Pengaruh Permainan Edukatif Brainy Games terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris Anak Usia Dini

Authors

  • Kristin Anggraini Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Maria Josephine Kriesye Sriemulyaningsih Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1293

Keywords:

Permainan Edukatif ‘Brainy Games”, Kemampuan berbahasa Inggris, Anak usia dini

Abstract

Bermain merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan bagi anak dan melalui bermain kemampuan anak dapat berkembang menjadi lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan kemampuan berbahasa Inggris pada anak usia dini, terutama pengenalan kosakata dan kalimat perintah melalui sebuah permainan edukatif. Pada era society lima titik nol, beberapa teknologi yang dimanfaatkan dalam kehidupan sebagian besar menggunakan Bahasa Inggris untuk mengoperasikannya, oleh karenanya diperlukan stimulasi sejak dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan design pre-experimental one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah anak usia lima sampai enam tahun sebanyak lima belas anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Untuk menarik kesimpulan hasil penelitian, dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t. Sebelum melakukan uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis dilakukan untuk mengetahui pengaruh permainan edukatif Brainy Games terhadap kemampuan berbahasa Inggris anak usia dini. Kesimpulannya, permainan edukatif Brainy Games dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris anak dengan baik terutama dalam mengenal kosakata dan kalimat perintah Bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akman, B., & Güçhan Özgül, S. (2015). Role of Play in Teaching Science in the Early Childhood Years. Research in Early Childhood Science Education, 237–258. doi:10.1007/978-94-017-9505-0_11

Alia, T. & I. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education, 14(1).

Anggraini, Kristin. Sriemulyaningsih, Maria J.K. Mindari, Ruruh. (2022). Pengaruh Permainan Kosakata Bahasa Inggris melalui Digital Smart Board terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di Era Merdeka Belajar. Ghâncaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Special Edition: Lalonget. Hal. 319-328.

Elfiadi. (2016). Bermain dan Permainan Bagi Anak Usia Dini. Itqan: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, VII (1), Hal. 51–60.

Hayati, Siti Nur dan Putro, Khamim Zarkasih. (2021). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1). Hal. 52-64.

Kurniasih, Eem. (2019). Media Digital Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kreatif. 9(2). Hal. 87-91.

Lestari, Lina Dani. (2020). Pentingnya Mendidik Problem Solving pada Anak Melalui Bermain. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 9 (2). Hal.100-108

Nikiforidou, Z. (2018). Digital Games in the Early Childhood Classroom: Theoretical and Practical Considerations. Digital Childhoods, 253–265. https://doi:10.1007/978-981-10-6484 5_16

Nurfadilah, Fadila Sisca N., Adiarti Wulan. (2021). Panduan APE Aman bagi Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Nurzaman, I., Yasbiati, Y., & Rahmattya, E. (2017). Penggunaan Permainan Pesan Gambar Berantai untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 40-52. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7159

Prima, Elizabeth. Masitah, Rafi. Dewi, Ni Nyoman A. I. (2019). Alat Permainan Edukatif bagi Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Prosiding Sinaptek. Hal. 31-36

Putra, Sofian Dwi Ady. (2015). Pengaruh Permainan Edukatif “Edu-Games Bobby Bola” terhadap Kemampuan Kognitif (Pengenalan Angka, Huruf dan Bentuk) Anak Usia 4-5 Tahun. E-Jurnal Skripsi Program https://core.ac.uk/download/pdf/33513614.pdf

Roswati, Eva. (2020). Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini melalui Permainan Chinese Whispers. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), Hal. 32-36

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta

Utami, L. O., Utami, I. S., & Sarumpaet, N. (2017). Penerapan metode problem solving dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui kegiatan bermain. Tunas Siliwangi, 3(2), Hal. 175–180.

Widyahening, Christiana E. T. & Sufa, Feri F. (2022). Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Bingo Game bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). Hal. 1135-1145

Yuliana, Indah Anggi., Firdaus, Candra F., Mahdalena, Ayu., Fadhilah, Siti Nur. (2023). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Sosialisasi Alat Permainan Edukatif Puzzle Digital Bagi TK Kartini Desa Sentul Kabupaten Jombang. Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1). Hal. 11-14

Downloads

Published

2024-07-16

How to Cite

Anggraini, K., & Sriemulyaningsih, M. J. K. (2024). Pengaruh Permainan Edukatif Brainy Games terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 5(3), 2929–2935. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1293

Issue

Section

Articles

Categories