From Tradition to Tech the Cultural Evolution of Student Learning in the Era of Artificial Intelligence Shophistication
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.882Keywords:
Evolusi Budaya Pembelajaran, Kecerdasan Buatan, Personalisasi Pembelajaran, Akses Global, Efisiensi PembelajaranAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi dampak evolusi budaya pembelajaran siswa di era kecanggihan kecerdasan buatan. Integrasi kecerdasan buatan dalam pembelajaran menghasilkan pengaruh positif dengan meningkatkan personalisasi pembelajaran, memungkinkan pengalaman belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan siswa. Sistem AI juga membuka akses global, mengurangi kesenjangan akses pendidikan, dan meningkatkan efisiensi serta keterlibatan siswa melalui umpan balik real-time. Kendati memberikan peluang inovasi dalam metode pengajaran, penting untuk memperhatikan isu privasi dan etika dalam pengelolaan data siswa. Meskipun terdapat tantangan kesetaraan akses dan ketergantungan teknologi, evolusi ini membantu siswa mengembangkan keterampilan berbasis teknologi yang relevan. Namun, penelitian juga menekankan pentingnya pengembangan kreativitas dan keterampilan manusia yang tidak dapat digantikan oleh teknologi. Kesimpulannya, perubahan budaya pembelajaran siswa mencerminkan dinamika kompleks antara dampak positif dan tantangan yang harus diatasi secara bijaksana untuk mengoptimalkan potensi pembelajaran di era kecerdasan buatan.
Downloads
References
Lase, D. (2019). Pendidikan di era revolusi industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 12(2), 28-43.
Hussin, A. A. (2018). Education 4.0 made simple: Ideas for teaching. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(3), 92-98.
Nilasari, S. (2020, May). Pendidikan Di Era Revolusi Industri 5.0 Terhadap Disiplin Kerja Guru. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Tricahyono, D., Sariyatun, S., & Ediyono, S. (2020). Analisis wacana kritis pendidikan multikultural dan pendidikan nilai dalam buku teks sejarah sma. Socia Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 17(1), 1-10. https://doi.org/10.21831/socia.v17i1.32294
Indarti, I., Wahyuningsih, U., Yulistiana, Y., Suhartini, R., & Prihatina, Y. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan belajar jarak jauh mahasiswa vokasi di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 18(2), 226. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v18i2.31147
Astawa, N. L. P. N. S. P. and Permana, P. T. H. (2020). Media pembelajaran dengan kecerdasan buatan dalam pembelajaran bahasa inggris generasi-z. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(2), 756-767. https://doi.org/10.22437/jssh.v4i2.11540
Budianto, A. and Yuana, R. A. (2019). Perancangan intelligent tutoring system untuk pembelajaran jaringan komputer. Sistemasi, 8(1), 28. https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i1.411
Wijayanto, A. (2022). Jejaring teknologi metaverse. https://doi.org/10.31219/osf.io/24fjw
Mahmudah, E., Ni’maturahmah, B., & Dewi, D. A. M. (2023). Utilization of information and communication technology as learning media to improve the quality of education in elementary schools. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 358. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71137
Irwanto, I. and Irwansyah, I. (2020). Pendekatan social construction of technology untuk teknologi pendidikan di indonesia. Media Komunikasi FPIPS, 19(1), 28. https://doi.org/10.23887/mkfis.v19i1.24184
Imania, K. and Bariah, S. (2020). Pengembangan flipped classroom dalam pembelajaran berbasis mobile learning pada mata kuliah strategi pembelajaran. Jurnal Petik, 6(2), 45-50. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.859
Anggraeni, I., H, N., & Setiasih, N. (2023). Application of ict to improve the quality of learning for elementary school children. Social Humanities and Educational Studies (Shes) Conference Series, 6(1), 189. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71078
Dean, L. G., Vale, G. L., Laland, K. N., Flynn, E., & Kendal, R. L. (2013). Human cumulative culture: a comparative perspective. Biological Reviews, 89(2), 284-301. https://doi.org/10.1111/brv.12053
Cahyono, B. (2023). Pemanfaatan aplikasi digital flipbook sebagai media pembelajaran di era teknologi digital. Jurnal Dharmabakti Nagri, 1(2), 58-64. https://doi.org/10.58776/jdn.v1i2.26
Ventura, R. and Akçay, E. (2021). A cognitive-evolutionary model for the evolution of teaching. https://doi.org/10.31235/osf.io/r4egs
Noviansyah, W., Trianingsih, L., & Tamrin, A. (2022). Pelatihan pembuatan video pembelajaran berbasis flip learning bagi guru smk. Bernas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 1018-1024. https://doi.org/10.31949/jb.v3i4.2541
Sari, J. M., & Purwanta, E. (2021). The implementation of artificial intelligence in STEM-based creative learning in the society 5.0 Era. Tadris J. Kegur. dan Ilmu Tarb, 6(2), 433-440.
Rifai, M., Haristiani, N., & Risda, D. (2020). Gengobot: chatbot application to enhance n4 level students’ japanese grammar ability. Japanedu Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa Jepang, 5(2), 134-141. https://doi.org/10.17509/japanedu.v5i2.30428
Perry, S., Carter, A., Smolla, M., Akçay, E., Nöbel, S., Foster, J., & Healy, S. (2021). Not by transmission alone: the role of invention in cultural evolution. Philosophical Transactions of the Royal Society B Biological Sciences, 376(1828). https://doi.org/10.1098/rstb.2020.0049
Chia, M. Y., Huang, Y. F., Koo, C. H., & Fung, K. F. (2020). Recent advances in evapotranspiration estimation using artificial intelligence approaches with a focus on hybridization techniques—a review. Agronomy, 10(1), 101.
Saluky, S. (2018). Tinjauan Artificial Intelligence untuk Smart Government. ITEJ (Information Technology Engineering Journals), 3(1), 8-16.
Tambunan, N. and Febrianti, N. (2023). Upaya guru dalam membentuk profil pelajar pancasila siswa kelas i dan iv di sdn tanjung duren selatan 01. Journal on Education, 5(4), 14111-14121. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2432
Zulkifli, M., Wahida, W. A., & Sendi, P. (2022). Dampak teknologi smartphone di era revolusi industri 4.0 terhadap perilaku siswa. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 201-212. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v1i3.29
Sappaile, B. I., Nuridayanti, N., Judijanto, L., & Rukimin, R. (2024). Analisis pengaruh pembelajaran adaptif berbasis kecerdasan buatan terhadap pencapaian akademik siswa sekolah menengah atas di era digital. Jurnal Pendidikan West Science, 2(01), 25-31. https://doi.org/10.58812/jpdws.v2i01.937
Mayasari, N., Dewantara, R., & Yuanti, Y. (2023). Pengaruh kecerdasan buatan dan teknologi pendidikan terhadap peningkatan efektivitas proses pembelajaran mahasiswa di jawa timur. Jurnal Pendidikan West Science, 1(12). https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i12.863
Salsabila, U. H., Spando, I. I. T., Astuti, W. D., Rahmadia, N. A., & Nugroho, D. W. (2023). Integrasi teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan islam. Jurnal Pendidikan, 11(1), 172-177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v11i1.3207
Isma, A., Rosidah, R., Sigit Sahalik Rahman, Nasrullah, N., Arif Setiawan Syam, & Novita Sari (2023). Analisis penggunaan chatbot berbasis ai pada model hybrid di jurusan teknik informatika dan komputer. Journal of Vocational, Informatics and Computer Education, 79-92. https://doi.org/10.61220/voice.v1i2.20239
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Izza Safitri, Ovi Wulandari, Ilham Aly Ardhana, Arina Dewi Masithoh, Muhammad Awwaludin Aprilianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).