Konsep Pendidikan Karakter dalam Pemikiran Ibnu Miskawaih: Implementasi pada Pendidikan Modern
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1831Keywords:
Pendidikan, Karakter, dan Akhlak.Abstract
Ibnu Miskawaih, seorang filosof muslim, mengembangkan konsep pendidikan karakter yang menekankan pada pembentukan moralitas yang tinggi sebagai inti pendidikan. Tujuan utama pemikiran Ibnu Miskawaih adalah untuk menciptakan individu yang seimbang antara pikiran, hati dan perilaku. Metode pendidikan yang ia usulkan mencakup kebiasaan, keteladanan, dan dialog filosofis untuk memajukan individu menuju kebajikan tertinggi. Jika diterapkan dalam pendidikan modern, metode ini dapat diterapkan dengan mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam kurikulum dan praktik sekolah, misalnya melalui kegiatan kelompok, diskusi etika dan membentuk kebiasaan nilai-nilai positif. Hasil dari penerapan ini adalah agar siswa yang memiliki kecerdasan sosial dan emosional yang baik serta mampu berperilaku etis dalam kehidupan sehari-hari. Singkatnya, pemikiran Ibnu Miskawaih cocok untuk pendidikan karakter modern dan dapat menjadi landasan dalam melahirkan generasi yang berakhlak mulia dan berintegritas.
Downloads
References
Agus, Z. (2023). Pendidikan Karakater Menurut Abdul Majid Dan Dian Andayani Dalam Perspektif Islam. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 2, 279–290. https://doi.org/10.58561/jkpi.v2i1.56
Abu Ali Ahmad Ibn Miskawaih. Menuju Kesempurnaan Akhlak (Tahdzib AlAkhlaq). Cetakan Pe, Mizan, 1994.
Ahmad Busroli. “Pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih dan Imam al-Ghazali dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia.” At-Tarbiyah: Pendidikan Islam, vol. 10, no. 2, 2019, hal. 77.
Akip, M. (2024). Nilai Akhlak Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Islam Perspektif Ibnu Miskawaih. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(1), 14–35.
Akrim, A. (2023). The Philosophy of Islamic education Based on Moderation Diversity in Indonesia. International Educational Research, 6(2), p22. https://doi.org/10.30560/ier.v6n2p22
Amin Putri, R. K., & M Yunus Abu Bakar. (2023). Konsep Essensialisme Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 112–124. https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i1.752
Fajar, M. R. (2017). PARADIGMA PINGGIRAN : Epistemologis, Eksplorasi Subyektiviatas, Inventarisasi Imbangi, Usaha Imperialisme, Dominasi.
Felix Siauw. How to Master Your Habits. AlFath Press, 2014, hal. 13.
Gunawan, H. (2023). Mardhâtillâh as The Final Purpose of Islamic Education. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 111. https://doi.org/10.36667/jppi.v10i2.1155
Haryati, S. (2017). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2023 Oleh: Sri Haryati (FKIP-UTM). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013, 19(2), 259–268.
Hasanah, U., & Sukri, M. (2023). Implementasi Literasi Digital Dalam Pendidikan Islam : Tantangan dan Solusi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(2), 177–188. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i2.10426
Hendrawati. (2017). Tujuan Pendidikan Karakter Perspektif Ibnu Miskawaih. Jurnal Akuntansi, 11, 147–156.
Ibnu Miskawaih. Menuju Kesempurnaan Akhlak (Buku Daras Pertama Tentang Filsafat Etika), (Bandung: Mizan, 1999), terj dari buku Tahzib Al-Akhlak wa Tathirul A’roq (Dar alKutub, Beirut : 1985)
Imelda, A. (2017). Pendidikan Anti Korupsi Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 83. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2098
JASMINE, K. (2014). Islamic Education Perspective Imam Al-Ghazali And Its Relevance With Education In Indonesia. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, XXIV(1).
M. Furqon Hidayatullah. Pendidikan Karakter Ibnu Miskawaih. Pertama, Dio Media, 2018.
Miskawaih, I. (2021). Relevansi Pendidikan Karakter Ibnu Miskawaih Pendahuluan Di Indonesia, salah satu langkah dan bukti keseriusan pemerintah dalam rangka upaya pengembangan Sumber Daya Manusia ( SDM ) adalah dengan memberikan ruang dan perhatian besar pada aspek karakter d. Penelitian Keislaman: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 20, 16.
Nugraha, H., Priatna, T., Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, U., Nasution No, J. A., Wetan, C., Cibiru, K., Bandung, K., & Barat, J. (2024). Analisis Filosofis Pendidikan Karakter Menurut Ibnu Maskawaih. Journal on Education, 6(2), 11309–11317. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/4926
Parid, M., & Rosadi, R. (2020). Aliran Filsafat dalam Pendidikan Islam Ditinjau dari Perspektif Muhammad Jawwad Ridla. Journal of Islamic Education Policy, 4(2), 152–163. https://doi.org/10.30984/jiep.v4i2.1285
Purba, H. (2009). Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Miskawaih. Miqot, X(2), 261–273.
Puspika Sari, H. (2023). Pendidikan Karakter di Era Society 5.0: Analisis Pemikiran Ibnu Miskawaih. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(2), 356–357. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(2).15026
Rodríguez, Velastequí, M. (2019). Hadi Prayitno dan Aminul Qodat, “Konsep Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Modernisasi Pendidikan Islam Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia”, Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam 2, no. 2 (2019): h. 40-41. 2, 1–23.
Rokhim, A. A., Bakar, M. Y. A., Komparasi, S., Pendidikan, K., Dalam, A., Menurut, I., Hamka, B., Abdullah, D., & Ulwan, N. (2021). Studi Komparasi Konsep Pendidikan Anak Dalam Islam Menurut Buya Hamka Dan Abdullah Nashih Ulwan. Jurnal AL MURABBI, 6(2), 74–91.
Salim, A. (2017). Implikasi Aliran Filsafat Pendidikan Islam Pada Manajemen Pendidikan. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 5(1), 13. https://doi.org/10.21927/literasi.2014.5(1).13-28
Sukatin, S., Munawwaroh, S., Emilia, E., & Sulistyowati, S. (2023). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Anwarul, 3(5), 1044–1054. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i5.1457
Tuasamu, K. A. (2022). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai Dasar Pendidikan Karakter dalam Ruang Pribadi, Sosial dan Lingkungan untuk Kemajuan Bangsa. Mindset : Jurnal Pemikiran Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 6–10. https://doi.org/10.56393/mindset.v2i1.1121
Ummah, M. S. (2019a). Philosophy of Education in the Era of Globalization. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1).
Ummah, M. S. (2019b). Studi Normatif Pendidikan Etika :Telaah Pemikiran Ibnu Maskawaih. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Siti Hanifah, M. Yunus Abu Bakar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).