Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Beban Kerja, Kompetensi dan Religiusitas terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Sri Wahyuni Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Sitti Hartinah Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Yoga Prihatin Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1544

Keywords:

Motivasi, Beban Kerja, Kompetensi, Religiusitas, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru, (2) motivasi   terhadap kinerja guru, (3) beban kerja terhadap kinerja guru, (4) kompetensi terhadap kinerja guru dan (5) religiusitas terhadap kinerja guru. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif yang merupakan penelitian dengan spesifikasi terencana, terstruktur, dan sistematis dari awal penelitian hingga akhir pembuatan desain penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Analisis dilakukan menggunakan model regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 25. Regresi linier berganda adalah model persamaan yang menggambarkan hubungan suatu variabel dependen terhadap dua atau lebih variabel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (sig. 0.019 < 0.05). (2) Motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (sig. 0.035< 0.05) menunjukkan hubungan motivasi dan kinerja guru signifikan secara statistik. Dengan kata lain, motivasi yang tinggi cenderung meningkatkan kinerja guru secara signifikan, (3) Beban kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (sig. 0.670 > 0.05) menunjukkan tidak ada hubungan signifikan secara statistik antara beban kerja dan kinerja guru. (4) Kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (sig. 0.039 < 0.05) menunjukkan bahwa hubungan antara kompetensi dan kinerja guru adalah signifikan secara statistik, (5) Religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (sig. 0.638 > 0.05) mengindikasikan tidak ada hubungan signifikan secara statistik antara religiusitas dan kinerja guru dalam data yang dianalisis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adica. (2023) Pengertian, Tugas dan Fungsi Kepala Sekolah. https://www.silabus. web.id/kepala-sekolah/. diakses tanggal 22 November 2023.

Asmani (2019). Peran Perilaku Inovatif sebagai Variabel Intervening anatara Knowledge Creation dan Keunggulan Bersaing. Jurnal Ecodemica, Vol. 2 No. 2.

Bahri, Syaiful. (2020). Metodologi Penelitian Bisnis Lengkap dengan Teknik Pengolahan Data SPSS. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Basri, Hasan. (2019). Transformational Leadership: Ilustrasi di Bidang Organisasi Pendidikan, Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Girsang, Semari Eva Elita, dan Dkk. (2022). Konsep Inovasi Pendidikan. Padang: Get Press Indonesia.

Hamzah (2018) Kepemimpinan dalam Organisasi, ter. Ati Cahayani, Jakarta Barat: Indeks.

Heryanto, Heryanto (2021) “Hubungan Guru Kreatif Dan Inovatif Dalam Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn 106833 Desa Wonosari Tanjung Morawa Deli Serdang.” Jurnal Curere 5, no. 1.

Husein (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: CV. Pustaka Setia.

Insan, A.N (2019). Kepemimpinan Transformasional. Bandung: Alfabeta.

Kariwari (2020). Pengaruh Iklim Organisasi, Kepemimpinan Transformasional, Self Efficacy Terhadap Perilaku Kerja Inovatif PT Serasi Autoraya Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 5(3), 13-29.

Kartono (2018). Pengaruh Gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap Kinerja Guru pada SMA Adzkia Islamic School. Jurnal Ilmiah, Manajemen Sumber Daya Manusia, 2(3).

Komang (2018). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru. Jurnal. Penjaskesrek, 7(2), 218-232.

Komariah (2018) Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Multi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Perwanida Kota Blitar dan Sekolah Dasar Alam Al Ghifari Kota Blitar. diakses tanggal 22 November 2023.

Kumparan. (2023). Pengertian Transformasi dan Contohnya dalam Kehidupan. https://kumparan.com/ragam-info/pengertian-transformasi-dancontohnya -dalam-kehidupan-20yyzhAyrAw. Diakses tanggal 21 November 2023.

Kurniasih, Imas. (2019). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya: Kata Pena.

Malayu (2023) Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Di Smp Negeri 4 Yogyakarta.https://eprints.uny.ac.id/34694/1/Asnal%20 Mala_%2008 10124 4008.pdf.

Mariana, Mariana. (2018) “Profesionalitas Guru Dalam Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Lawang Wetan Musi Banyuasin.” Muaddib: Islamic Education Journal 1, no. 1: 63–72.

Marno (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Se-Kota Bima. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 1-17.

Mutohar, (2020). Manajemen Mutu Sekolah: Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam, cet. I, Yogjakarta: ar Ruzz Media.

Ngalimun. (2019). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: PT Pustaka Baru Pers.

Noperman, Feri. (2020). Inovasi Pembelajaran. Sleman: Laksbang Pustaka.

Notosudjono, Didik. (2022). Peningkatan Perilaku Inovatif Guru. Malang: Media Nusa Creative.

Raihani (2023). Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi: Ilustrasi di Bidang Pendidikan, Jakarta: Mitra Wacana Media.

Rusdiana (2018). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Di Sma Al Kautsar Bandar Lampung. http://repository.radenintan .ac.id/11190/1/ SKRIPSI%20%202.pdf. diakses 24 November 2023.

Sardiman (2019) “Penerapan Gaya Kepemimpinan Transformasional Dalam Manajemen PAUD di Kecamatan Sidorejo Salatiga”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 8 No. 2. Mei 2018.

Sedarmayanti (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Iklim Sekolah Dan Komitmen Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus Di Mts Ma’arif Nu

Sudarwan (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2166-2172.

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta CV

Supardi (2023). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Mutu Pendidikan Pada Sekolah Dasar Negeri Di Kota Pekanbaru. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 7(1), 54-6.

Suriagiri, Drs. (2020). Kepemimpinan Transformasional. Lhokseumawe: CV. Radja Publika

Uno, H. (2022). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Yuli (2021). Menjadi Kepala Sekolah Ideal, Efektif & Efesien. 2019. Batu: Literasi Nusantara.

Nur Insan (2019) Kepemimpinan Transformasional. Alfabeta : Bandung.

Hamzah B. Uno. (2021). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara: Jakarta.

Iffah Rosyiana. Innovative Behaviour At Work (2019). Penerbit Deepublish: Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-08-22

How to Cite

Wahyuni, S., Hartinah, S., & Prihatin, Y. (2024). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Beban Kerja, Kompetensi dan Religiusitas terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar . Journal of Education Research, 5(3), 4060–4072. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1544

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>