Persepsi Guru dan Siswa terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka (Perspektif Social Learning Theory (SLT)
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1305Keywords:
Persepsi Guru dan Siswa, Kurikulum Merdeka, Madrasah Tsanawiyah dan Social Learning TheoryAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk menilai pelaksanaan Kurikulum Merdeka di MTs Al Hidayah Purwokerto Barat dari sudut pandang guru dan siswa, dengan menggunakan kerangka konseptual Social Learning Theory (SLT). Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif dan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam terhadap guru mata pelajaran dan siswa, serta observasi kelas. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa mayoritas guru dan siswa mengekspresikan pandangan optimis terhadap fleksibilitas Kurikulum Merdeka yang memungkinkan adaptasi metode pengajaran sesuai kebutuhan siswa, serta pendekatan kontekstual yang meningkatkan relevansi materi dengan kehidupan nyata. Guru terdorong untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendorong berpikir analitis, kreatif, dan kolaboratif melalui pembelajaran observasional dan interaksi sosial dengan rekan-rekan yang sukses dalam menerapkan kurikulum baru ini. Namun, penelitian ini juga mengungkap adanya persepsi netral dan negatif dari sebagian guru dan siswa, serta hambatan seperti kurangnya sumber daya, sarana prasarana, dan pelatihan yang memadai bagi guru. Temuan ini memperkuat pentingnya dukungan lebih lanjut dari pemerintah dan lembaga pendidikan dalam menyediakan pelatihan, fasilitas, dan pendampingan yang memadai guna mengatasi hambatan tersebut dan memastikan keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka. Studi ini memberikan wawasan tentang efektivitas Kurikulum Merdeka dalam mendukung pembelajaran di MTs Al Hidayah Purwokerto Barat, serta mengeksplorasi dinamika persepsi guru dan siswa yang dipengaruhi oleh faktor-faktor sosial dan lingkungan sesuai dengan prinsip-prinsip Social Learning Theory.
Downloads
References
Ahn, H. S., Borden, L. M., Greenhoot, A. F., & Landry, S. H. Social Learning and Self-regulation in Toddlerhood: A Longitudinal Study. Journal of Applied Development Psychology, 78, 101416, 2021. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2021.101416
Ainia, Q. Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(3), 123-136. 2020. https://doi.org/10.31219/osf.io/rn5dv
Ainissyifa, H., Nasrullah, Y. M., Fatonah, N & Indriani, S. A. Manajemen Pendidikan dalam Kurikulum Merdeka di Madrasah. Book.google.com. 2024
Akhyari, D. Evaluasi Pembelajaran PAI dalam Kurikulum Merdeka Belajar Kelas X. Esesnsi Pendidikan Inspiratif. Journal Pedia. Vol.6, (4). 2023
Astiti, K. A., Suparno, B. A., & Arifin, S. Persepsi Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 145-159. 2020. https://doi.org/10.2992/assehr.k.201214.014
Bandura, A. Teori Kognitif Sosial: Perspektif Agensi. Annual Review of Psychology, 73, 1-26. 2022. https://doi.org/10.1037/0003-066X.77.2.121
Brauer, M., & Chaurand, N. Applications of Social Learning Theory in Predicting Collective Action Tendencies Among Black Lives Matter Activits. Peace and Conflict: Journal of Piece psychology, 26(1), 3-11. 2020. http://dx.doi.org/10.1037/pac0000425
Bustari, A. kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 28(2), 101-116. 2023.
Cresswell, J. W. Research design: Qualitative, quantitative, and mixe methods Approaches/sixth edition. Research Gate. Quality & Quantity, 58(1),1-3. 2023. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2023.102157.
Ertmer, P. A., & Ottenbreit-Leftwich, A. A. Perubahan Teknologi Guru: Bagaimana Pengetahuan, Kepercayaan Diri, Keyakinan, dan Budaya Berinteraksi. Jounal of research on Technology in Education, 55(2), 121-138. 2023. https://doi.org/10.1007/s11423-022-10144-x
Faridah, S., & Saputra, R. I. Persepsi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Kembang Nabang 1 Kabupaten TAPIN. Jurnal Terapung Ilmu-ilmu Sosial. Vol.6(1), 110-119. 2024. https://doi.org/10.1109/TPEL.2024.3054321
Firdaus, M., & mardiyan, R. peran Guru dan Lingkungan Belajar dalam Membentuk Persepsi Positif terhadap kurikulum Merdeka. Jurnal pendidikan Guru, 9(1), 12-24. 2023. https://doi.org/10.31219/osf.io/hf8pw
Hardani., Jumari, U., & Istiqomah.R. R. metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group. ISBN: 979-623-7066-33-0. 2020.
Harun, H., Wardani, N, S., & Malik, A. Persepsi Guru terhadap Implementasi Kurikulum 2013. Revisi pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1192), 247-258. 2020. https://doi.org/10.1007/s11159-020-09845-3
Heriman, M., Atung, D., Sutrisna, E., & Nurhayati, N. Pengembangan Kurikulum Berbasis Keterampilan Abad Ke-21. Perspektif dan Tantangan. Religion Education Social Laa Roiba Journal. Vol.6(6), 2724-2742. 2024. https://doi.org/10.1007/s11159-024-09802-6
Hidayat, A., & Wijaya, H. Engaging Students through Relevant and Meaningful Learning Experiences in the “Merdeka Belajar” Curriculum. Journal of Curriculum studies, 56(3), 281-297. 2024. https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.104016
Kemendikbud. Kurikulum Merdeka: Konsep dan Implementasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2022.
Kementerian agama Republik Indonesia. Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah. Jakarta; Kementerian Agama RI. 2020.
Khusna, R., & Priyanti, N. Pengaruh Komunitas Belajar terhadap Kemampuan Pedagogik Guru di Ikatan NSIN TK Bekasi. Potensia, Vol.(8(20). https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.103834
Lam, S. F., Cheng, R. W. Y., & Chey, H, C. Dukungan Sekolah dan Motivasi Guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Learning and Instruction, 28(3), 201-215. 2021. https://doi.org/10.210009/PPM.002.1.06
Lo, K. Y. P., Tsang, H. W. H. & Ho, K. M. Social Learning and Behavioral Change in Energy Consumption: A Meta-analysis. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 153, 111701. 2022. https://doi.org/10.1016/j.rser.2021.111701
Maria, E. Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menegah Pertama. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 13(2), 67-79. 2021.
Miftahul, R, Merika, S., Fairi, B., & Hendri, I. Persepsi Gru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Negeri 1 Solok. Jurnal Pendidikan Islam, Vol.2,(1). 2023. https://doi.org/10.3389/fedur.2024.589012
Mulkan, L. M., & Zunnun, L, M. A. Analisis Implementasi Kurikulum: faktor Tantangan dan Solusi di Lingkungan Pendidikan. Jurnal Ilmiah Multidisiplin. Vol.2(2). 2024. https://doi.org/10.3389/feduc.2024.589012
Pratama, A. R., Suparno, B. A., & Arifin, S. Keterlibatan Siswa dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar, 14(1), 29-41. 2022. https://doi.org/10.31219/osf.io/wwsp9
Purwanti, E., & Rahayu, S. Enchancing Student Engagement Through Student-centered Learning Approaches in the “Merdeka Belajar” curriculum. Journal of Educational Research, 116(2), 135-148. 2023. https://doi.org/10.1037/edu0000741
Rahmawati, D., Suryadi, E., & Rosidin, U. Continuous Professional Development for Teachers in Implementing The “Merdeka Belajar” Curriculum. Journal of Teacher Education and Professioanal Development, 4(1), 75-88. 2021. https://doi.org/10.1007/s11423-021-09998-3
Rohmah, N., Sutarna, I. P., & Murtiningsih, A. Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Jenjang sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 17-28. 2023. https://doi.org/10.30738/pd.v511.123
Sabir, R. I., Mahmood, A., Baig, S. A. M. Social Learning Theory and Theory of planned behavior in predicying the sustainable consumption behavior among students. Journal of Cleaner Production, 293, 126139. 2021. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2021.126139
Sari, M., & wibowo, A. innovative Teaching Methods and 21st-Century Development in The “Merdeka Belajar” Curriculum. International Journal of Instruction, 15(3), 233-248. 2022. https://doi.org/10.10.1016/j.compedu.2022.104357
Schunk, D. H., & Dibenedetto, M.K. Motivation and Social Cognitive Theory. Contemporary Education Psychology. 60, 101832. 2020. https;//doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019.101832
Solehah, H., & Setiawan, D. Kurikulum Merdeka dan Penilaian Matematika dalam Membangun generasi Matematika yang Kompeten ( Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol.7(3), 23929-23940. 2000. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2023.102154
Sulistyo, W. D. The Importance of Adequate Infrastructure and Resources for The Successful Implementation of The ‘Merdeka Belajar” Curriculum. Journal of Educational Planning and Administration, 35(3), 287-301. 2021. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104172
Suryani, N., Suyanto, S., & Nurhayati, E. Persepsi Siswa Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Indonesia, 792), 98-107. 2021. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103535
Susilowati, E. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih. Journal of Science & Medicine, 302.115090. 2023. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2022.100060
Tay, N., & Ho, S. S. Social Learning of Covid-19 preventive behaviors: Evidence from a two-wave longitudinal survey in Singapore. Social Science & Medicine, 302, 115090. 2023. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2022.115090
Widyaastono, H. Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka di era Otonomi Daerah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 27(1), 1-16. 2022. https://doi.org/10.3390/educsci10110340
Widyaastuti, R., & Fatmawati, A. Analisis Persepsi Siswa Terhadap Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 55-68. 2020. https://doi.org/10.31219/0sf.io/6xndp
Wijaya, H., Hidayat, A., & Sari, D. P. Effective Evaluation and Feedback System for Continuous Improvement in the Merdeka Belajar Curriculum implementation. International Journal of Educational Assesment and Evaluation, 24(4), 401-415. 2022. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2022.100101
Zimmerman, B. J. Attaining self-regulation: A Social cognitive perspective. In M. Boekaerts, P. Pintrich, & M. Zeidner (Eds.), Handbook of self-regulation (pp.13-39). Academic Press. https://doi.org/10.1016/B978-012109890-2/50031-7
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Esti Rahayuningsih, Muh. Hanif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).