Meta Analisis Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Matematika Peserta Didik di Sekolah Dasar

Authors

  • Esti Labda Palupi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Endang Indriani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.922

Keywords:

Discovery Learning, Meta Analisis, keterampilan berpikir kritis

Abstract

Tujuan dari peneltian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada matematika siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah meta-analisis. Teknik yang digunakan adalah observasi terhadap sepuluh jurnal yang relevan. Berdasarkan data yang dihasilkan, uji normalitas, memperlihatkan bahwa tingkat signifikansi nilai pretest  berdistribusi normal. Uji linearitas menunjukkan data skor pretest dan posttest memiliki hubungan linear. Uji homogenitas menunjukkan  mempunyai variansi homogen. Uji ancova menunjukkan bahwa discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, N. M., & Aziz, M. A. (2022). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4.4, 49–57.

Haryani, D. (2011). Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 14 Mei.

Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2189–2198.

Saputri, M. A., & Rahayu, T. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap Berfikir Kritis pada Pembelajaran Matematika: Kajian Meta-Analisis. FONDATIA, 5(1), 85–94.

Supriyanto, B. (2014). Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SD Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan, 165–174.

Downloads

Published

2024-03-24

How to Cite

Palupi, E. L., & Indriani, E. (2024). Meta Analisis Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Matematika Peserta Didik di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(1), 882–886. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.922

Issue

Section

Articles

Citation Check