From Tradition to Tech the Cultural Evolution of Student Learning in the Era of Artificial Intelligence Shophistication

Authors

  • Izza Safitri Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Ovi Wulandari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Ilham Aly Ardhana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Arina Dewi Masithoh Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Muhammad Awwaludin Aprilianto Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.882

Keywords:

Evolusi Budaya Pembelajaran, Kecerdasan Buatan, Personalisasi Pembelajaran, Akses Global, Efisiensi Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi dampak evolusi budaya pembelajaran siswa di era kecanggihan kecerdasan buatan. Integrasi kecerdasan buatan dalam pembelajaran menghasilkan pengaruh positif dengan meningkatkan personalisasi pembelajaran, memungkinkan pengalaman belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan siswa. Sistem AI juga membuka akses global, mengurangi kesenjangan akses pendidikan, dan meningkatkan efisiensi serta keterlibatan siswa melalui umpan balik real-time. Kendati memberikan peluang inovasi dalam metode pengajaran, penting untuk memperhatikan isu privasi dan etika dalam pengelolaan data siswa. Meskipun terdapat tantangan kesetaraan akses dan ketergantungan teknologi, evolusi ini membantu siswa mengembangkan keterampilan berbasis teknologi yang relevan. Namun, penelitian juga menekankan pentingnya pengembangan kreativitas dan keterampilan manusia yang tidak dapat digantikan oleh teknologi. Kesimpulannya, perubahan budaya pembelajaran siswa mencerminkan dinamika kompleks antara dampak positif dan tantangan yang harus diatasi secara bijaksana untuk mengoptimalkan potensi pembelajaran di era kecerdasan buatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lase, D. (2019). Pendidikan di era revolusi industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 12(2), 28-43.

Hussin, A. A. (2018). Education 4.0 made simple: Ideas for teaching. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(3), 92-98.

Nilasari, S. (2020, May). Pendidikan Di Era Revolusi Industri 5.0 Terhadap Disiplin Kerja Guru. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Tricahyono, D., Sariyatun, S., & Ediyono, S. (2020). Analisis wacana kritis pendidikan multikultural dan pendidikan nilai dalam buku teks sejarah sma. Socia Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 17(1), 1-10. https://doi.org/10.21831/socia.v17i1.32294

Indarti, I., Wahyuningsih, U., Yulistiana, Y., Suhartini, R., & Prihatina, Y. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan belajar jarak jauh mahasiswa vokasi di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 18(2), 226. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v18i2.31147

Astawa, N. L. P. N. S. P. and Permana, P. T. H. (2020). Media pembelajaran dengan kecerdasan buatan dalam pembelajaran bahasa inggris generasi-z. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(2), 756-767. https://doi.org/10.22437/jssh.v4i2.11540

Budianto, A. and Yuana, R. A. (2019). Perancangan intelligent tutoring system untuk pembelajaran jaringan komputer. Sistemasi, 8(1), 28. https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i1.411

Wijayanto, A. (2022). Jejaring teknologi metaverse. https://doi.org/10.31219/osf.io/24fjw

Mahmudah, E., Ni’maturahmah, B., & Dewi, D. A. M. (2023). Utilization of information and communication technology as learning media to improve the quality of education in elementary schools. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 358. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71137

Irwanto, I. and Irwansyah, I. (2020). Pendekatan social construction of technology untuk teknologi pendidikan di indonesia. Media Komunikasi FPIPS, 19(1), 28. https://doi.org/10.23887/mkfis.v19i1.24184

Imania, K. and Bariah, S. (2020). Pengembangan flipped classroom dalam pembelajaran berbasis mobile learning pada mata kuliah strategi pembelajaran. Jurnal Petik, 6(2), 45-50. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.859

Anggraeni, I., H, N., & Setiasih, N. (2023). Application of ict to improve the quality of learning for elementary school children. Social Humanities and Educational Studies (Shes) Conference Series, 6(1), 189. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71078

Dean, L. G., Vale, G. L., Laland, K. N., Flynn, E., & Kendal, R. L. (2013). Human cumulative culture: a comparative perspective. Biological Reviews, 89(2), 284-301. https://doi.org/10.1111/brv.12053

Cahyono, B. (2023). Pemanfaatan aplikasi digital flipbook sebagai media pembelajaran di era teknologi digital. Jurnal Dharmabakti Nagri, 1(2), 58-64. https://doi.org/10.58776/jdn.v1i2.26

Ventura, R. and Akçay, E. (2021). A cognitive-evolutionary model for the evolution of teaching. https://doi.org/10.31235/osf.io/r4egs

Noviansyah, W., Trianingsih, L., & Tamrin, A. (2022). Pelatihan pembuatan video pembelajaran berbasis flip learning bagi guru smk. Bernas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 1018-1024. https://doi.org/10.31949/jb.v3i4.2541

Sari, J. M., & Purwanta, E. (2021). The implementation of artificial intelligence in STEM-based creative learning in the society 5.0 Era. Tadris J. Kegur. dan Ilmu Tarb, 6(2), 433-440.

Rifai, M., Haristiani, N., & Risda, D. (2020). Gengobot: chatbot application to enhance n4 level students’ japanese grammar ability. Japanedu Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa Jepang, 5(2), 134-141. https://doi.org/10.17509/japanedu.v5i2.30428

Perry, S., Carter, A., Smolla, M., Akçay, E., Nöbel, S., Foster, J., & Healy, S. (2021). Not by transmission alone: the role of invention in cultural evolution. Philosophical Transactions of the Royal Society B Biological Sciences, 376(1828). https://doi.org/10.1098/rstb.2020.0049

Chia, M. Y., Huang, Y. F., Koo, C. H., & Fung, K. F. (2020). Recent advances in evapotranspiration estimation using artificial intelligence approaches with a focus on hybridization techniques—a review. Agronomy, 10(1), 101.

Saluky, S. (2018). Tinjauan Artificial Intelligence untuk Smart Government. ITEJ (Information Technology Engineering Journals), 3(1), 8-16.

Tambunan, N. and Febrianti, N. (2023). Upaya guru dalam membentuk profil pelajar pancasila siswa kelas i dan iv di sdn tanjung duren selatan 01. Journal on Education, 5(4), 14111-14121. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2432

Zulkifli, M., Wahida, W. A., & Sendi, P. (2022). Dampak teknologi smartphone di era revolusi industri 4.0 terhadap perilaku siswa. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 201-212. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v1i3.29

Sappaile, B. I., Nuridayanti, N., Judijanto, L., & Rukimin, R. (2024). Analisis pengaruh pembelajaran adaptif berbasis kecerdasan buatan terhadap pencapaian akademik siswa sekolah menengah atas di era digital. Jurnal Pendidikan West Science, 2(01), 25-31. https://doi.org/10.58812/jpdws.v2i01.937

Mayasari, N., Dewantara, R., & Yuanti, Y. (2023). Pengaruh kecerdasan buatan dan teknologi pendidikan terhadap peningkatan efektivitas proses pembelajaran mahasiswa di jawa timur. Jurnal Pendidikan West Science, 1(12). https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i12.863

Salsabila, U. H., Spando, I. I. T., Astuti, W. D., Rahmadia, N. A., & Nugroho, D. W. (2023). Integrasi teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan islam. Jurnal Pendidikan, 11(1), 172-177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v11i1.3207

Isma, A., Rosidah, R., Sigit Sahalik Rahman, Nasrullah, N., Arif Setiawan Syam, & Novita Sari (2023). Analisis penggunaan chatbot berbasis ai pada model hybrid di jurusan teknik informatika dan komputer. Journal of Vocational, Informatics and Computer Education, 79-92. https://doi.org/10.61220/voice.v1i2.20239

Downloads

Published

2024-02-14

How to Cite

Safitri, I., Wulandari, O., Ardhana, I. A., Masithoh, A. D., & Aprilianto, M. A. (2024). From Tradition to Tech the Cultural Evolution of Student Learning in the Era of Artificial Intelligence Shophistication. Journal of Education Research, 5(1), 504–512. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.882

Issue

Section

Articles

Citation Check