Sikap Ilmiah Mahasiswa dalam Melakukan Penelitian: Investigasi pada Tugas Akhir

Authors

  • Lusi Marleni Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • M Zaim Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Harris Effendi Thahar Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.814

Keywords:

Sikap Ilmiah, Sarjana, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD), Penelitian, Tugas Akhir

Abstract

Penelitian skripsi merupakan tahapan penting dalam perjalanan akademik seorang mahasiswa yang menuntut integritas, ketekunan, dan keterampilan analitik yang tinggi. Salah satu aspek kunci yang mendefinisikan kualitas penelitian adalah sikap ilmiah yang diterapkan oleh peneliti. Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk menguraikan sikap ilmiah mahasiswa dalam penelitian skripsi dengan menyoroti pemahaman metodologi, objektivitas, kejujuran, kritisisme, dan terbuka untuk kritik di Prodi S1 PGPAUD Universitas Pahlawan tahun dua ribu dua puluh tiga. Melalui eksplorasi mendalam terhadap sikap ilmiah mahasiswa dalam melakukan penelitian sebagai tugas akhir, hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pemahaman metodologi yang dimiliki mahasiswa lebih banyak pada level sedang yaitu delapan puluh lima persen, dan mahasiswa menunjukkan sikap ilmiah kritis tujuh puluh tiga persen walaupun hanya enam puluh lima persen dari mahasiswa tersebut terbuka untuk dikritik. Selain itu delapan puluh tujuh persen mahasiswa telah transparan dan menghormati hasil penelitian orang lain. Sikap jujur dan objektif telah teridentifikasi sebanyak tujuh puluh tiga persen dan tujuh puluh lima persen. Dalam hal ini, mahasiswa telah menunjukkan sikap ilmiah yang positif dalam melakukan penelitian skrips sebagai tugas akhir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adewumi, I. B., & Ade-Ibijola, A. (2023). Syntactic Generation of Research Thesis Sketches Across Disciplines Using Formal Grammars. Journal of Information Systems and Informatics, 5(2), 696–718. https://doi.org/10.51519/journalisi.v5i2.470

Agricola, B. T., Prins, F. J., van der Schaaf, M. F., & van Tartwijk, J. (2018). Teachers’ diagnosis of students’ research skills during the mentoring of the undergraduate thesis. Mentoring and Tutoring: Partnership in Learning, 26(5), 542–562. https://doi.org/10.1080/13611267.2018.1561015

Anderson, M. J. (2020). The Scientific Research Method as a Learning Tool in Higher Education. Embry-Riddle Aeronautical University.

Andrew, M., & Guess, A. M. (2021). Quantitative description of digital media : a modest proposal to disrupt academic publishing Quantitative Description of Digital Media : A Modest Proposal to Disrupt Academic Publishing Penn State University , USA Princeton University , USA University of . 1–13.

Doller, D., & Wes, P. (2020). Quality of Research Tools. Handbook of Experimental Pharmacology, 257, 119–145. https://doi.org/10.1007/164_2019_281

Evans, T. R., Pownall, M., Collins, E., Henderson, E. L., Pickering, J. S., Mahony, A. O., Zaneva, M., Jaquiery, M., & Dumbalska, T. (2022). A network of change : united action on research integrity. BMC Research Notes, 1–7. https://doi.org/10.1186/s13104-022-06026-y

Genareo, V. R., Fornelli, R. O., & Fornelli, J. R. (2014). Experiences and Recommendations for Collaborating on Master’s of Education Thesis Research. Literacy Information and Computer Education Journal, Special 3(1), 1798–1806. https://doi.org/10.20533/licej.2040.2589.2014.0239

Goddanti, N., Reddy, D. D., & Reddy, L. S. (2022). Contemporary Understanding of Ethics in Clinical Research and Publication in India. 30(2).

Griffioen, D. M. E., Groen, A., & Nak, J. (2019). The Integration of Research in the Higher Education Curriculum: A Systematic Review. The Higher Education Journal of Learning and Teaching, 10(1), 1–17. https://doi.org/10.24384/vhs6-1j85

HK, S., Deepali, A., Bs, K., & Sh, M. (2017). A cross sectional study on attitude , knowledge and barriers towards research among medical post graduate students. 4(1), 422–426. https://doi.org/10.18231/2394-2126.2017.0107

Kozok, U. (2023). Editorial Article Artikel Editorial Improving Integrity in Research and Higher Education : An Indonesian Perspective [ Meningkatkan Integritas Dalam Riset dan Pendidikan Tinggi : Sebuah Perspektif Indonesia ]. 38(1), 15–23.

Macdougall, M. (2021). Ten tips for statistical educators in response to a constructive review of the book How to Analyze Data How to Analyze Data. 18(2).

Sawicka-gutaj, N., & Mostowska, A. (2022). Publication ethics of human studies in the light of the Declaration of Helsinki – a mini-review. 91(2), 81–85. https://doi.org/10.20883/medical.e700

Shi, P. (2020). Research on Teaching Method of Data Analysis Based on Statistical Regression. Icatpe, 896–899. https://doi.org/10.25236/icatpe.2020.188

Singh, V. K., Singh, A. K., & Giri, A. (2016). A study of the relationship between scientific attitude and academic achievement of rural area ’ s intermediate college girls ( science stream only ). 2(4), 46–49.

Stegniy, V. N., & Kurbatova, L. N. (2013). Attitude of Teachers and Students to Scientific and Research Activity. 16(12), 1704–1708. https://doi.org/10.5829/idosi.mejsr.2013.16.12.12100

Steltenpohl, C., Lustick, H., Meyer, M. S., Lee, L. E., Stegenga, S. M., Reyes, L. S., & Renbarger, R. L. (2023). Rethinking Transparency and Rigor from a Qualitative Open Science Perspective. 5. https://doi.org/10.36850/mr7

Wacharamanotham, C., Yang, F., Pu, X., Sarma, A., & Padilla, L. (2022). Transparent Practices for Qantitative Empirical Research.

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Marleni, L., Zaim, M., & Thahar, H. E. (2024). Sikap Ilmiah Mahasiswa dalam Melakukan Penelitian: Investigasi pada Tugas Akhir. Journal of Education Research, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.814

Issue

Section

Articles

Citation Check