Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Animasi Nussa dan Rara Serta Relevansinya terhadap Pendidikan Anak

Authors

  • Diana Eka Widya Sari Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta, Indonesia
  • Muhammad Abdullah Darraz Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.860

Keywords:

Pendidikan Akhlak, Film Nussa dan Rara, Pendidikan Anak

Abstract

Salah satu problematika dalam dunia pendidikan kita adalah, munculnya film-film yang tidak mengedukasi bagi anak-anak, hal itu merupakan konsekuensi dari perkembangan teknologi di masa sekarang ini. Tujuan dari Penelitian ini adalah, untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam film animasi Nussa dan Rara serta relevansinya terhadap nilai-nilai pendidikan anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan melakukan analisis is dan studi kepustakaan. Penelitian ini fokus pada Channel Youtube Little Giantz film Animasi Nussa dan Rara dari season dua dan tiga. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan Akhlak dalam film animasi Nussa dan Rara dan memiliki relevansi dengan nilai-nilai Pendidikan Anak. Nilai akhlak religius tersebut mengajarkan sikap jujur, toleransi, dan peduli sosial relevan dengan nilai-nilai ajaran islam. Sehingga dalam film animasi Nussa dan Rara menjadikan tontonan yang beredukatif khususnya untuk kalangan anak-anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainul, A., & Budi, P. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing. Universitas Negeri Surabaya, 10.

Alfian, M. S. (2020). Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Film Animasi Nussa dan Rara Karya Aditya Triantoro Episode 11-20. Jurnal Teknologi Informasi, 4(2). https://doi.org/10.36294/jurti.v4i2.1845

Asri, R. (2020). Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI).” Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 74. https://doi.org/10.36722/jaiss.v1i2.462

Bening, T. P. (2022). Relevansi Film Animasi Nussa terhadap Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini. Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 01(01).

Demillah, A. (2019). Peran Film Animasi Nussa dan Rara Dalam Meningkatkan Pemahaman Tentang Ajaran Islam Pada Pelajar SD. Jurnal Interaksi, 3.

Fadhilah, N., & Deswalantri, D. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 11-13: Kajian Tafsir Al-Azhar Karya Hamka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13525–13534. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4468

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Hasan, S. (2023). Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Animasi Nussa dan Rara Sholeh Hasan Lilik Hidayati Pendahuluan Pendidikan merupakan kebutuhan bagi setiap orang , karena latihan akan. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara, 02, 74–93.

Ikhwantoro, M. E., Jalil, A., & Faisol, A. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Animasi Nussa Dan Rara Karya Aditya Triantoro. Vicratina Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 65–71.

Iryanti, S. S., & Fitriliza, F. (2019). Implementasi Metode Kritik Intrinsik Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 53–64. https://doi.org/10.22236/jpi.v10i1.3453

Malik, A. (2005). Akhlaqul Karimah. In Penelitia Sosial Keagamaan (Vol. 20, Issue 2).

Nadialista Kurniawan, R. A. (2021). Relevansi Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Pada Serial Kartun Animasi Nussa dan Rarra. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699.

Sri Anjani. (2018). Dalam Skripsi Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Menurut Buya Hamka dalam Buku Falsafah Hidup. 34.

Yuni Prastiwi Ningsih. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Animasi Nussa-Rarra Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam Anak Usia Sd/Mi. Skripsi, 164.

Downloads

Published

2024-02-17

How to Cite

Sari, D. E. W., & Darraz, M. A. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Animasi Nussa dan Rara Serta Relevansinya terhadap Pendidikan Anak. Journal of Education Research, 5(1), 537–544. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.860

Issue

Section

Articles

Citation Check