Meta Analisis Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Matematika Peserta Didik di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.922Keywords:
Discovery Learning, Meta Analisis, keterampilan berpikir kritisAbstract
Tujuan dari peneltian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada matematika siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah meta-analisis. Teknik yang digunakan adalah observasi terhadap sepuluh jurnal yang relevan. Berdasarkan data yang dihasilkan, uji normalitas, memperlihatkan bahwa tingkat signifikansi nilai pretest berdistribusi normal. Uji linearitas menunjukkan data skor pretest dan posttest memiliki hubungan linear. Uji homogenitas menunjukkan mempunyai variansi homogen. Uji ancova menunjukkan bahwa discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
Downloads
References
Dewi, N. M., & Aziz, M. A. (2022). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4.4, 49–57.
Haryani, D. (2011). Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 14 Mei.
Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2189–2198.
Saputri, M. A., & Rahayu, T. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap Berfikir Kritis pada Pembelajaran Matematika: Kajian Meta-Analisis. FONDATIA, 5(1), 85–94.
Supriyanto, B. (2014). Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SD Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan, 165–174.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Esti Labda Palupi, Endang Indriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).