Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning pada Mata Kuliah Koreografi Dasar bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan Isi Denpasar

Authors

  • Ni.M.D. Tarazanny Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia, Indonesia
  • I.W. Sukrawarpala Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia, Indonesia
  • I.M. Tegeh Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.869

Keywords:

Media Pembelajaran,, Koreografi Dasar, Berbasis Mobile Learning

Abstract

Pendidikan seni adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan agar menguasai kemampuan berkesenian sesuai dengan peran yang harus dimainkannya. Media pembelajaran koreografi dasar ini menjawab kebutuhan media pembelajaran serta sebagai upaya daya saing di tengah era revolusi industri empat titik nol. Adanya terobosan yang inovatif sebagai bentuk strategi dalam menarik minat masyarakat khususnya generasi muda untuk tetap belajar dan mengembangkan pengetahuannya menata tari dengan baik melalui pemahaman elemen koreografi dasar.  Alasan penggunaan android dalam pembuatan media pembelajaran koreografi dasar ini karena pengguna android lebih banyak dibandingkan IOS. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengembangkan media mobile learning pada mata kuliah koreografi dasar tersebut untuk meningkatkan kapasitas pendidikan seni khususnya seni tari dengan sentuhan perkembangan teknologi serta menambah media pendukung pembelajaran berupa bahan ajar berbentuk audio visual. Penelitian ini berpendekatan penelitian pengembangan research and development mengadaptasi tahapan pengembangan Borg and Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan kuisioner. Pelaksanaan uji lapangan menggunakan desain penelitian dengan pretest posttest yaitu tanpa menggunakan kelompok kontrol atau pembanding sehingga pada penelitian ini menggunakan kelompok yang sama. Pada desain penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest posttest design. Hasil penelitian dapat diuraikan; Hasil validasi ahli mata kuliah koreogrfai dasar memperoleh kualifikasi sangat baik, hasil validasi ahli desain pembelajaran memberikan kualifikasi sangat baik, dan hasil validasi ahli media pembelajaran kualifikasi baik; Hasil uji coba perorangan menunjukkan bahwa media memperoleh kualifikasi sangat baik, hasil tanggapan pada kelompok kecil kategori sangat baik dan hasil yang ditunjukkan oleh uji lapangan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan tes kemampuan membedakan desain gerak tari diperoleh menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membedakan desain gerak tari sebelum dan sesudah diterapkan Media pembelajaran sehingga media pembelajaran valid digunakan dalam pembelajaran Koreografi Dasar dan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membedakan desain gerak tari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agrarian dkk. 2015. Pembuatan Aplikasi Mobile GIS Berbasis Android Untuk Informasi Pariwisata di Kabupaten Gunungkidul. Program Studi Teknik Geodesi. Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro: Semarang

Agung, Wahyu. 2010. Panduan SPSS 17.0 Untuk Mengolah Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Garailmu.

Alma M. Hawkins, 1990. Creating Through Dance. Trjm. Y. Sumandiyo Hadi. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia.

Aqib, Z & Murtadlo,A. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Ariani, N & Haryanto, D. 2010. Pembelajraan Multimedia Di Sekolah Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif dan Prospektif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Borg, Walter R & Gall Meredith D. 1983. Educational Research and Information. New York: Longman Inc.

Buyens, Jim. 2001. Aplikasi Mobile. Informatika: Bandung

Darmawan, Deni. 2022. Mobile Learning: Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Daryanto, 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Djelantik, A.A.M. 1999. Estetika Sebuah Pengantar. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia

E. Mayer, dkk. 2020. Five Ways To Increase The E"Ectiveness Of Instructional Video. Journal Association for Educational Communications and Technology. Mayer2020_Article_FiveWaysToIncreaseTheEffective.pdf Diunduh pada 27 Juni 2022

Eka Udiyana, I Gede & I Gede Mahendra Darmawiguna, dkk. (2015). Pengembangan Aplikasi Gamelan Angklung Bali Berbasis Android.

Gagne dan Briggs. 1975. Pengertian Pembelajaran. New York: Expanded Edition

H Safaat, Nazruddin. (2015). Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet Pc Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Hamdayana, J. (2016). Metodologi pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Harjanto. 2008. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ilmiyah, Sumbawati. 2019. Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal Information Engineering and Educational Technology. sumber 6.pdf. Diunduh pada 27 Juni 2022

Iriaji. 2011. Konsep dan Strategi Pembelajaran Seni Budaya. Malang: Cakrawala Indonesia

Jacqueline Smith. 1985. Komposisi Sebuah Petunjuk Praktis Bagi Guru. Trjm. Ben Suharto. Yogyakarta:Ikalasti.

Jayalath, Esichaikul. 2020. Gamification to Enhance Motivation and Engagement in Blended eLearning for Technical and Vocational Education and Training. Journal Asian Institute of Technology, Pathumthani, Thailand. Jayalath-Esichaikul2020_Article_GamificationToEnhanceMotivatio.pdf Diunduh pada 27 Juni 2022

Karmapati. 4(4), 1-9. H, Nazruddin Safaat. 2012. Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung.

La Meri, 1975. Dance Komposition The Basis Elements. Trjm. Soedarsono. Yogyakarta:Akademi Seni Tari Indonesia.

Larasanti, Prihatnani. 2021. Pembelajaran Daring dengan Model Kolaboratif 3CM dan Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas. Jurnal Universitas Kristen Satya Wacana. sumber 10.pdf Diunduh pada 27 Juni 2022

Lois Ellfeldt . 1977. A Primer For Choreografers. Trjm. Sal Murgiyanto. Jakarta: Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta.

Mariyah,dkk. 2021. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual : Studi Eksperimen Dalam Pembelajaran Tari Increasing Student Motivation Through the Use of Audio Visual Media: Experimental Study in Dance Learning. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS). sumber 3.pdf Diunduh pada 27 Juni 2022

Mudiasih, dkk. 2021. Pembelajaran Proses Mencipta Tari Bagi Guru Mgmp Seni Budaya Di Tingkat Sma Di Kota Denpasar Learning The Process Of Creating Dance For Mgmp Teachers Cultural Arts At High School Level In Denpasar City. TANDIK: JURNAL SENI DAN PENDIDIKAN SENI Volume 1 Nomor 2. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/tandik Diunduh pada 27 Juni 2022

Purnama Asri. 2019. Pemanfaatan Smartphone Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Koreografi Dan Komposisi Tari I. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan. sumber 4.pdf Diunduh pada 27 Juni 2022

Rahma, Salawati. 2021. Perancangan Bahan Ajar Berbasis Body Movement Untuk Meningkatkan Kecerdasan Tubuh Pada Pembelajaran Olah Tubuh I Mahasiswa Prodi Seni Tari FSD UNM. Journal Universitas Negeri Makassar ISBN: 978-623-387-014-6. sumber 1.pdf Diunduh pada 27 Juni 2022

Rahma. 2020. Perancangan Buku Ajar Mata Kuliah Koreografi Bagi Mahasiswa Prodi Seni Tari Fsd Unm (Dengan Pendekatan Personal Front). CARADDE: Conference of Arts, Art Educations and Design Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. sumber 5.pdf. Diunduh pada 27 Juni 2022

Robby Hidayat. 2011. Koreografi & Kreastivitas. Yogyakarta: Kendil Media Pustaka Seni Indonesia.

Suhaeri, dkk. 2019. Edmodo Based e-Learning Development on Science Lesson in 7th Grade. Journal University of PGRI Adi Buana, Surabaya State University, University of PGRI Adi Buana. sumber 8.pdf Diunduh pada 27 Juni 2022

Sumandiyo Hadi,Y. 1996. Aspek-aspek Dasar Koreografo Kelompok. Yogyakarta: Manthili.

Tabrani,Primadi. 2000. Proses Kreasi, apresiasi, belajar. Bandung: ITB.

Wiratama. 2020. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Quick on The Draw. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha. sumber 7.pdf Diunduh pada 27 Juni 2022

Downloads

Published

2024-03-09

How to Cite

Tarazanny, N., Sukrawarpala, I., & Tegeh, I. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning pada Mata Kuliah Koreografi Dasar bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan Isi Denpasar. Journal of Education Research, 5(1), 746–756. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.869

Issue

Section

Articles

Citation Check