Need Analisys: Pengembangan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.597Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan pengembangan model pembelajaran learning Cycle lima E engage, explore, explain, extend atau elaborate, dan evaluate. Pengembangan model pembelajaran learning Cycle 5E tersebut digunakan sebagai strategi meningkatkan kemampuan HOTS Mahasiswa di Program studi Pendidikan Anak Usia Dini atau PGPAUD FKIP Universitas Jambi. Analisis kebutuhan melalui lima tahapan yaitu: yaitu Front-end analysis, Learner analysis, Task analysis, Concept analysis dan Specifying instructional objectives. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan informan mahasiswa yang ada di lingkungan prodi PG PAUD Universitas Jambi. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dan angket terbuka. Analisis Data yang digunakan adalah teknik analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Untuk menguji tingkat kebenaran data digunakan teknik keabsahan data yaitu validitas internal validitas eksternal reliabilitas, dan obyektivitas. Hasil penelitian merekomendasi hasil bahwa mahasiswa membutuhkan suatu model pembelajaran untuk dapat meingkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi melalui pengembangan model pembelajaran learning cycle lima e.
Downloads
References
Agustina, E. (2016). Analisis Kesesuaian Materi Kuliah Dengan Materi Praktikum Biologi Bidang Tumbuhan Pada Program Studi Pendidikan BiologiUIN Ar-Raniry. Jurnal Biotik, 4(2), 156–162.
Budiarta, K., Harahap, M. H., Faisal, & Mailani, E. (2018). Potret Implementasi Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Dasar Kota Medan. Jurnal Pembangunan Perkotaan, 6(2), 102–111.
Cahyawardani, P. D. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Evaluasi Capaian Pembelajaran Lulusan Jurusan Informatika FTI UII. Automata, 1(1).
Chinedu, C. C., Olabiyi, O. S., & Kamin, Y. B. (2015). Strategies for improving higher order thinking skills in teaching and learning of design and technology education. Journal of technical education and training, 7(2).
Daryanto & Muljo R. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Dinni, H. N. (2018, February). HOTS (High Order Think¬ing Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 170-176).
Dosinaeng, W. B. N., Leton, S. I., & Lakapu, M. (2019). Kemampuan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Berorientasi HOTS. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 250-264.
Gani, T., Auliah, A., & Faika, S. (2011). Penguasaan Pengetahuan Deklaratif dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(12), 1-9.
Gradini, E., Firmansyah, F., & Noviani, J. (2018). Menakar kemampuan berpikir tingkat tinggi calon guru matematika melalui level HOTS Marzano. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 7(2), 41-48.
Hastuti, K., Susanti, H., & Erfando, T. (2022). Evaluasi Kebijakan Program MBKM dalam Meningkatkan Capaian Pembelajaran Lulusan Perguruan Tinggi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7445-7454.
Harahap, Y., Makhdalena, M., & Zulkarnain, Z. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan akademik dan sarana prasarana pendidikan terhadap kepuasan mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (fkip) universitas riau. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 7(1), 116-128.
Kurniawan, M. A., Miftahillah, A., & Nasihah, N. M. (2018). Pembelajaran berbasis student-centered learning di perguruan tinggi: suatu tinjauan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21(1), 1-11.
Kurniason, H. T. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa dalam Mata Kuliah Statistik. Journal on Education, 4(4), 1893-1898.
Imran, A., Amini, R., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Model Learning Cycle 5E di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 343-349.
Imran, A., Amini, R., & Aliasar, A. (2019, December). The development of Science learning module use the Learning Cycle 5E for Elementary School student. In International Conference on Education, Social Sciences and Humanities (pp. 122-126). RedWhite Press.
Latifa, B. R. A., Verawati, N. N. S. P., & Harjono, A. (2017). Pengaruh model learning cycle 5E (engage, explore, explain, elaboration, & evaluate) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X man 1 mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 61-67.
Lubis, R. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 199-209.
Medriati, R., & Risdianto, E. (2020). Penerapan pendekatan student centered learning (SCL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan komunikatif mahasiswa pendidikan fisika semester III universitas Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1 April), 67-74.
Mustofa, R. F. (2018). Pengaruh pembelajaran learning cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 51-58.
Noor, A. M. 2009. Pedagogical Issues in integrating Thinking Skills in The Classroom. International Journal for Education Studies, 2(1): 55-68.
Nurhayati, N., & Angraeni, L. (2017). Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa (higher order thinking) dalam menyelesaikan soal konsep optika melalui model problem based learning. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 119-126.
Sari, S. P., Siregar, E. F. S., & Lubis, B. S. (2021). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Model Flipped Learning untuk Meningkatkan 6C For HOTS Mahasiswa PGSD UMSU. Jurnal Basicedu, 5(5), 3460-3471.
Saenab, S., Yunus, S. R., & Husain, H. (2019). Pengaruh penggunaan Model Project Based Learning terhadap keterampilan kolaborasi mahasiswa pendidikan IPA. Biosel: Biology Science and Education, 8(1), 29-41.
Prayogi, S., Hidayat, S., & Armansyah. (2013). Implementasi Model Pembelajaran 5E untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Lensa Kependidikan Fisika,1(1),37-42
Putra, F., Nur Kholifah, I. Y., Subali, B., & Rusilowati, A. (2018). 5E-Learning Cycle Strategy: Increasing Conceptual Understanding and Learning Motivation. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i2.2898
Rasagama, I. G. (2011). Pengembangan Program Perkuliahan Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis dan Mengkreasi Mahasiswa Teknik Konversi Energi Politeknik (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Rahmawati, A. Y., & Puspitaningsih, F. (2021). Pengaruh Ketersediaan Sumber Belajar di Perpustakaan Terhadap Minat Baca Mahasiswa STKIP PGRI Trenggalek. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 5(2), 175-180.
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Sagala, S. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336
Setiyani, R. (2010). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Dinamika Pendidikan, 5(2).
Suratno, Kamid, K., & Sinabang, Y. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 127-139.
Sundari, S., Kahar, M. S., & Erwinda, E. G. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Menggunakan Instrumen Hots Berbasis Two Tier Diagnostic Test. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2726-2735.
Tanujaya, B., Mumu, J., & Margono, G. (2017). The Relationship between Higher Order Thinking Skills and Academic Performance of Student in Mathematics Instruction. International Education Studies, 10(11), 78–85. https://doi.org/10.5539/ies.v10n11p78
Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik . Jakarta: Kencana
Wahyu, T. A., Lufthansa, L., & Setiani, P. P. (2020, November). Analisis Kesesuaian Materi dengan Capaian Pembelajaran Lulusan pada Matakuliah Desain dan Strategi Pembelajaran. In Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo (Vol. 1, No. 01, pp. 524-528).
Yusmanto, H. 2017. Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Dan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Corousel Feedback Dan Round Table (Studi Pada SMPS Islam Terpadu Darul Azhar Kabupaten Aceh Tenggara). Tesis Tidak Diterbitkan. Malang:Pascasarjana UM
Zohar, A. (2013). Challenges in wide scale implemen¬tation efforts to foster higher order thinking (HOT) in science education across a whole wide system. Journal of Thinking Skills and Creativity, 10(2), 233-249.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tumewa Pangaribuan, Uswatul Hasni, Rizki Surya Amanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).