosistem pendidikan dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81-95.

Rohmah, N. N. S., Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi penguatan profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinekaan global di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254-1269.

Slamet, S., Hana, M. Y., & Suratman, S. (2023). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis Pendidikan Karakter di Mts Al Mujahidin. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(03), 93-101.

Suryani, R. (2019). The Effectiveness of Character Education in Elementary Schools. International Journal of Educational Policy, 7(1), 56-78.

Wibowo, A. (2020). Integration of Character Education in Elementary School Curriculum. International Journal of Character Education, 12(2), 105-120.

Wuryandani, W., Maftuh, B., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan karakter disiplin di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(2).

Yaumi, M. (2016). Pendidikan karakter: landasan, pilar & implementasi. Jakarta: Prenada Media.

Zubaedi. (2020). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2025-02-10

How to Cite

Saputri, S., Ardivanto, A., & Rofian, R. (2025). Penanaman Pendidikan Karakter pada Peserta Didik di Sekolah Dasar . Journal of Education Research, 6(1), 166–173. https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2293

Issue

Section

Articles

Categories