Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning pada Mata Kuliah Koreografi Dasar bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan Isi Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.869Keywords:
Media Pembelajaran,, Koreografi Dasar, Berbasis Mobile LearningAbstract
Pendidikan seni adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan agar menguasai kemampuan berkesenian sesuai dengan peran yang harus dimainkannya. Media pembelajaran koreografi dasar ini menjawab kebutuhan media pembelajaran serta sebagai upaya daya saing di tengah era revolusi industri empat titik nol. Adanya terobosan yang inovatif sebagai bentuk strategi dalam menarik minat masyarakat khususnya generasi muda untuk tetap belajar dan mengembangkan pengetahuannya menata tari dengan baik melalui pemahaman elemen koreografi dasar. Alasan penggunaan android dalam pembuatan media pembelajaran koreografi dasar ini karena pengguna android lebih banyak dibandingkan IOS. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengembangkan media mobile learning pada mata kuliah koreografi dasar tersebut untuk meningkatkan kapasitas pendidikan seni khususnya seni tari dengan sentuhan perkembangan teknologi serta menambah media pendukung pembelajaran berupa bahan ajar berbentuk audio visual. Penelitian ini berpendekatan penelitian pengembangan research and development mengadaptasi tahapan pengembangan Borg and Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan kuisioner. Pelaksanaan uji lapangan menggunakan desain penelitian dengan pretest posttest yaitu tanpa menggunakan kelompok kontrol atau pembanding sehingga pada penelitian ini menggunakan kelompok yang sama. Pada desain penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest posttest design. Hasil penelitian dapat diuraikan; Hasil validasi ahli mata kuliah koreogrfai dasar memperoleh kualifikasi sangat baik, hasil validasi ahli desain pembelajaran memberikan kualifikasi sangat baik, dan hasil validasi ahli media pembelajaran kualifikasi baik; Hasil uji coba perorangan menunjukkan bahwa media memperoleh kualifikasi sangat baik, hasil tanggapan pada kelompok kecil kategori sangat baik dan hasil yang ditunjukkan oleh uji lapangan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan tes kemampuan membedakan desain gerak tari diperoleh menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membedakan desain gerak tari sebelum dan sesudah diterapkan Media pembelajaran sehingga media pembelajaran valid digunakan dalam pembelajaran Koreografi Dasar dan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membedakan desain gerak tari.
Downloads
References
Agrarian dkk. 2015. Pembuatan Aplikasi Mobile GIS Berbasis Android Untuk Informasi Pariwisata di Kabupaten Gunungkidul. Program Studi Teknik Geodesi. Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro: Semarang
Agung, Wahyu. 2010. Panduan SPSS 17.0 Untuk Mengolah Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Garailmu.
Alma M. Hawkins, 1990. Creating Through Dance. Trjm. Y. Sumandiyo Hadi. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia.
Aqib, Z & Murtadlo,A. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Ariani, N & Haryanto, D. 2010. Pembelajraan Multimedia Di Sekolah Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif dan Prospektif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Borg, Walter R & Gall Meredith D. 1983. Educational Research and Information. New York: Longman Inc.
Buyens, Jim. 2001. Aplikasi Mobile. Informatika: Bandung
Darmawan, Deni. 2022. Mobile Learning: Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.
Daryanto, 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Djelantik, A.A.M. 1999. Estetika Sebuah Pengantar. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia
E. Mayer, dkk. 2020. Five Ways To Increase The E"Ectiveness Of Instructional Video. Journal Association for Educational Communications and Technology. Mayer2020_Article_FiveWaysToIncreaseTheEffective.pdf Diunduh pada 27 Juni 2022
Eka Udiyana, I Gede & I Gede Mahendra Darmawiguna, dkk. (2015). Pengembangan Aplikasi Gamelan Angklung Bali Berbasis Android.
Gagne dan Briggs. 1975. Pengertian Pembelajaran. New York: Expanded Edition
H Safaat, Nazruddin. (2015). Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet Pc Berbasis Android. Bandung: Informatika.
Hamdayana, J. (2016). Metodologi pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Harjanto. 2008. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ilmiyah, Sumbawati. 2019. Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal Information Engineering and Educational Technology. sumber 6.pdf. Diunduh pada 27 Juni 2022
Iriaji. 2011. Konsep dan Strategi Pembelajaran Seni Budaya. Malang: Cakrawala Indonesia
Jacqueline Smith. 1985. Komposisi Sebuah Petunjuk Praktis Bagi Guru. Trjm. Ben Suharto. Yogyakarta:Ikalasti.
Jayalath, Esichaikul. 2020. Gamification to Enhance Motivation and Engagement in Blended eLearning for Technical and Vocational Education and Training. Journal Asian Institute of Technology, Pathumthani, Thailand. Jayalath-Esichaikul2020_Article_GamificationToEnhanceMotivatio.pdf Diunduh pada 27 Juni 2022
Karmapati. 4(4), 1-9. H, Nazruddin Safaat. 2012. Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung.
La Meri, 1975. Dance Komposition The Basis Elements. Trjm. Soedarsono. Yogyakarta:Akademi Seni Tari Indonesia.
Larasanti, Prihatnani. 2021. Pembelajaran Daring dengan Model Kolaboratif 3CM dan Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas. Jurnal Universitas Kristen Satya Wacana. sumber 10.pdf Diunduh pada 27 Juni 2022
Lois Ellfeldt . 1977. A Primer For Choreografers. Trjm. Sal Murgiyanto. Jakarta: Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta.
Mariyah,dkk. 2021. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual : Studi Eksperimen Dalam Pembelajaran Tari Increasing Student Motivation Through the Use of Audio Visual Media: Experimental Study in Dance Learning. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS). sumber 3.pdf Diunduh pada 27 Juni 2022
Mudiasih, dkk. 2021. Pembelajaran Proses Mencipta Tari Bagi Guru Mgmp Seni Budaya Di Tingkat Sma Di Kota Denpasar Learning The Process Of Creating Dance For Mgmp Teachers Cultural Arts At High School Level In Denpasar City. TANDIK: JURNAL SENI DAN PENDIDIKAN SENI Volume 1 Nomor 2. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/tandik Diunduh pada 27 Juni 2022
Purnama Asri. 2019. Pemanfaatan Smartphone Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Koreografi Dan Komposisi Tari I. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan. sumber 4.pdf Diunduh pada 27 Juni 2022
Rahma, Salawati. 2021. Perancangan Bahan Ajar Berbasis Body Movement Untuk Meningkatkan Kecerdasan Tubuh Pada Pembelajaran Olah Tubuh I Mahasiswa Prodi Seni Tari FSD UNM. Journal Universitas Negeri Makassar ISBN: 978-623-387-014-6. sumber 1.pdf Diunduh pada 27 Juni 2022
Rahma. 2020. Perancangan Buku Ajar Mata Kuliah Koreografi Bagi Mahasiswa Prodi Seni Tari Fsd Unm (Dengan Pendekatan Personal Front). CARADDE: Conference of Arts, Art Educations and Design Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. sumber 5.pdf. Diunduh pada 27 Juni 2022
Robby Hidayat. 2011. Koreografi & Kreastivitas. Yogyakarta: Kendil Media Pustaka Seni Indonesia.
Suhaeri, dkk. 2019. Edmodo Based e-Learning Development on Science Lesson in 7th Grade. Journal University of PGRI Adi Buana, Surabaya State University, University of PGRI Adi Buana. sumber 8.pdf Diunduh pada 27 Juni 2022
Sumandiyo Hadi,Y. 1996. Aspek-aspek Dasar Koreografo Kelompok. Yogyakarta: Manthili.
Tabrani,Primadi. 2000. Proses Kreasi, apresiasi, belajar. Bandung: ITB.
Wiratama. 2020. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Quick on The Draw. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha. sumber 7.pdf Diunduh pada 27 Juni 2022
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ni.M.D. Tarazanny, I.W. Sukrawarpala, I.M. Tegeh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).