Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Animasi Nussa dan Rara Serta Relevansinya terhadap Pendidikan Anak
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.860Keywords:
Pendidikan Akhlak, Film Nussa dan Rara, Pendidikan AnakAbstract
Salah satu problematika dalam dunia pendidikan kita adalah, munculnya film-film yang tidak mengedukasi bagi anak-anak, hal itu merupakan konsekuensi dari perkembangan teknologi di masa sekarang ini. Tujuan dari Penelitian ini adalah, untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam film animasi Nussa dan Rara serta relevansinya terhadap nilai-nilai pendidikan anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan melakukan analisis is dan studi kepustakaan. Penelitian ini fokus pada Channel Youtube Little Giantz film Animasi Nussa dan Rara dari season dua dan tiga. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan Akhlak dalam film animasi Nussa dan Rara dan memiliki relevansi dengan nilai-nilai Pendidikan Anak. Nilai akhlak religius tersebut mengajarkan sikap jujur, toleransi, dan peduli sosial relevan dengan nilai-nilai ajaran islam. Sehingga dalam film animasi Nussa dan Rara menjadikan tontonan yang beredukatif khususnya untuk kalangan anak-anak
Downloads
References
Ainul, A., & Budi, P. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing. Universitas Negeri Surabaya, 10.
Alfian, M. S. (2020). Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Film Animasi Nussa dan Rara Karya Aditya Triantoro Episode 11-20. Jurnal Teknologi Informasi, 4(2). https://doi.org/10.36294/jurti.v4i2.1845
Asri, R. (2020). Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI).” Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 74. https://doi.org/10.36722/jaiss.v1i2.462
Bening, T. P. (2022). Relevansi Film Animasi Nussa terhadap Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini. Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 01(01).
Demillah, A. (2019). Peran Film Animasi Nussa dan Rara Dalam Meningkatkan Pemahaman Tentang Ajaran Islam Pada Pelajar SD. Jurnal Interaksi, 3.
Fadhilah, N., & Deswalantri, D. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 11-13: Kajian Tafsir Al-Azhar Karya Hamka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13525–13534. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4468
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Hasan, S. (2023). Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Animasi Nussa dan Rara Sholeh Hasan Lilik Hidayati Pendahuluan Pendidikan merupakan kebutuhan bagi setiap orang , karena latihan akan. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara, 02, 74–93.
Ikhwantoro, M. E., Jalil, A., & Faisol, A. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Animasi Nussa Dan Rara Karya Aditya Triantoro. Vicratina Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 65–71.
Iryanti, S. S., & Fitriliza, F. (2019). Implementasi Metode Kritik Intrinsik Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 53–64. https://doi.org/10.22236/jpi.v10i1.3453
Malik, A. (2005). Akhlaqul Karimah. In Penelitia Sosial Keagamaan (Vol. 20, Issue 2).
Nadialista Kurniawan, R. A. (2021). Relevansi Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Pada Serial Kartun Animasi Nussa dan Rarra. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699.
Sri Anjani. (2018). Dalam Skripsi Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Menurut Buya Hamka dalam Buku Falsafah Hidup. 34.
Yuni Prastiwi Ningsih. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Animasi Nussa-Rarra Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam Anak Usia Sd/Mi. Skripsi, 164.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Diana Eka Widya Sari, Muhammad Abdullah Darraz

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).