Pengaruh Permainan Edukatif Brainy Games terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1293Keywords:
Permainan Edukatif ‘Brainy Games”, Kemampuan berbahasa Inggris, Anak usia diniAbstract
Bermain merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan bagi anak dan melalui bermain kemampuan anak dapat berkembang menjadi lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan kemampuan berbahasa Inggris pada anak usia dini, terutama pengenalan kosakata dan kalimat perintah melalui sebuah permainan edukatif. Pada era society lima titik nol, beberapa teknologi yang dimanfaatkan dalam kehidupan sebagian besar menggunakan Bahasa Inggris untuk mengoperasikannya, oleh karenanya diperlukan stimulasi sejak dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan design pre-experimental one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah anak usia lima sampai enam tahun sebanyak lima belas anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Untuk menarik kesimpulan hasil penelitian, dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t. Sebelum melakukan uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis dilakukan untuk mengetahui pengaruh permainan edukatif Brainy Games terhadap kemampuan berbahasa Inggris anak usia dini. Kesimpulannya, permainan edukatif Brainy Games dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris anak dengan baik terutama dalam mengenal kosakata dan kalimat perintah Bahasa Inggris.
Downloads
References
Akman, B., & Güçhan Özgül, S. (2015). Role of Play in Teaching Science in the Early Childhood Years. Research in Early Childhood Science Education, 237–258. doi:10.1007/978-94-017-9505-0_11
Alia, T. & I. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education, 14(1).
Anggraini, Kristin. Sriemulyaningsih, Maria J.K. Mindari, Ruruh. (2022). Pengaruh Permainan Kosakata Bahasa Inggris melalui Digital Smart Board terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di Era Merdeka Belajar. Ghâncaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Special Edition: Lalonget. Hal. 319-328.
Elfiadi. (2016). Bermain dan Permainan Bagi Anak Usia Dini. Itqan: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, VII (1), Hal. 51–60.
Hayati, Siti Nur dan Putro, Khamim Zarkasih. (2021). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1). Hal. 52-64.
Kurniasih, Eem. (2019). Media Digital Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kreatif. 9(2). Hal. 87-91.
Lestari, Lina Dani. (2020). Pentingnya Mendidik Problem Solving pada Anak Melalui Bermain. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 9 (2). Hal.100-108
Nikiforidou, Z. (2018). Digital Games in the Early Childhood Classroom: Theoretical and Practical Considerations. Digital Childhoods, 253–265. https://doi:10.1007/978-981-10-6484 5_16
Nurfadilah, Fadila Sisca N., Adiarti Wulan. (2021). Panduan APE Aman bagi Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Nurzaman, I., Yasbiati, Y., & Rahmattya, E. (2017). Penggunaan Permainan Pesan Gambar Berantai untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 40-52. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7159
Prima, Elizabeth. Masitah, Rafi. Dewi, Ni Nyoman A. I. (2019). Alat Permainan Edukatif bagi Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Prosiding Sinaptek. Hal. 31-36
Putra, Sofian Dwi Ady. (2015). Pengaruh Permainan Edukatif “Edu-Games Bobby Bola” terhadap Kemampuan Kognitif (Pengenalan Angka, Huruf dan Bentuk) Anak Usia 4-5 Tahun. E-Jurnal Skripsi Program https://core.ac.uk/download/pdf/33513614.pdf
Roswati, Eva. (2020). Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini melalui Permainan Chinese Whispers. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), Hal. 32-36
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta
Utami, L. O., Utami, I. S., & Sarumpaet, N. (2017). Penerapan metode problem solving dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui kegiatan bermain. Tunas Siliwangi, 3(2), Hal. 175–180.
Widyahening, Christiana E. T. & Sufa, Feri F. (2022). Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Bingo Game bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). Hal. 1135-1145
Yuliana, Indah Anggi., Firdaus, Candra F., Mahdalena, Ayu., Fadhilah, Siti Nur. (2023). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Sosialisasi Alat Permainan Edukatif Puzzle Digital Bagi TK Kartini Desa Sentul Kabupaten Jombang. Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1). Hal. 11-14
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Kristin Anggraini, Maria Josephine Kriesye Sriemulyaningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).