Persepsi Guru dan Siswa terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka (Perspektif Social Learning Theory (SLT)

Authors

  • Esti Rahayuningsih Universitas Islam Negeri Saizu Purwokerto
  • Muh. Hanif Universitas Islam Negeri Saizu Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1305

Keywords:

Persepsi Guru dan Siswa, Kurikulum Merdeka, Madrasah Tsanawiyah dan Social Learning Theory

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menilai pelaksanaan Kurikulum Merdeka di MTs Al Hidayah Purwokerto Barat dari sudut pandang guru dan siswa, dengan menggunakan kerangka konseptual Social Learning Theory (SLT). Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif dan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam terhadap guru mata pelajaran dan siswa, serta observasi kelas. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa mayoritas guru dan siswa mengekspresikan pandangan optimis terhadap fleksibilitas Kurikulum Merdeka yang memungkinkan adaptasi metode pengajaran sesuai kebutuhan siswa, serta pendekatan kontekstual yang meningkatkan relevansi materi dengan kehidupan nyata. Guru terdorong untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendorong berpikir analitis, kreatif, dan kolaboratif melalui pembelajaran observasional dan interaksi sosial dengan rekan-rekan yang sukses dalam menerapkan kurikulum baru ini. Namun, penelitian ini juga mengungkap adanya persepsi netral dan negatif dari sebagian guru dan siswa, serta hambatan seperti kurangnya sumber daya, sarana prasarana, dan pelatihan yang memadai bagi guru. Temuan ini memperkuat pentingnya dukungan lebih lanjut dari pemerintah dan lembaga pendidikan dalam menyediakan pelatihan, fasilitas, dan pendampingan yang memadai guna mengatasi hambatan tersebut dan memastikan keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka. Studi ini memberikan wawasan tentang efektivitas Kurikulum Merdeka dalam mendukung pembelajaran di MTs Al Hidayah Purwokerto Barat, serta mengeksplorasi dinamika persepsi guru dan siswa yang dipengaruhi oleh faktor-faktor sosial dan lingkungan sesuai dengan prinsip-prinsip Social Learning Theory.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahn, H. S., Borden, L. M., Greenhoot, A. F., & Landry, S. H. Social Learning and Self-regulation in Toddlerhood: A Longitudinal Study. Journal of Applied Development Psychology, 78, 101416, 2021. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2021.101416

Ainia, Q. Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(3), 123-136. 2020. https://doi.org/10.31219/osf.io/rn5dv

Ainissyifa, H., Nasrullah, Y. M., Fatonah, N & Indriani, S. A. Manajemen Pendidikan dalam Kurikulum Merdeka di Madrasah. Book.google.com. 2024

Akhyari, D. Evaluasi Pembelajaran PAI dalam Kurikulum Merdeka Belajar Kelas X. Esesnsi Pendidikan Inspiratif. Journal Pedia. Vol.6, (4). 2023

Astiti, K. A., Suparno, B. A., & Arifin, S. Persepsi Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 145-159. 2020. https://doi.org/10.2992/assehr.k.201214.014

Bandura, A. Teori Kognitif Sosial: Perspektif Agensi. Annual Review of Psychology, 73, 1-26. 2022. https://doi.org/10.1037/0003-066X.77.2.121

Brauer, M., & Chaurand, N. Applications of Social Learning Theory in Predicting Collective Action Tendencies Among Black Lives Matter Activits. Peace and Conflict: Journal of Piece psychology, 26(1), 3-11. 2020. http://dx.doi.org/10.1037/pac0000425

Bustari, A. kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 28(2), 101-116. 2023.

Cresswell, J. W. Research design: Qualitative, quantitative, and mixe methods Approaches/sixth edition. Research Gate. Quality & Quantity, 58(1),1-3. 2023. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2023.102157.

Ertmer, P. A., & Ottenbreit-Leftwich, A. A. Perubahan Teknologi Guru: Bagaimana Pengetahuan, Kepercayaan Diri, Keyakinan, dan Budaya Berinteraksi. Jounal of research on Technology in Education, 55(2), 121-138. 2023. https://doi.org/10.1007/s11423-022-10144-x

Faridah, S., & Saputra, R. I. Persepsi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Kembang Nabang 1 Kabupaten TAPIN. Jurnal Terapung Ilmu-ilmu Sosial. Vol.6(1), 110-119. 2024. https://doi.org/10.1109/TPEL.2024.3054321

Firdaus, M., & mardiyan, R. peran Guru dan Lingkungan Belajar dalam Membentuk Persepsi Positif terhadap kurikulum Merdeka. Jurnal pendidikan Guru, 9(1), 12-24. 2023. https://doi.org/10.31219/osf.io/hf8pw

Hardani., Jumari, U., & Istiqomah.R. R. metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group. ISBN: 979-623-7066-33-0. 2020.

Harun, H., Wardani, N, S., & Malik, A. Persepsi Guru terhadap Implementasi Kurikulum 2013. Revisi pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1192), 247-258. 2020. https://doi.org/10.1007/s11159-020-09845-3

Heriman, M., Atung, D., Sutrisna, E., & Nurhayati, N. Pengembangan Kurikulum Berbasis Keterampilan Abad Ke-21. Perspektif dan Tantangan. Religion Education Social Laa Roiba Journal. Vol.6(6), 2724-2742. 2024. https://doi.org/10.1007/s11159-024-09802-6

Hidayat, A., & Wijaya, H. Engaging Students through Relevant and Meaningful Learning Experiences in the “Merdeka Belajar” Curriculum. Journal of Curriculum studies, 56(3), 281-297. 2024. https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.104016

Kemendikbud. Kurikulum Merdeka: Konsep dan Implementasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2022.

Kementerian agama Republik Indonesia. Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah. Jakarta; Kementerian Agama RI. 2020.

Khusna, R., & Priyanti, N. Pengaruh Komunitas Belajar terhadap Kemampuan Pedagogik Guru di Ikatan NSIN TK Bekasi. Potensia, Vol.(8(20). https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.103834

Lam, S. F., Cheng, R. W. Y., & Chey, H, C. Dukungan Sekolah dan Motivasi Guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Learning and Instruction, 28(3), 201-215. 2021. https://doi.org/10.210009/PPM.002.1.06

Lo, K. Y. P., Tsang, H. W. H. & Ho, K. M. Social Learning and Behavioral Change in Energy Consumption: A Meta-analysis. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 153, 111701. 2022. https://doi.org/10.1016/j.rser.2021.111701

Maria, E. Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menegah Pertama. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 13(2), 67-79. 2021.

Miftahul, R, Merika, S., Fairi, B., & Hendri, I. Persepsi Gru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Negeri 1 Solok. Jurnal Pendidikan Islam, Vol.2,(1). 2023. https://doi.org/10.3389/fedur.2024.589012

Mulkan, L. M., & Zunnun, L, M. A. Analisis Implementasi Kurikulum: faktor Tantangan dan Solusi di Lingkungan Pendidikan. Jurnal Ilmiah Multidisiplin. Vol.2(2). 2024. https://doi.org/10.3389/feduc.2024.589012

Pratama, A. R., Suparno, B. A., & Arifin, S. Keterlibatan Siswa dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar, 14(1), 29-41. 2022. https://doi.org/10.31219/osf.io/wwsp9

Purwanti, E., & Rahayu, S. Enchancing Student Engagement Through Student-centered Learning Approaches in the “Merdeka Belajar” curriculum. Journal of Educational Research, 116(2), 135-148. 2023. https://doi.org/10.1037/edu0000741

Rahmawati, D., Suryadi, E., & Rosidin, U. Continuous Professional Development for Teachers in Implementing The “Merdeka Belajar” Curriculum. Journal of Teacher Education and Professioanal Development, 4(1), 75-88. 2021. https://doi.org/10.1007/s11423-021-09998-3

Rohmah, N., Sutarna, I. P., & Murtiningsih, A. Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Jenjang sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 17-28. 2023. https://doi.org/10.30738/pd.v511.123

Sabir, R. I., Mahmood, A., Baig, S. A. M. Social Learning Theory and Theory of planned behavior in predicying the sustainable consumption behavior among students. Journal of Cleaner Production, 293, 126139. 2021. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2021.126139

Sari, M., & wibowo, A. innovative Teaching Methods and 21st-Century Development in The “Merdeka Belajar” Curriculum. International Journal of Instruction, 15(3), 233-248. 2022. https://doi.org/10.10.1016/j.compedu.2022.104357

Schunk, D. H., & Dibenedetto, M.K. Motivation and Social Cognitive Theory. Contemporary Education Psychology. 60, 101832. 2020. https;//doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019.101832

Solehah, H., & Setiawan, D. Kurikulum Merdeka dan Penilaian Matematika dalam Membangun generasi Matematika yang Kompeten ( Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol.7(3), 23929-23940. 2000. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2023.102154

Sulistyo, W. D. The Importance of Adequate Infrastructure and Resources for The Successful Implementation of The ‘Merdeka Belajar” Curriculum. Journal of Educational Planning and Administration, 35(3), 287-301. 2021. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104172

Suryani, N., Suyanto, S., & Nurhayati, E. Persepsi Siswa Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Indonesia, 792), 98-107. 2021. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103535

Susilowati, E. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih. Journal of Science & Medicine, 302.115090. 2023. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2022.100060

Tay, N., & Ho, S. S. Social Learning of Covid-19 preventive behaviors: Evidence from a two-wave longitudinal survey in Singapore. Social Science & Medicine, 302, 115090. 2023. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2022.115090

Widyaastono, H. Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka di era Otonomi Daerah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 27(1), 1-16. 2022. https://doi.org/10.3390/educsci10110340

Widyaastuti, R., & Fatmawati, A. Analisis Persepsi Siswa Terhadap Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 55-68. 2020. https://doi.org/10.31219/0sf.io/6xndp

Wijaya, H., Hidayat, A., & Sari, D. P. Effective Evaluation and Feedback System for Continuous Improvement in the Merdeka Belajar Curriculum implementation. International Journal of Educational Assesment and Evaluation, 24(4), 401-415. 2022. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2022.100101

Zimmerman, B. J. Attaining self-regulation: A Social cognitive perspective. In M. Boekaerts, P. Pintrich, & M. Zeidner (Eds.), Handbook of self-regulation (pp.13-39). Academic Press. https://doi.org/10.1016/B978-012109890-2/50031-7

Downloads

Published

2024-07-14

How to Cite

Rahayuningsih, E., & Hanif, M. (2024). Persepsi Guru dan Siswa terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka (Perspektif Social Learning Theory (SLT). Journal of Education Research, 5(3), 2828–2839. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1305

Issue

Section

Articles

Categories