Strategi Penanaman Kedisiplinan Anak Usia 3-4 Tahun di KB Permata Sunnah Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1686Keywords:
Kedisiplinan anak usia 3-4 tahun, strategi penanaman disiplin, Pendidikan anak usia diniAbstract
Penanaman kedisiplinan pada anak usia dini merupakan aspek penting dalam membentuk karakter dan perilaku sosial-emosional yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi efektivitas pendekatan keteladanan dan reinforcement dalam membentuk kedisiplinan pada anak usia 3-4 tahun di lingkungan PAUD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian berupa pendidik dan anak didik di KB Permata Sunnah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi keteladanan pendidik, komunikasi yang efektif, dan reinforcement positif maupun negatif secara signifikan meningkatkan kedisiplinan anak. Anak-anak yang diberikan contoh perilaku disiplin oleh pendidik serta mendapatkan reinforcement atas perilaku baik mereka menunjukkan peningkatan tanggung jawab, kepatuhan terhadap tata tertib, dan kemandirian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kombinasi strategi keteladanan, komunikasi, dan reinforcement merupakan pendekatan yang efektif dalam membentuk karakter disiplin anak usia dini. Implikasi dari penelitian ini mengarah pada pentingnya penerapan strategi integratif dalam sistem pembelajaran di PAUD untuk mengoptimalkan perkembangan karakter disiplin pada anak-anak.
Downloads
References
Ayunita, S., Khadijah, K., Harahap, E. F., & ... (2023). Penerapan Budaya Antri Dalam Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 10(02), 239–246. https://jurnal.insida.ac.id/index.php/atthiflah/article/view/493
Basyir, M. S., Aqimi Dinana, & Diana Devi, A. (2022). Kontribusi Teori Belajar Kognitivisme David P. Ausubel dan Robert M. Gagne dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Madrasah, 7(1), 89–100. https://doi.org/10.14421/jpm.2022.71.12
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Mixed Methods Procedures. In Research Defign: Qualitative, Quantitative, and Mixed M ethods Approaches.
Fitri, K., Indrawadi, J., Fatmariza, F., & ... (2024). Pendidikan Karakter di Sekolah Alam Ar-Royyan Kota Padang. Journal of Education …, 237–248. https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/505
Goswami, S. (2023). Adolescence and sex education : Socio-culture and phychotheoretical perspect . IJRAR, 10(4), 954–962.
Hardiyana, A., Afiani, W. F., & Fajria, N. R. (2022). Efektivitas Pendidikan Anak Di Lingkungan Keluarga Dalam Pembentukan Moral Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 5(1), 27–42. https://doi.org/10.24252/nananeke.v5i1.26277
Indah shofiyati emy, khoiriyah,Misyana. (2024). Konstruksi Disiplin Anak Melalui Metode Pembiasaan Pada Tk Al Asy`Ari Kabupaten Bondowoso Tahun 2023-2024. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 3, No.11, Juli 2024(3079), 1–12.
Jasrudin, J., Putera, Z., & Wajdi, F. (2020). Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Penguatan Kompetensi PKN dan Penerapan Alternatif Pendekatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 42. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.8629
Mahfudhoh, N. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Siswa di MTS AL-Ittihad Belung Poncokusumo Kab. Malang. Jurnal Pendidikan Islam, 9(6).
Mulyanto, Y., & Syafwandi, S. (2023). Pengaruh Hubungan Interaksi Antara Ibu Dan Anak Dengan Kedisiplinan Anak Usia Dini Di Paud Nazaret Kelurahan Oesapa, Kec. Kelapa Lima Kota Kupang. Daskalos: Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 13–26. https://ejournal.iaknkupang.ac.id/ojs/index.php/ptk
Puspita, A., & Harfiani, R. (2024). Penerapan Pembiasaan Positif Dalam Upaya Meningkatkan Karakter Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25–38. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.425
Rahmawati, E. S., Istiqomah, & Yunita, R. (2024). Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas Yang Efektif Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Cendekia Pendidikan, 3(7), 1–13. https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/769
Rasmini, N. W. (2023). Penyimpangan Perilaku Sosial-Emosional Anak pada Pengasuhan Orang Tua Tunggal Korban Perceraian. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6017–6026. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5300
Ritonga, N. L. (2022). The Role Of Parenting Style In Forming Independence In Preschool Age Children. International Journal of Students Education, 1(2), 29–34.
Saputri, I. D., & Maemonah, M. (2023). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Klasik Bakiak Perspektif Epistemologi. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 176–195. https://doi.org/10.21154/wisdom.v4i2.6686
Sasipim, C. (2023). The Role Of Foster Family In Correcting Social Development Deficit : A Case Report Of an Orphaned Teenager. Original Research Article, 1(1), 35–43.
Simanullang, A. A. (2024). Pendisiplinan Siswa Dalam Membentuk Prilaku Moral di Sekolah SMP Negeri 37 Medan. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif, 4(4), 105–117.
Situmorang, Y. N., Nove, A. H., Manik, R. B., Wani, J. S., Hutauruk, F., & Pakpahan, D. R. (2024). Peran Orang Tua Dalam Mendidik : Studi Kasus Kenakalan Remaja. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop Volume, 4(2), 10–18.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Badan.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.
Yaqin, A. (2023). Pembentukan Karakter dengan Pendekatan Pembiasaan, Keteladanan, dan Pengajaran: Sebuah Kajian Literatur. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 4(1), 59–74. https://doi.org/10.33367/ijhass.v4i1.4070
Zabrina, R. (2023). Analisis Penggunaan Penguatan (Reinforcement) untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Peserta Didik. JOIES: Journal of Islamic Education Studies, 8(1), 87–105. http://mbscenter.or.id/site/page/id/452/page_action/viewdetail.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Indah Nurjannah, luluk.iffatur@umsida.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).