Evaluasi Efektivitas Integrasi Nilai Tauhid dalam Kurikulum Merdeka untuk Pembentukan Karakter Islami Siswa di SD IT Attaqwa Nurul Fahmi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2207Keywords:
Evaluasi, Integrasi, Karakter Islami, Kurikulum Merdeka, Nilai TauhidAbstract
Kurikulum Merdeka memberikan peluang bagi lembaga pendidikan untuk mengintegrasikan nilai-nilai agama, termasuk nilai tauhid, sebagai landasan pembentukan karakter Islami siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas integrasi nilai-nilai tauhid dalam Kurikulum Merdeka sebagai dasar pembentukan karakter Islami siswa di SD IT Attaqwa Nurul Fahmi. Penelitian ini mengisi celah dalam literatur sebelumnya yang cenderung membahas aspek implementasi normatif, tanpa mengevaluasi secara sistematis dampaknya terhadap karakter siswa. Pendekatan kualitatif digunakan dengan teknik triangulasi melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai tauhid, yang mencakup aspek keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia, telah diterapkan secara sangat baik dengan skor rata-rata 4.51. Keberhasilan ini ditopang oleh pembiasaan ibadah, materi ajar terstruktur, dan dukungan manajemen sekolah. Namun, tantangan tetap ada, terutama dalam ketidakseimbangan penguatan nilai di rumah. Penelitian ini merekomendasikan sinergi antara sekolah dan keluarga melalui pelatihan parenting Islami, panduan pendidikan karakter berbasis rumah, serta forum komunikasi berkala. Temuan ini memberikan kontribusi praktis bagi institusi pendidikan dasar lainnya dalam mengadopsi model pendidikan karakter Islami berbasis tauhid secara lebih terpadu dan berkelanjutan.
Downloads
References
Abidin, Z., Nurhayati, N. F., & Lestari, D. A. (2018). Akhlak Mulia Ditinjau Dari Pendidikan Agama Islam dalam keluarga. Akhlak Mulia Ditinjau Dari Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga, 1(1), 85–92.
Amalia, A. C., & Munawir, M. (2022). Konsep Teori Belajar Humanistik Dalam Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam. Aulada : Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(2), 183–196. https://doi.org/10.31538/aulada.v3i2.1880
Ansori, Y. Z. (2021). Menumbuhkan Karakter Hormat dan Tanggung Jawab Pada Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 599–605. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1120
Basri, H. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Tauhid Pada Pelajaran Sains Bagi Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu. In Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam. academia.edu. https://www.academia.edu/download/89420394/105.pdf
Batubara, J. (2015). Pengembangan Karakter Jujur Melalui Pembiasaan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.29210/112000
Creswell, J. W. (n.d.). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). CA: Sage Publications.
Daulay, R. M. S., & Rohman, F. (2023). Keteladanan Guru Membentuk Kedisiplinan Beribadah Siswa: Analisis Implementasi pada Siswa Madrasah Aliyah. Hikmah, 20(1), 69–80. https://doi.org/10.53802/hikmah.v20i1.194
Epstein, J. L. (2018). School, Family, and Community Partnerships. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429494673
Fatimah, S., & Nuraninda, F. A. (2021). Peranan Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Remaja Generasi 4.0. Jurnal Basicedu, 5(5), 3705–3711. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1346
Feba, N. D., Septiana, N., & Azzahra, N. (2023). Gunung Djati Conference Series , Volume 22 ( 2023 ) CONFERENCE SERIES LEARNING CLASS Pentingnya Penanaman Pendidikan Tauhid pada Anak Usia Dini. 22, 222–233.
Halstead, J. M. (2007). Islamic values: A distinctive framework for moral education? Journal of Moral Education, 36(3), 283–296. https://doi.org/10.1080/03057240701643056
Iskandar, R., & Apipudin. (2023). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Berbasis Ajaran Islam Penulis Korespodensi. Jurnal Inovasi Dan Tren, 2(1), 257–262. https://doi.org/10.35870/ljit.v1i2.2182
Larasati, S. P. D., & Munastiwi, E. (2021). Strategi Kreatif Orang Tua Single Parent Dalam Membangun Sikap Empati Anak Selama Masa Pandemi Covid-19. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 73–85.
Maefa, M. N., Khadijah, A. N., & ... (2023). Toleransi Keragaman Beragama Sebagai Pondasi Ketakwaan. Religion: Jurnal Agama …, 1(2023), 115–127. https://doi.org/10.55606/religion.v1i4.226
Moloeng, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Remaja Rosdakarya.
Mukani, M., & Sumarsono, T. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Berbasis Adiwiyata pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN Tambakberas Jombang. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 181. https://doi.org/10.15642/jpai.2017.5.2.181-200
Mulyawan, H., & Mahmudi. (2024). Ayat dan Hadis Tentang Tauhid Hubungannya dengan Konsep Pendidikan Islam Holistik. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(4), 2065–2080. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i4.1205
Mustoip, S. (2023). Analisis Penilaian Perkembangan Dan Pendidikan Karakter Di Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar. PANDU : Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(3), 144–151. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i3.470
Nurjanah, S., Yuliantoro, A. T., & Niam, A. U. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Proses Pembelajaran Tema 1 Sub Tema 1 Siswa Kelas Bawah MI Subulussalam 02 Sriwangi. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(2), 51–57. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.851
Rangkuti, E. S., & Harahap, A. S. (2024). Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Di Paud Nurul Falah Penyambungan Barat. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 2122–2127. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25544
Safaria, T. (2018). Perilaku Keimanan, Kesabaran dan Syukur dalam Memprediksi Subjective Wellbeing Remaja. Humanitas, 15(2), 127. https://doi.org/10.26555/humanitas.v15i2.5417
Saleh, H. (2023). Landasan Filosofis Pendidikan Islam (Peran Tauhid dalam Konsep Pendidikan Islam Ismail Raji al-Faruqi). Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam. https://www.ejournal.unia.ac.id/index.php/fakta/article/view/1243
Setyani, D., & Masyithoh, S. (2024). Kepatuhan Beragama dan Interaksi Sosial Dalam Masyarakat Islam. Jurnal IHSAN Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 60–69. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.159
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Suryani, I., Ma’tsum, H., Santi, N., & Manik, M. (2021). Rukun Iman dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak. Islam & Contemporary Issues, 1(1), 45–52. https://doi.org/10.57251/ici.v1i1.7
Tanjung, A. (2023). Memahami Esensi Tauhid Melalui Al- Qur ’ an. 4(2), 87–97.
Wibisana, W. (2024). Kasus Bullying Naik Tiap Tahun, Psikolog: Remaja Rentan Jadi Korban. INDOPOS.CO.ID.
Yusri, N., Ananta, M. A., Handayani, W., & Haura, N. (2023). Peran Penting Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 12. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i2.115
Zaim, M. (2019). Tujuan Pendidikan Perspektif Al-Quran Dan Hadits (Isu Dan Strategi Pengembangan Pendidikan Islam). Muslim Heritage, 4(2). https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v4i2.1766
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Elvia Hani Marlina, Dina Sutiana, Sarah Zakiyah, Muhammad Aminuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).