Pendekatan Sistem Pengadministrasian di YPI Bidayatul Hidayah 2
Pendekatan Sistem Pengadministrasian di YPI Bidayatul Hidayah 2
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.776Keywords:
Administration, Pendidikan, Belajar MengajarAbstract
Administrasi pendidikan adalah penerapan ilmu administrasi dalam kegiatan pembinaan, pengembangan, dan pengendalian usaha-usaha pendidikan yang diselenggarakan dalam bentuk kerjasama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap aspek-aspek yang relevan dalam konteks YPI Bidayatul Hidayah dua. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar mengajar di YPI Bidayatul Hidayah dua telah dilaksanakan dengan baik. Namun, terdapat kekurangan personil proporsional untuk sekolah dan kecenderungan aktivitas administrasi pendidikan diambil alih oleh kepala sekolah. Oleh karena itu, perbaikan kurikulum dan pengelolaan administrasi pendidikan yang baik diperlukan untuk meningkatkan mutu pendidikan.Dalam pelaksanaan administrasi pendidikan, terdapat beberapa fungsi yang perlu diperhatikan. Fungsi pengarahan melibatkan penjelasan. Fungsi penggerakan melibatkan kemampuan manajer untuk menggerakkan tenaga pendidik, kependidikan. Fungsi pengorganisasian melibatkan pembagian tugas-tugas pada orang yang. Fungsi pendanaan atau anggaran melibatkan pengalokasian sumber daya. Fungsi pengawasan melibatkan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas dan kegiatan dalam organisasi.
Downloads
References
Asnawir. (2005). Administrasi Pendidikan. Bandung: IAIN IB Press.
H.Ngusmanto. (2015) Pemikiran Paktik & Administrasi Pembangunan, Mitra Wacana Media, Jakarta.
Inu kencana syafie. (2003), Sistem Administrasi Negara, Bumi Aksara, Jakarta.
Jogiyanto, HM. (2001) Analisis & Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Edisi 2. ANDI, Yogyakarta.
Kristanto, Andri. (2003) Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Edisi I. Yogyakarta : Penerbit Gava.
McLeod, (2004) Raymond dan Schell, George.Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: PT INDEKS
Megasari. (2020). Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMPN 5 Bukit Tinggi. Bahana Manajemen Pendidkan.
Mohamad Muspawi; Hafizahtul Robi’ah. (2020), Realisasi Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah dalam Peningkatan Pelayanan, Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, Vol 4 No 3 Juli.
Muliati P, Hasan Basri, Hasbullah, Jamaluddin Majid. (2023), Strategi Pengelolaan Administrasi Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di SD Inpres 12/79 TA Kabupaten Bone JURNAL MAPPESONA, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam IAIN Bone, Vol. 6, No. 1, Februari .
Philipus M.Hadjon. (1993). Pengantar Hukum Administrasi Indonesia, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Ridwan HR. (2007) Hukum Administrasi Negara, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Siahaan, A. (2012). Administrasi Satuan Pendidikan (Pendekatan Sistemik dalam Pengelolaan Pendidikan untuk Meningkatkan Efektivitas Pencapaian Tujuan Pada Satuan Pendidikan). Medan: Perdana Publishing.
Soesilo Zauhar. (1990) Pengantar Ilmu Administrasi Negara, PPIIS Unibraw, Malang,
Ushansyah Ittihad (2017), Pentingnya Administrasi Sekolah Untuk Kemajuan Pendidikan, Jurnal Kopertais Wilayah Xi Kalimantan Volume 15 No.27 April.
Wahyono, Teguh. (2004). Sistem Informasi : Konsep Dasar, Analisis dan Implementasi. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Wirwan syafri. (2012) Studi Tentang Administrasi Publik, Erlangga, Jakarta, hlm 3.
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, Volume2, Nomor(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641
Yustina Tri Lestari. (2015) Implementasi Administrasi Sekolah Dasar Negeri Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 2, Maret, Hlm. 282-293.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Makmur Syukri, Rabbirham Rabbirham, Siti Aisyah, Raudatun Annisa, Abdul Halim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).