Pengembangan Video Pembelajaran untuk Melatih Kompetensi Profesional Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.797Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan video pembelajaran untuk melatihkan kompetensi profesional pada mahasiswa PPG. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model empat D yang diusulkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Hanya saja, penelitian ini akan dibatasi pada pada tahap define, design dan develop saja. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli dan lembar respon mahasiswa. Data yang diperoleh dari para ahli digunakan untuk mendeskripsikan validitas video pembelajaran yang dikembangkan menggunakan rumus indeks validitas Aiken. Selanjutnya, video pembelajaran akan diujicobakan secara terbatas kepada mahasiswa untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap video pembelajaran yang dikembangkan. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan valid menurut pendapat para ahli.
Downloads
References
Agustini, K., & Ngarti, G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1).
Alifa, T.F., Ramalis, T.R., & Purwana, U. (2018). Karakteristik Tes Penalaran Ilmiah siswa SMA Materi Mekanika Berdasarkan Analisis Tes Teori Respon Butir. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(2).
Andreas, L.O & Yuwalitas G. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Mekanika Tanah dan Teknik Pondasi Berbasis Video Tutorial. Jurnal Of Civil Engineering And Vocational Education, 5(4).
Balqis, P., Usman, N., & Ibrahim, S. (2014). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Smpn 3 Ingin Jaya kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 2(1).
Daud, A., Novitri, & Hardian, M. (2021). Guru Profesional dan Pendidikan Profesi Guru. UR Press.
Daud, Y. M. (2022). Tinjauan Kompetensi Kepribadian Pendidik (Suatu Kajian Teoritik). Jurnal Intelektualita Prodi MPI, 11(1).
Erni & Farihah. (2021). Pengembangan Media Video Tutorial Pada Mata Kuliah Teknologi Menjahitdalam Mendukung Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 18(1).
Febliza, Asyti, dkk. (2021). Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Video Kontekstual sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Basicedu, 5(3).
Gokce, A. T. (2021). Core Values in Education from the Perspective of Future Educators. SAGE Open Journal, April-June, 1–14.
Hasnawati. (2014). Kompetensi Guru Dalam Persfektif Perundang – Undangan. PT Raja Grafindo Persada.
Huda, M. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi pada Mata Pelajaran PAI). Jurnal Penelitian, 11(2).
Munawir, Salsabila, Z.P., & Nisa, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12.
Notanubun, Z. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru Di Era Digital (Abad 21). Jurnal Konseling Dan Terapan, 3(1).
Nurainun, Dhessy & Sahrul S. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Semikonduktor Fotokatalis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(3).
Nurwahidah, C.D. Zaharah, & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr, 17(1).
Pamungkas, W.A.D., & Koeswanti, H. . (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346–354.
Parlindungan, D.P., Mahardika, G.P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.
Prayitno, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru MA An-Nur Setupatok Kabupaten Cirebon. Jurnal Manajemen Pendidikan Jurnal Eduvis, 1(1).
Ramaliya. (2018). Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran. Bidayah: Studi Ilimu-Ilmu Keislaman, 9(1).
Rokhmaniyah & Kartika. (2016). Lesson Study Pengembangan Bahan Pembelajaran Berbasis Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Kebumen. Premier Educandum, 6 (2), 162-173.
Santina, D. P. & S. (2017). Pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran kelas X administrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Subang. JURNAL Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 113–123.
Sri Lestari. (2014). Pengembangan Video Tutorial untuk Peningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Paud. Jurnal Teknodik, 18(3).
Sumargiyani, dkk. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Kalkulus untuk Memahamkan Konsep. Jurnal Derivat, 8(2).
Suryansyah, T. & S. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 209–221.
Thiagarajan, S., Semmel, S. D., & Semmel, M. L. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Indiana University.
Viberg, O., Gronlund, A., & Andersson, A. (2023). Integrating Digital Technology in Mathematics Education. A Swedish Case Study. Interactive Learning Environments, 31(1), 232–243.
Zulfitri, H., Setiawati, N.P., & I. (2019). Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. Lingua, Jurnal Bahasa & Sastra, 19(2).
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Anik Kirana, Suhartono Suhartono, Meilantifa Meilantifa, Rizky Tri Azari, Prasetyo Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).