Mewujudkan Generasi CERDIG (Cerdas Digital): Literatur Review Integrasi Literasi Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2285Keywords:
Literasi digital, Sekolah Dasar, Teknologi PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam terkait implementasi literasi digital guna mewujudkan generasi cerdas digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data berasal dari literatur yang relevan dengan topik penelitian. Hasil kajian menunjukkan bahwa literasi digital memiliki peran krusial dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi dunia yang semakin canggih. Kemampuan literasi digital membantu siswa meningkatkan efektivitas pembelajaran dan motivasi belajar siswa. Namun, implementasi digital di sekolah dasar masih menghadapi berbagai tantangan, seperti kesenjangan akses teknologi, keterbatasan keterampilan guru, dan kurangnya konten pembelajaran yang berkualitas. Hasil penelitian ini memiliki implikasi praktis bagi guru Bimbingan dan Konseling (BK) serta lembaga pendidikan dalam mengembangkan program pembelajaran berbasis bakat digital. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan baru mengenai strategi personalisasi pembelajaran berbasis teknologi.
Downloads
References
Afri, M. S., Hernita, N., & Putra, Z. H. (2022). Pengukuran kemampuan literasi digital siswa sekolah dasar. Indonesian Journal of Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics Education, 1(2), 92–96.
Ajisoka, A. A., Fadhilah, A. R., & Rachman, I. F. (2024). Peran guru dan pendidik dalam mendorong literasi digital untuk pembangunan berkelanjutan. Merdeka: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 55–60. https://doi.org/10.62017/merdeka.v1i5.1273
Anggraini, I., Utami, W., & Rahma, S. (2020). Mengidentifikasi minat bakat siswa sejak usia dini di SD Adiwiyata. ISLAMIKA, 2, 161–169. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i1.570
Aslan, S. (2022). Using cooperative learning and the flipped classroom model with prospective teachers to increase digital literacy self-efficacy, technopedagogical education, and 21st-century skills competence. International Journal of Progressive Education, 18(3), 121–137. https://doi.org/10.29329/ijpe.2022.439.9
Backfisch, I., Lachner, A., Stürmer, K., & Scheiter, K. (2021). Variability of teachers’ technology integration in the classroom: A matter of utility! Computers & Education, 166, 104159. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104159
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications.
Fadilah, A. D., Adinda, N. T., & Rahman, I. F. (2024). Mewujudkan pendidikan inklusif dan berkelanjutan dengan literasi digital: Peran teknologi di era SDGs 2030. Merdeka: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), Article 5. https://doi.org/10.62017/merdeka.v1i5.1284
Fajri, F., Mardianto, M., & Nasution, M. I. P. (2023). Literasi digital: Peluang dan tantangan dalam membangun karakter peserta didik digital literacy: Opportunities and challenges in building student character. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.34001/intelegensia.v11i1.5079
Fitriyani, F., & Nugroho, A. T. (2022). Literasi digital di era pembelajaran Abad 21. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1416
Hafizah, N. (2023). Media pembelajaran digital generasi Alpha era Society 5.0 pada kurikulum Merdeka. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), Article 4. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2699
Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif (1st ed.). Wal ashri Publishing.
Haryanto, H., Ghufron, A., Suyantiningsih, S., & Kumala, F. N. (2022). The correlation between digital literacy and parents’ roles towards elementary school students’ critical thinking. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(3), 828–839.
Herawati, A. R., & Anne, M. (2023, May 3). Literasi digital dan urgensinya pada dunia pendidikan. Master of Public Administration, Universitas Diponegoro. https://map.fisip.undip.ac.id/literasi-digital-dan-urgensinya-pada-dunia-pendidikan/
Herawati, E. S. B., Mustofa, Z., Sari, M. N., Mirsa, N. R. P., Widiyan, A. P., & Astuti, Y. (2024). Edukasi digital safety dalam meningkatkan kecakapan bermedia digital siswa. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.37905/ljpmt.v3i1.24090
Krisnawati, N., Farradhillah, S. Q. A., Mariyam, S., Febrianti, I., Setianingsih, D., Iskandar, S., Majid, N. W. A., & Wulan, N. S. (2023). Literasi digital pada pembelajaran Abad 21 di sekolah dasar. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.37304/enggang.v4i1.12098
Lestari, H., Siskandar, R., & Rahmawati, I. (2020). Digital literacy skills of teachers in elementary school in the Revolution 4.0. International Conference on Elementary Education, 2(1), 302–311.
Lestari, W. D., Yuniawatika, Y., & Rahmawati, H. (2024). Pengembangan model pembelajaran berbasis literasi digital untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Journal of Language Literature and Arts, 4(11), Article 11. https://doi.org/10.17977/um064v4i112024p1103-1109
Maphosa, C., & Bhebhe, S. (2019). Digital literacy: A must for Open Distance and E-Learning (ODEL) students. European Journal of Education Studies, 0, Article 0. https://doi.org/10.46827/ejes.v0i0.2274
Marmoah, S., Poerwanti, J. I. S., Suharno, S., & Gestiardi, R. (2024). The quality management of education in elementary schools in improving teachers’ digital literacy in the era of online learning. Pegem Journal of Education and Instruction, 14(1), 29–37. https://doi.org/10.47750/pegegog.14.01.04
Nafiah, Ghufron, S., Hartatik, S., Saputri, T., Djazilan, S., Mariati, P., & Kurjum, M. (2022). An online-based learning management analysis for elementary school teachers during COVID-19 pandemic in Indonesia. Pegem Journal of Education and Instruction, 12(4), 137–147.
Nuryati. (2022). Implementasi literasi digital dalam pembelajaran matematika di SD Negeri Sumogawe 01 Kabupaten Semarang [Unpublished undergraduate thesis]. Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://eprints.ums.ac.id/103390/14/Naskah%20Publikasi.pdf
Putranto, S. (2024). Pelatihan literasi digital guru Sekolah Dasar Negeri Teganing. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1418–1424. https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8719
Putri, D. A., & Nanggala, A. (2023). Analisis penerapan literasi digital dalam pembelajaran di SDN 258 Sukarela. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), Article 2.
Ramadhani, R. P., Setyowati, R. N., & Kristanto, A. (2024). Use of interactive multimedia to improve digital literacy in elementary schools. International Journal of Emerging Research and Review, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.56707/ijoerar.v2i2.58
Safitri, I., Marsidin, S., & Subandi, A. (2020). Analisis kebijakan terkait kebijakan literasi digital di sekolah dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(2), 176–180. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.123
Setiani, N. N., & Barokah, N. (2021). Urgensi literasi digital dalam menyongsong siswa Sekolah Dasar menuju generasi emas Tahun 2045. Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI, 1, 411–427.
Setiawan, A., Lukmanulhakim, L., & Linarsih, A. (2023). Efektivitas gerakan literasi digital di sekolah jenjang pendidikan dasar di Kota Pontianak. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 15(1), Article 1. https://doi.org/10.26418/jvip.v15i1.60994
Simbolon, M. E., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Pengaruh literasi digital terhadap minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 532–542. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2449
Suartana, I. M., Putra, R. E., & Alit, R. (2024). Penguatan kompetensi literasi digital bagi guru Sekolah Dasar. Jurnal Abadimas Adi Buana, 7(02), Article 02. https://doi.org/10.36456/abadimas.v7.i02.a8294
Swim, N., Presley, R., & Thompson, E. (2023). Digital development and technology in sport: A course to improve digital literacy in the sport management curriculum. https://doi.org/10.1123/smej.2022-0021
Syifa, S. N., Az-Zahra, A. M., & Rachman, I. F. (2024). Analisis infrastruktur teknologi, pelatihan pengajar dan tantangan dalam implementasi model pembelajaran literasi digital untuk mendukung SDGs 2030. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(2), 212–224. https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i2.817
Tuna, Y. (2022). Literasi digital dalam pembelajaran di SD sebagai upaya peningkatan kualitas pendidik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 0, Article 0. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1084
Umayah, U., & Riwanto, M. A. (2020). Transformasi Sekolah Dasar abad 21 New Digital Literacy untuk membangun karakter siswa di era global. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar), 4(1), 1–10.
UNESCO. (2022, June 22). Digital literacy. https://uis.unesco.org/en/glossary-term/digital-literacy
Utami, I. W. P., Fantiro, F. A., & Fazlyn, N. H. (2024). Upaya pengendalian dampak negatif literasi digital bagi siswa sekolah dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.36456/inventa.8.2.a9420
Wahyuni, D. S., Karisma, N. A. M., & Rachman, I. F. (2024). Memahami strategi, tantangan, dan solusi pengintegrasian literasi digital dalam kurikulum inklusif untuk SDGs 2030. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(5), Article 5. https://doi.org/10.61722/jirs.v1i5.1323
Wibowo, S., Pujianah, Hakim, A. R., & Nita, C. I. R. (2023). Implementation of Bruner’s theory to improve understanding of the concept of numbers for Grade I students at SDN 1 Kepanjen. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 3(7), 605–621. https://doi.org/10.17977/um065v3i72023p605-621
Wibowo, S., Wangid, M. N., & Firdaus, F. M. (2025). The relevance of Vygotsky’s constructivism learning theory with the differentiated learning primary schools. Journal of Education and Learning (EduLearn), 19(1), 431–440.
Widiyantti, D., Fadila, D., Pratiwi, N., & Rachman, I. F. (2024). Peran literasi digital pada siswa Sekolah Dasar untuk pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) 2030. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(3), 142–155. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i3.626
Yahya, M. S. (2023). Transformasi pendidikan Agama Islam di era digital: Implementasi literasi digital dalam pembelajaran di wilayah Banyumas. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.317
Yuliana, E., Nirmala, S. D., & Ardiasih, L. S. (2023). Pengaruh literasi digital guru dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4196
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Alfi Zaqiyatur Rosyidah, Nurina Eka Putri Septiani, Sigit Wibowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).