Mewujudkan Generasi CERDIG (Cerdas Digital): Literatur Review Integrasi Literasi Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

Authors

  • Alfi Zaqiyatur Rosyidah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Malang
  • Nurina Eka Putri Septiani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Malang
  • Sigit Wibowo Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2285

Keywords:

Literasi digital, Sekolah Dasar, Teknologi Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam terkait implementasi literasi digital guna mewujudkan generasi cerdas digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data berasal dari literatur yang relevan dengan topik penelitian. Hasil kajian menunjukkan bahwa literasi digital memiliki peran krusial dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi dunia yang semakin canggih. Kemampuan literasi digital membantu siswa meningkatkan efektivitas pembelajaran dan motivasi belajar siswa. Namun, implementasi digital di sekolah dasar masih menghadapi berbagai tantangan, seperti kesenjangan akses teknologi, keterbatasan keterampilan guru, dan kurangnya konten pembelajaran yang berkualitas. Hasil penelitian ini memiliki implikasi praktis bagi guru Bimbingan dan Konseling (BK) serta lembaga pendidikan dalam mengembangkan program pembelajaran berbasis bakat digital. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan baru mengenai strategi personalisasi pembelajaran berbasis teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Alfi Zaqiyatur Rosyidah, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Malang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Sigit Wibowo, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Malang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Afri, M. S., Hernita, N., & Putra, Z. H. (2022). Pengukuran kemampuan literasi digital siswa sekolah dasar. Indonesian Journal of Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics Education, 1(2), 92–96.

Ajisoka, A. A., Fadhilah, A. R., & Rachman, I. F. (2024). Peran guru dan pendidik dalam mendorong literasi digital untuk pembangunan berkelanjutan. Merdeka: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 55–60. https://doi.org/10.62017/merdeka.v1i5.1273

Anggraini, I., Utami, W., & Rahma, S. (2020). Mengidentifikasi minat bakat siswa sejak usia dini di SD Adiwiyata. ISLAMIKA, 2, 161–169. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i1.570

Aslan, S. (2022). Using cooperative learning and the flipped classroom model with prospective teachers to increase digital literacy self-efficacy, technopedagogical education, and 21st-century skills competence. International Journal of Progressive Education, 18(3), 121–137. https://doi.org/10.29329/ijpe.2022.439.9

Backfisch, I., Lachner, A., Stürmer, K., & Scheiter, K. (2021). Variability of teachers’ technology integration in the classroom: A matter of utility! Computers & Education, 166, 104159. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104159

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications.

Fadilah, A. D., Adinda, N. T., & Rahman, I. F. (2024). Mewujudkan pendidikan inklusif dan berkelanjutan dengan literasi digital: Peran teknologi di era SDGs 2030. Merdeka: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), Article 5. https://doi.org/10.62017/merdeka.v1i5.1284

Fajri, F., Mardianto, M., & Nasution, M. I. P. (2023). Literasi digital: Peluang dan tantangan dalam membangun karakter peserta didik digital literacy: Opportunities and challenges in building student character. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.34001/intelegensia.v11i1.5079

Fitriyani, F., & Nugroho, A. T. (2022). Literasi digital di era pembelajaran Abad 21. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1416

Hafizah, N. (2023). Media pembelajaran digital generasi Alpha era Society 5.0 pada kurikulum Merdeka. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), Article 4. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2699

Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif (1st ed.). Wal ashri Publishing.

Haryanto, H., Ghufron, A., Suyantiningsih, S., & Kumala, F. N. (2022). The correlation between digital literacy and parents’ roles towards elementary school students’ critical thinking. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(3), 828–839.

Herawati, A. R., & Anne, M. (2023, May 3). Literasi digital dan urgensinya pada dunia pendidikan. Master of Public Administration, Universitas Diponegoro. https://map.fisip.undip.ac.id/literasi-digital-dan-urgensinya-pada-dunia-pendidikan/

Herawati, E. S. B., Mustofa, Z., Sari, M. N., Mirsa, N. R. P., Widiyan, A. P., & Astuti, Y. (2024). Edukasi digital safety dalam meningkatkan kecakapan bermedia digital siswa. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.37905/ljpmt.v3i1.24090

Krisnawati, N., Farradhillah, S. Q. A., Mariyam, S., Febrianti, I., Setianingsih, D., Iskandar, S., Majid, N. W. A., & Wulan, N. S. (2023). Literasi digital pada pembelajaran Abad 21 di sekolah dasar. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.37304/enggang.v4i1.12098

Lestari, H., Siskandar, R., & Rahmawati, I. (2020). Digital literacy skills of teachers in elementary school in the Revolution 4.0. International Conference on Elementary Education, 2(1), 302–311.

Lestari, W. D., Yuniawatika, Y., & Rahmawati, H. (2024). Pengembangan model pembelajaran berbasis literasi digital untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Journal of Language Literature and Arts, 4(11), Article 11. https://doi.org/10.17977/um064v4i112024p1103-1109

Maphosa, C., & Bhebhe, S. (2019). Digital literacy: A must for Open Distance and E-Learning (ODEL) students. European Journal of Education Studies, 0, Article 0. https://doi.org/10.46827/ejes.v0i0.2274

Marmoah, S., Poerwanti, J. I. S., Suharno, S., & Gestiardi, R. (2024). The quality management of education in elementary schools in improving teachers’ digital literacy in the era of online learning. Pegem Journal of Education and Instruction, 14(1), 29–37. https://doi.org/10.47750/pegegog.14.01.04

Nafiah, Ghufron, S., Hartatik, S., Saputri, T., Djazilan, S., Mariati, P., & Kurjum, M. (2022). An online-based learning management analysis for elementary school teachers during COVID-19 pandemic in Indonesia. Pegem Journal of Education and Instruction, 12(4), 137–147.

Nuryati. (2022). Implementasi literasi digital dalam pembelajaran matematika di SD Negeri Sumogawe 01 Kabupaten Semarang [Unpublished undergraduate thesis]. Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://eprints.ums.ac.id/103390/14/Naskah%20Publikasi.pdf

Putranto, S. (2024). Pelatihan literasi digital guru Sekolah Dasar Negeri Teganing. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1418–1424. https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8719

Putri, D. A., & Nanggala, A. (2023). Analisis penerapan literasi digital dalam pembelajaran di SDN 258 Sukarela. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), Article 2.

Ramadhani, R. P., Setyowati, R. N., & Kristanto, A. (2024). Use of interactive multimedia to improve digital literacy in elementary schools. International Journal of Emerging Research and Review, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.56707/ijoerar.v2i2.58

Safitri, I., Marsidin, S., & Subandi, A. (2020). Analisis kebijakan terkait kebijakan literasi digital di sekolah dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(2), 176–180. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.123

Setiani, N. N., & Barokah, N. (2021). Urgensi literasi digital dalam menyongsong siswa Sekolah Dasar menuju generasi emas Tahun 2045. Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI, 1, 411–427.

Setiawan, A., Lukmanulhakim, L., & Linarsih, A. (2023). Efektivitas gerakan literasi digital di sekolah jenjang pendidikan dasar di Kota Pontianak. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 15(1), Article 1. https://doi.org/10.26418/jvip.v15i1.60994

Simbolon, M. E., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Pengaruh literasi digital terhadap minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 532–542. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2449

Suartana, I. M., Putra, R. E., & Alit, R. (2024). Penguatan kompetensi literasi digital bagi guru Sekolah Dasar. Jurnal Abadimas Adi Buana, 7(02), Article 02. https://doi.org/10.36456/abadimas.v7.i02.a8294

Swim, N., Presley, R., & Thompson, E. (2023). Digital development and technology in sport: A course to improve digital literacy in the sport management curriculum. https://doi.org/10.1123/smej.2022-0021

Syifa, S. N., Az-Zahra, A. M., & Rachman, I. F. (2024). Analisis infrastruktur teknologi, pelatihan pengajar dan tantangan dalam implementasi model pembelajaran literasi digital untuk mendukung SDGs 2030. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(2), 212–224. https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i2.817

Tuna, Y. (2022). Literasi digital dalam pembelajaran di SD sebagai upaya peningkatan kualitas pendidik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 0, Article 0. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1084

Umayah, U., & Riwanto, M. A. (2020). Transformasi Sekolah Dasar abad 21 New Digital Literacy untuk membangun karakter siswa di era global. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar), 4(1), 1–10.

UNESCO. (2022, June 22). Digital literacy. https://uis.unesco.org/en/glossary-term/digital-literacy

Utami, I. W. P., Fantiro, F. A., & Fazlyn, N. H. (2024). Upaya pengendalian dampak negatif literasi digital bagi siswa sekolah dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.36456/inventa.8.2.a9420

Wahyuni, D. S., Karisma, N. A. M., & Rachman, I. F. (2024). Memahami strategi, tantangan, dan solusi pengintegrasian literasi digital dalam kurikulum inklusif untuk SDGs 2030. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(5), Article 5. https://doi.org/10.61722/jirs.v1i5.1323

Wibowo, S., Pujianah, Hakim, A. R., & Nita, C. I. R. (2023). Implementation of Bruner’s theory to improve understanding of the concept of numbers for Grade I students at SDN 1 Kepanjen. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 3(7), 605–621. https://doi.org/10.17977/um065v3i72023p605-621

Wibowo, S., Wangid, M. N., & Firdaus, F. M. (2025). The relevance of Vygotsky’s constructivism learning theory with the differentiated learning primary schools. Journal of Education and Learning (EduLearn), 19(1), 431–440.

Widiyantti, D., Fadila, D., Pratiwi, N., & Rachman, I. F. (2024). Peran literasi digital pada siswa Sekolah Dasar untuk pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) 2030. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(3), 142–155. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i3.626

Yahya, M. S. (2023). Transformasi pendidikan Agama Islam di era digital: Implementasi literasi digital dalam pembelajaran di wilayah Banyumas. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.317

Yuliana, E., Nirmala, S. D., & Ardiasih, L. S. (2023). Pengaruh literasi digital guru dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4196

Downloads

Published

2025-07-29

How to Cite

Rosyidah, A. Z., Septiani, N. E. P., & Wibowo, S. (2025). Mewujudkan Generasi CERDIG (Cerdas Digital): Literatur Review Integrasi Literasi Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 6(4), 813–821. https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2285

Issue

Section

Articles

Categories