Implementasi Komunitas Praktisi dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Bersertifikat Pendidik
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1417Keywords:
Komunitas Praktisi, Kompetensi Profesional, Sertifikat PendidikAbstract
Implementasi komunitas praktisi di Gugus Galaksi belum berjalan efektif saat ini maka penting untuk diidentifikasi penyebabnya dan dicari solusi yang sesuai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi Komunitas Praktisi dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di Gugus Galaksi, antara lain meningkatkan (1) kolaborasi dan berbagi pengetahuan antar anggota komunitas (2) kualitas praktik dan kinerja anggota komunitas, (3) profesionalisme anggota komunitas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru yang berada di sekolah dasar di gugus Galaksi Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal yang terdiri dari 10 sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kolaborasi dan berbagi pengetahuan antar anggota komunitas gugus Galaksi membawa banyak manfaat positif, baik bagi guru, siswa, maupun sekolah. Poin penting yang dapat disimpulkan antara lain meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru, meningkatkan kualitas pembelajaran, membangun komunitas profesional, meningkatkan motivasi guru dan meningkatkan hasil belajar siswa, (2) Kualitas praktik dan kinerja anggota komunitas gugus Galaksi mengalami peningkatan. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor antara lain kompetensi guru yang baik dalam bidang pedagogi, materi pelajaran, dan keterampilan mengajar akan menghasilkan praktik dan kinerja yang lebih berkualitas, guru yang memiliki motivasi dan semangat yang tinggi untuk mengajar akan lebih aktif dan kreatif dalam menerapkan praktik-praktik terbaik dalam pembelajaran, (3) Profesionalisme anggota komunitas gugus Galaksi antara lain memiliki pengetahuan, keterampilan, dan etika yang mumpuni untuk mengajar secara efektif dan membantu siswa mencapai potensi terbaik, menjadi teladan bagi siswa dan membantu guru mengembangkan nilai-nilai moral dan karakter yang baik, dan menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan supportive bagi semua siswa.
Downloads
References
Abdul Ghofur (2023). Komunitas Praktisi Dalam Pembelajaran (Community Practices In Learning). Kemendikbudristek.
Ahmad Fadloli (2022). Komunitas Praktisi sebagai Wahana Peningkatan Kompetensi Guru. https://gusndol.com/2022/03/07/komunitas-praktisi-sebagai-wahana-peningkatan-kompetensi-guru/.
Dede Setiawan (2023). Mengenal Komunitas Praktisi. https://disdikkbb.org/news/mengenal-komunitas-praktisi/.
Fajar Tri (2020) 4 Kompetensi Guru yang Wajib Dimiliki oleh Calon Guru. https://gurubinar.id/blog/4-kompetensi-guru-yang-wajib-dimiliki-oleh-calon-guru?blog_id=53
Firdaus (2021). Komunitas Praktisi untuk Membangkitkan Kembali Lingkungan Pendidikan yang Mendukung Kebutuhan Belajar Murid. https://www.kompasiana.com.ametcrb/6027fc8fd541df42fd63a502/ membangun -komunitas-praktisi-di-satuan-pendidikan.
Indah Martini (2023). Manfaat Komunitas Praktisi dan Tahapan Pengembangan untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Satuan Pendidikan. https://www.melintas.id/pendidikan/343015629/manfaat-komunitas-praktisi-dan-tahapan-pengembangan-untuk-meningkatkan-kompetensi-guru-di-satuan-pendidikan.
Kemendikbudristek (2020). Belajar di Komunitas. Praktisi https://inspirasifoundation.org/wp-content/uploads/2021/05/Komunitas-Praktisi-Pdf.pdf.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Sage Publications.
Mohamad Natar Mohune (2021). Urgensi Komunitas Praktisi Dan Implikasinya Terhadap Permasalahan Pendidikan. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/ viewFile/1060/753
Mulyadi, Deddy. 2018. Implementasi Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nana Sudjana 2016. Manajemen Mutu Berbasis Sekolah/Madrasah (MMBS/M) CEQM. Jakarta: Penebar Swadaya.
Nenden Lia Amalia (2023) Peran Guru Penggerak dalam Menggerakkan Komunitas Praktisi di Sekolah. https://disdikkbb.org/news/peran-guru-penggerak-dalam-menggerakkan-komunitas-praktisi-di-sekolah/.
Nurianna. 2019. MPMBS, Konsep & Pelaksanaan, Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Rachmaniza. 2020. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS). Bandung: Cipta Cekas Grafika.
Rahmat. 2019. Penelitian Pendidikan. Surakarta: FKIP UMS
Sandra Titihalawa (2023). “Peran Kepala Sekolah dan Komunitas Belajar dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Pendidik” http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes.
Sinaga. 2019. Supervisi Profesional. Bandung: Alfabeta.
Suparlan 2016. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta Jakarta: ICW.
Supini Epin (2023). Mengembangkan Potensi Guru Melalui Komunitas Praktisi. https://blog.kejarcita.id/mengembangkan-potensi-guru-melalui-komunitas-praktisi/.
Suryati (2023). Komunitas Praktisi. https://www.gurusiana.id/read/suryatimpd/ article/komunitas-praktisi-0.
Wahyudin. 2018. Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan. Jogjakarta: IRCisoD.
Wirawan. 2018. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Zamroni. 2021. Mensiasati Manajemen Berbasis Sekolah Di Era Krisis Yang Berkepanjangan, Sumitro 2016. Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan, Konsep, Strategidan Aplikasi, Jakarta: PT Grasindo.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Aisah Aisah, Maufur Maufur, Basukiyatno Basukiyatno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).