Evaluasi Efektivitas Integrasi Nilai Tauhid dalam Kurikulum Merdeka untuk Pembentukan Karakter Islami Siswa di SD IT Attaqwa Nurul Fahmi

Authors

  • Elvia Hani Marlina Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dina Sutiana Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sarah Zakiyah Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Aminuddin Tadris Bahasa Inggris, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2207

Keywords:

Evaluasi, Integrasi, Karakter Islami, Kurikulum Merdeka, Nilai Tauhid

Abstract

Kurikulum Merdeka memberikan peluang bagi lembaga pendidikan untuk mengintegrasikan nilai-nilai agama, termasuk nilai tauhid, sebagai landasan pembentukan karakter Islami siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas integrasi nilai-nilai tauhid dalam Kurikulum Merdeka sebagai dasar pembentukan karakter Islami siswa di SD IT Attaqwa Nurul Fahmi. Penelitian ini mengisi celah dalam literatur sebelumnya yang cenderung membahas aspek implementasi normatif, tanpa mengevaluasi secara sistematis dampaknya terhadap karakter siswa. Pendekatan kualitatif digunakan dengan teknik triangulasi melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai tauhid, yang mencakup aspek keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia, telah diterapkan secara sangat baik dengan skor rata-rata 4.51. Keberhasilan ini ditopang oleh pembiasaan ibadah, materi ajar terstruktur, dan dukungan manajemen sekolah. Namun, tantangan tetap ada, terutama dalam ketidakseimbangan penguatan nilai di rumah. Penelitian ini merekomendasikan sinergi antara sekolah dan keluarga melalui pelatihan parenting Islami, panduan pendidikan karakter berbasis rumah, serta forum komunikasi berkala. Temuan ini memberikan kontribusi praktis bagi institusi pendidikan dasar lainnya dalam mengadopsi model pendidikan karakter Islami berbasis tauhid secara lebih terpadu dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z., Nurhayati, N. F., & Lestari, D. A. (2018). Akhlak Mulia Ditinjau Dari Pendidikan Agama Islam dalam keluarga. Akhlak Mulia Ditinjau Dari Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga, 1(1), 85–92.

Amalia, A. C., & Munawir, M. (2022). Konsep Teori Belajar Humanistik Dalam Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam. Aulada : Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(2), 183–196. https://doi.org/10.31538/aulada.v3i2.1880

Ansori, Y. Z. (2021). Menumbuhkan Karakter Hormat dan Tanggung Jawab Pada Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 599–605. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1120

Basri, H. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Tauhid Pada Pelajaran Sains Bagi Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu. In Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam. academia.edu. https://www.academia.edu/download/89420394/105.pdf

Batubara, J. (2015). Pengembangan Karakter Jujur Melalui Pembiasaan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.29210/112000

Creswell, J. W. (n.d.). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). CA: Sage Publications.

Daulay, R. M. S., & Rohman, F. (2023). Keteladanan Guru Membentuk Kedisiplinan Beribadah Siswa: Analisis Implementasi pada Siswa Madrasah Aliyah. Hikmah, 20(1), 69–80. https://doi.org/10.53802/hikmah.v20i1.194

Epstein, J. L. (2018). School, Family, and Community Partnerships. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429494673

Fatimah, S., & Nuraninda, F. A. (2021). Peranan Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Remaja Generasi 4.0. Jurnal Basicedu, 5(5), 3705–3711. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1346

Feba, N. D., Septiana, N., & Azzahra, N. (2023). Gunung Djati Conference Series , Volume 22 ( 2023 ) CONFERENCE SERIES LEARNING CLASS Pentingnya Penanaman Pendidikan Tauhid pada Anak Usia Dini. 22, 222–233.

Halstead, J. M. (2007). Islamic values: A distinctive framework for moral education? Journal of Moral Education, 36(3), 283–296. https://doi.org/10.1080/03057240701643056

Iskandar, R., & Apipudin. (2023). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Berbasis Ajaran Islam Penulis Korespodensi. Jurnal Inovasi Dan Tren, 2(1), 257–262. https://doi.org/10.35870/ljit.v1i2.2182

Larasati, S. P. D., & Munastiwi, E. (2021). Strategi Kreatif Orang Tua Single Parent Dalam Membangun Sikap Empati Anak Selama Masa Pandemi Covid-19. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 73–85.

Maefa, M. N., Khadijah, A. N., & ... (2023). Toleransi Keragaman Beragama Sebagai Pondasi Ketakwaan. Religion: Jurnal Agama …, 1(2023), 115–127. https://doi.org/10.55606/religion.v1i4.226

Moloeng, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Remaja Rosdakarya.

Mukani, M., & Sumarsono, T. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Berbasis Adiwiyata pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN Tambakberas Jombang. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 181. https://doi.org/10.15642/jpai.2017.5.2.181-200

Mulyawan, H., & Mahmudi. (2024). Ayat dan Hadis Tentang Tauhid Hubungannya dengan Konsep Pendidikan Islam Holistik. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(4), 2065–2080. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i4.1205

Mustoip, S. (2023). Analisis Penilaian Perkembangan Dan Pendidikan Karakter Di Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar. PANDU : Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(3), 144–151. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i3.470

Nurjanah, S., Yuliantoro, A. T., & Niam, A. U. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Proses Pembelajaran Tema 1 Sub Tema 1 Siswa Kelas Bawah MI Subulussalam 02 Sriwangi. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(2), 51–57. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.851

Rangkuti, E. S., & Harahap, A. S. (2024). Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Di Paud Nurul Falah Penyambungan Barat. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 2122–2127. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25544

Safaria, T. (2018). Perilaku Keimanan, Kesabaran dan Syukur dalam Memprediksi Subjective Wellbeing Remaja. Humanitas, 15(2), 127. https://doi.org/10.26555/humanitas.v15i2.5417

Saleh, H. (2023). Landasan Filosofis Pendidikan Islam (Peran Tauhid dalam Konsep Pendidikan Islam Ismail Raji al-Faruqi). Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam. https://www.ejournal.unia.ac.id/index.php/fakta/article/view/1243

Setyani, D., & Masyithoh, S. (2024). Kepatuhan Beragama dan Interaksi Sosial Dalam Masyarakat Islam. Jurnal IHSAN Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 60–69. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.159

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Suryani, I., Ma’tsum, H., Santi, N., & Manik, M. (2021). Rukun Iman dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak. Islam & Contemporary Issues, 1(1), 45–52. https://doi.org/10.57251/ici.v1i1.7

Tanjung, A. (2023). Memahami Esensi Tauhid Melalui Al- Qur ’ an. 4(2), 87–97.

Wibisana, W. (2024). Kasus Bullying Naik Tiap Tahun, Psikolog: Remaja Rentan Jadi Korban. INDOPOS.CO.ID.

Yusri, N., Ananta, M. A., Handayani, W., & Haura, N. (2023). Peran Penting Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 12. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i2.115

Zaim, M. (2019). Tujuan Pendidikan Perspektif Al-Quran Dan Hadits (Isu Dan Strategi Pengembangan Pendidikan Islam). Muslim Heritage, 4(2). https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v4i2.1766

Downloads

Published

2025-07-11

How to Cite

Marlina, E. H., Sutiana, D., Zakiyah, S., & Aminuddin, M. (2025). Evaluasi Efektivitas Integrasi Nilai Tauhid dalam Kurikulum Merdeka untuk Pembentukan Karakter Islami Siswa di SD IT Attaqwa Nurul Fahmi. Journal of Education Research, 6(3), 642–658. https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2207

Issue

Section

Articles

Categories