Strategi Penanaman Kedisiplinan Anak Usia 3-4 Tahun di KB Permata Sunnah Sidoarjo

Authors

  • Indah Nurjannah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • luluk.iffatur@umsida.ac.id Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1686

Keywords:

Kedisiplinan anak usia 3-4 tahun, strategi penanaman disiplin, Pendidikan anak usia dini

Abstract

Penanaman kedisiplinan pada anak usia dini merupakan aspek penting dalam membentuk karakter dan perilaku sosial-emosional yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi efektivitas pendekatan keteladanan dan reinforcement dalam membentuk kedisiplinan pada anak usia 3-4 tahun di lingkungan PAUD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian berupa pendidik dan anak didik di KB Permata Sunnah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi keteladanan pendidik, komunikasi yang efektif, dan reinforcement positif maupun negatif secara signifikan meningkatkan kedisiplinan anak. Anak-anak yang diberikan contoh perilaku disiplin oleh pendidik serta mendapatkan reinforcement atas perilaku baik mereka menunjukkan peningkatan tanggung jawab, kepatuhan terhadap tata tertib, dan kemandirian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kombinasi strategi keteladanan, komunikasi, dan reinforcement merupakan pendekatan yang efektif dalam membentuk karakter disiplin anak usia dini. Implikasi dari penelitian ini mengarah pada pentingnya penerapan strategi integratif dalam sistem pembelajaran di PAUD untuk mengoptimalkan perkembangan karakter disiplin pada anak-anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayunita, S., Khadijah, K., Harahap, E. F., & ... (2023). Penerapan Budaya Antri Dalam Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 10(02), 239–246. https://jurnal.insida.ac.id/index.php/atthiflah/article/view/493

Basyir, M. S., Aqimi Dinana, & Diana Devi, A. (2022). Kontribusi Teori Belajar Kognitivisme David P. Ausubel dan Robert M. Gagne dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Madrasah, 7(1), 89–100. https://doi.org/10.14421/jpm.2022.71.12

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Mixed Methods Procedures. In Research Defign: Qualitative, Quantitative, and Mixed M ethods Approaches.

Fitri, K., Indrawadi, J., Fatmariza, F., & ... (2024). Pendidikan Karakter di Sekolah Alam Ar-Royyan Kota Padang. Journal of Education …, 237–248. https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/505

Goswami, S. (2023). Adolescence and sex education : Socio-culture and phychotheoretical perspect . IJRAR, 10(4), 954–962.

Hardiyana, A., Afiani, W. F., & Fajria, N. R. (2022). Efektivitas Pendidikan Anak Di Lingkungan Keluarga Dalam Pembentukan Moral Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 5(1), 27–42. https://doi.org/10.24252/nananeke.v5i1.26277

Indah shofiyati emy, khoiriyah,Misyana. (2024). Konstruksi Disiplin Anak Melalui Metode Pembiasaan Pada Tk Al Asy`Ari Kabupaten Bondowoso Tahun 2023-2024. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 3, No.11, Juli 2024(3079), 1–12.

Jasrudin, J., Putera, Z., & Wajdi, F. (2020). Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Penguatan Kompetensi PKN dan Penerapan Alternatif Pendekatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 42. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.8629

Mahfudhoh, N. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Siswa di MTS AL-Ittihad Belung Poncokusumo Kab. Malang. Jurnal Pendidikan Islam, 9(6).

Mulyanto, Y., & Syafwandi, S. (2023). Pengaruh Hubungan Interaksi Antara Ibu Dan Anak Dengan Kedisiplinan Anak Usia Dini Di Paud Nazaret Kelurahan Oesapa, Kec. Kelapa Lima Kota Kupang. Daskalos: Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 13–26. https://ejournal.iaknkupang.ac.id/ojs/index.php/ptk

Puspita, A., & Harfiani, R. (2024). Penerapan Pembiasaan Positif Dalam Upaya Meningkatkan Karakter Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25–38. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.425

Rahmawati, E. S., Istiqomah, & Yunita, R. (2024). Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas Yang Efektif Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Cendekia Pendidikan, 3(7), 1–13. https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/769

Rasmini, N. W. (2023). Penyimpangan Perilaku Sosial-Emosional Anak pada Pengasuhan Orang Tua Tunggal Korban Perceraian. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6017–6026. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5300

Ritonga, N. L. (2022). The Role Of Parenting Style In Forming Independence In Preschool Age Children. International Journal of Students Education, 1(2), 29–34.

Saputri, I. D., & Maemonah, M. (2023). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Klasik Bakiak Perspektif Epistemologi. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 176–195. https://doi.org/10.21154/wisdom.v4i2.6686

Sasipim, C. (2023). The Role Of Foster Family In Correcting Social Development Deficit : A Case Report Of an Orphaned Teenager. Original Research Article, 1(1), 35–43.

Simanullang, A. A. (2024). Pendisiplinan Siswa Dalam Membentuk Prilaku Moral di Sekolah SMP Negeri 37 Medan. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif, 4(4), 105–117.

Situmorang, Y. N., Nove, A. H., Manik, R. B., Wani, J. S., Hutauruk, F., & Pakpahan, D. R. (2024). Peran Orang Tua Dalam Mendidik : Studi Kasus Kenakalan Remaja. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop Volume, 4(2), 10–18.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Badan.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Yaqin, A. (2023). Pembentukan Karakter dengan Pendekatan Pembiasaan, Keteladanan, dan Pengajaran: Sebuah Kajian Literatur. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 4(1), 59–74. https://doi.org/10.33367/ijhass.v4i1.4070

Zabrina, R. (2023). Analisis Penggunaan Penguatan (Reinforcement) untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Peserta Didik. JOIES: Journal of Islamic Education Studies, 8(1), 87–105. http://mbscenter.or.id/site/page/id/452/page_action/viewdetail.

Downloads

Published

2024-11-01

How to Cite

Nurjannah, I., & Rocmah, L. I. (2024). Strategi Penanaman Kedisiplinan Anak Usia 3-4 Tahun di KB Permata Sunnah Sidoarjo. Journal of Education Research, 5(4), 5171–5182. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1686

Issue

Section

Articles

Categories