Peran Supervisi dan Pengawasan dalam Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1191Keywords:
Supervisi, Pengawasan, PendidikanAbstract
Supervisi dan pengawasan memainkan peran dalam memastikan kualitas pendidikan. Supervisi mengacu pada proses pemantauan dan bimbingan terhadap praktik pengajaran, pengawasan berkaitan dengan pengelolaan dan pemantauan keseluruhan fungsi pendidikan. Penelitian bertujuan untuk menganalisis peran supervisi dan pengawasan secara holistik dalam meningkatkan kualitas pendidikan di berbagai jenjang pendidikan. Metode dalam penelitian ini menggunakan studi literatur dengan pendekatan deskriptif. Analisis dilakukan melalui dari banyaknya referensi terkait. Hasil yang didapatkan dalam penelitian bahwa integrasi supervisi dan pengawasan dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih holistik dan efektif. Kesimpulan: Dengan demikian, penerapan supervisi dan pengawasan yang terkoordinasi dapat memberikan dampak positif yang signifikan pada berbagai jenjang pendidikan.
Downloads
References
Afriansyah, H. (2019). Administrasi dan supervisi pendidikan. Retrieved from:
Angelista, S. (2020). Proses Dan Teknik Supervisi. Retrieved from: Diakses dari https://osf.io/preprints/inarxiv/ft5kz/download
Angraeni, P., &Akbar, A. (2018). Supervisi pendidikan : Teori dan Praktek. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Arlestig H, Day C, Johansson O (2021) International school principal research. In: Arlestig H, Day C, Johansson O (eds), A Decade of Research on School Principalship: Cases from 24 Countries. Cham: Springer, pp. 1–9.
Bestari, Putri, (2023) Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Digital di Era Digital. Jurnal Papeda; Vol, 5, No. 2, ISSN 2715-5110
Efendi, J., & Murniati, A.R.B. 2016. Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesional Guru di SMA Negeri 1 Blang Pidie. Jurnal MUDARRISUNA, 6 (1). https://doi.org/Jalisal Efendi, Murniati
AR, BahrunFitria, E., & Yudhawati, D. (2018). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi Berbasis Token Economy untuk Meningkatkan Konsep Diri Posistif Siswa Tunarunggu. Prosiding Seminar Nasional. Strategi Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Era Disrupsi, 77-87.
Glanz, J. (2022). Supervision and instructional leadership: A developmental approach. Routledge.
Glickman, C.D., Gordon, S.P., & Ross-Gordon, J.M. (2018). Supervision and instructional leadership: A developmental approach. Pearson.
Imam, T. (2022). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Secara Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp Muhammadiyah Ajibarang Dan Smp Ma’arif Nu 2 Ajibarang Kabupaten Banyumas (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri).
Lee, C. W., & Kusumah, A. (2020). Influence of Supervision on Employee Performance with Work Motivation as an Intervening Variable. Review of Integrative Business and Economics Research, 9, 240-252.
Maimunah, M. (2020). Pendekatan dan Teknik Supervisi Pendidikan. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 8(1), 85-122.
Maisaroh. S., & Danuri (2020). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Palembang. CV. Tunas Gemilang Press
Mahlopi.(2022) Supervisi Pendidikan Era teknologi 5,0. Adiba. Journal of Education, 2(1), 133-141. Diakses dari https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/79
Murphy, J., & Torre, D. (2021). The Handbook of Educational Leadership. Routledge.
Muflih, Nurroyian, Hasriyati, Dessy, Hasbih Sholeh, I. N. (2023). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 4093–4096.
Nasution, I., Pramudya, A., Tanjung, A., Oktapia, D., Nisa, K., Azzahra, N., & Nurdahyanti. (2023). Supervisi Pendidikan Era Society 5.0 Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2 (2).
Nur Aedi, Pengawasan Pendidikan Tinjauan Teori dan Praktik, (Jakarta: Rajawali Pers, 2014), hlm 2
Pangestu, FA & Rahayu, E. (2022). Supervisi Dan Pengawasan Dalam Pendidikan Muflih. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1349–1358.
Rahman, Abd (2021). Supervisi dan Pengawasan dalam Pendidikan. Jurnal PILAR. P-ISSN: 1978-5119;e-ISSN: 27763005
Sergiovanni, T.J., Starratt, R.J., & Cho, V. (2020). Supervision: A redefinition. McGraw-Hill Education.
Zainal Arifin. (2018). Supervisi Pendidikan Pendekatan Sistem Berbasis Kinerja. (Nurul Falah Atif (Ed.); Cetakan Ke). PT Refika Aditama.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Velnika Elmanisar, Rifma Rifma, Sufyarma Marsidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).