Tracer Study Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Trisakti
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.586Keywords:
Kompetensi, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, AlumniAbstract
Era digital, mengakibatkan berkembangnya informasi secara pesat dan terjadinya migrasi secara besar-besaran. Hal ini, mengakibatkan persaingan tenaga kerja semakin ketat, sehingga pemerintah berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusianya melalui program Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi lulusan Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Trisakti. Penelitian menggunakan data primer, dengan sampel menggunakan metode purposive sampling dari para lulusan di periode dua ribu dua puluh dua hingga dua ribu dua puluh tiga. Metode analisisnya, menggunakan statistik deskriptif. Capaian pembelajaran lulusan berdasarkan kerangka kualifikasi nasional Indonesia. Adapun hasilnya, para lulusan memiliki capaian pembelajaran dengan urutan sikap, ketrampilan umum, ketrampilan, khusus, dan pengetahuan. Nilai kerangka kualifikasi nasional Indonesia dari para lulusannya sangat baik sekali, karena memiliki nilai rata-rata sebesar enam puluh satu koma tiga puluh dua persen dari kompetensinya masuk dalam kategori sangat tinggi dan sebesar tiga puluh delapan koma enam puluh delapan persen persen masuk dalam kategori tinggi. Kompetensi kategori sangat tinggi yang berada di atas tujuh puluh persen dengan urutan inisiatif, kemampuan dalam memegang tanggung jawab, loyalitas dan Integritas.
Downloads
References
Arwildayanto, Suking, A., Arifin, & Nellitawati. (2020). Manajemen Daya Saing Perguruan Tinggi. Bandung: CV Cendikia Press.
Hartati, V. N. P. P., & Giovanni, A. (2022). Perspektif Pengembangan Digital Talent Era Industri 4.0. Aknemika, 19(1), 614–621.
Oey-Gardiner, M., Rahayu, S. I., Abdullah, M. A., Effendi, S., Darma, Y., Dartanto, T., & Aruan, C. D. (2017). Era Disrupsi Peluang dan Tantangan Pendidikan Tinggi di indonesia. Jakarta: Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia.
Permendikbud RI No. 49 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. (2014).
Perpres No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. (2012).
Putra, R. A., Dewi, P. R., Jalaludin, A., & Amrullah, A. M. K. (2021). Strategi Pengembangan Kurikulum Perspektif Pendekatan Total Quality Management (TQM) di Pendidikan Tinggi. Edukatif, 3(5), 2135–2145.
Schomburg, H. (2019). Diversity and Benefits of Tracer Studies. Jakarta.
Smits, G. S., & Graaff, E. D. (2012). Assessment of curriculum quality through alumni research. Journal of Engineering Education, 37(2), 133–142.
Soeharjoto, & Danova, G. K. (2020). Pengaruh Makro Ekonomi Terhadap Cadangan Devisa Di Asean-5. Ecodemica, 4(1), 68–76.
Soeharjoto, Emilisa, N., Sugondo, L. Y., Tribudhi, D. A., & Salma, N. I. (2023). Mengoptimalkan sumber dana dan pengelolaan keuangan usaha mikro dan kecil di sekolah kewirausahaan bina amanah cordova. Lebah, 17(1), 1–7.
Soeharjoto, Ratnawati, N., Santosa, W., & Sumiyarti. (2022). Kompetensi Alumni Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi di Universitas Trisakti. Media Bina Ilmiah, 16(11), 7793–7800.
Soeharjoto, Rustam, R., Busnetty, I., Adriana, M., Tribudhi, D. A. Ratnawati, N., & Salfinnia, M. (2022). Pengembangan Wirausaha Pimpinan Cabang Istimewa Muslimat NU Malaysia di Era Pandemi COVID-19. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(12), 2343–2350.
Solikhah, I. (2022). Revisiting the EFL curriculum in the outcome-based education framework and freedom to learn program. Journal of Social Studies Education Research, 13(2), 243–264.
Todericiu, R., Lucia, F., & Stăniì, A. (2014). Reflections on Human Resources – Vital Intangible Assets of Organizations. Procedia Economics and Finance 16. 21st International Economic Conference, IECS, 16-17 May 2014, Sibiu, Romania. 575–579.
Tuck, R. (2007). An introductory guide to national qualifications frameworks: Conceptual and practical issues for policy makers. France: International Labour Office.
Yuliah, E. (2022). Standardization of Education based on the Indonesian National Qualifications Framework. Tarbiyatu Wa Ta’lim, 4(1), 51–67.
Yuliawati, S. (2012). Kajian Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi Sebagai Fenomena Pendidikan Tinggi di Indonesia. Widya, 29(318), 28–33.
Zulkarnaen, & Handoyo, A. D. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Pendidikan Tidak Mereta di Indonesia. Seminar Nasional Menjadi Mahasiswa Yang Unggul Di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0, Yogyakarta: 28 Desember 2019. 20-24.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Soeharjoto Soeharjoto, Nirdukita Ratnawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).