Development of E-Comics "Keragaman Budaya" to Increase Interest and Learning Outcomes in Social Sciences in Elementary
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.897Keywords:
e-comics, learning media, interests and learning outcomes, elementary schoolAbstract
Kurangnya pemanfaatan media pada proses pembelajaran mengakibatkan siswa kurnang semangat dan kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi terhambat dan tujuan pembelajaran tidak tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-komik guna memecahkan masalah kurangnya minat dan hasil belajar siswa kelas empat. Penelitian ini menggunakan desain R and D dengan model ADDIE. Hasil validasi yang telah dilakukan oleh ahli media, materi dan guru berada di kategori sangat layak digunakan. Berdasarkan hasil angket minat, siswa rata-rata memberikan jawaban sangat setuju. Berdasarkan hasil penilaian pretest dan posttest masuk kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan minat dan hasil belajar setelah diberikan media pembelajaran E- Komik.
Downloads
References
Agustin, S. W., Kusmiyati, K., & Faizin, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil dan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Teks Negosiasi Kurikulum Merdeka. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(2), 281. https://doi.org/10.30651/st.v16i2.18097
Ais, R. (2019). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 11(1), 47–63.
Astutik, A. F., Rusijono, & Suprijono, A. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Dalam Pembelajaran IPS Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik Kelas V SDN Geluran 1 Taman. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(3), 543–554.
Bintari Kartika, S. (2017). Desain Pembelajaran Model Addie Dan Implementasinya Dengan Teknik Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 87–102. http://eprints.umsida.ac.id/432/
Elly Sukmanasa, Tustiyana Windiyani, L. N. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PADA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KOTA BOGOR Elly Sukmanasa , Tustiyana Windiyani , Lina Novita Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pakuan A . Pendahuluan Penyampaian informasi terjadi dalam proses pembelaja. 3(2), 171–185.
Fitri, A. S., Aeni, A. N., & Nugraha, R. G. (2023). Pengembangan Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Nilai-Nilai Pancasila Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 220. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1756
Haryanto, H., Kartono, K., & Pranata, R. (2023). Pengembangan Media Komik Digital pada Materi Siklus Air untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 5 Pontianak Timur. Fondatia, 7(2), 331–339. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i2.3412
Haryati, S. (2012). Research And Development( R & D ) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam. Academia, 37(1), 13.
Juneli, J. A., Sujana, A., & Julia, J. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Penguasaan Konsep Peserta Didik Sd Kelas V. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 1093. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9070
Kaulan, M., & Ramadhani, K. D. (2018). Permasalahan Pembelajaran Ips Dan Strategi Jitu Pemecahannya. Ittihad: Jurnal Pendidikan, 2(1), 43–53.
Kristin, Firosalia dan Mulia, Y. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Journal on Teacher Education, 4(4), 293–302.
Kurniawan, F., & Hardini, A. T. A. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Media Komik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4), 492–496. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i4.1556
Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16. https://www.researchgate.net/profile/Putu-Ekayani/publication/315105651_PENTINGNYA_PENGGUNAAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_UNTUK_MENINGKATKAN_PRESTASI_BELAJAR_SISWA/links/58ca607eaca272a5508880a2/PENTINGNYA-PENGGUNAAN-MEDIA-PEMBELAJARAN-UNTUK-MENINGKATKAN-PRESTASI-
Megantari, K., Margunayasa, I. G., & Agustiana, I. G. (2021). Belajar Sumber Daya Alam Melalui Media Komik Digital. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 139. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.34251
Mujahadah, I., Alman, A., & Triono, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III SD Muhammadiyah Malawili. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 8–15. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.758
Narestuti, A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 305–317. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3756
Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(2), 111–117. Nugraheni, N. (2017). PENERAPAN MEDIA KOMIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. JURNAL REFLEKSI EDUKATIKA, 7(2), 111–117.
Oktaviana, M., & Ramadhani, S. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 48–56. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1090
Purwatresna Senjaya, R., Indriani, I., Mahdarani, N., Muharam, A., & Mustikaati, W. (2022). Pengembangan Media Komik Digital (MEKODIG) dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. All Rights Reserved, 1(2), 99–106. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i2.248
Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi, J. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 413–420. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385
Putri, H. P., & Nurafni, N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3538–3543. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.986
Riwanto, M. A., & Wulandari, M. P. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Komik DIgital (Cartoon Story Maker) dalam pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi. Jurnal PANCAR, 2(1), 14–18.
Salahuddin, Erifa Syahnaz, Vanie Wijaya, & Sri Wahyuni. (2020). Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran Ips Siswa Sdn 02 Kelas Iii Kab. Sambas. Journal of Scientech Research and Development, 2(2), 061–070. https://doi.org/10.56670/jsrd.v2i2.15
Untari, E. (2017). Problematika Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Sekolah Dasar Di Kota Blitar. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(1), 259–270.
Yasa, A. D., & Chrisyarani, D. D. (2018). Pengaruh Media Komik Tematik terhadap Hasil belajar Siswa kelas V SD. Seminar Nasional Multidisiplin, September, 92–95.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Anisa Nur Paridah, Nurdinah Hanifah, Cucun Sunaengsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).