Tracer Study Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Trisakti

Authors

  • Soeharjoto Soeharjoto Universitas Trisakti
  • Nirdukita Ratnawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.586

Keywords:

Kompetensi, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, Alumni

Abstract

Era digital, mengakibatkan berkembangnya informasi secara pesat dan terjadinya migrasi secara besar-besaran. Hal ini, mengakibatkan persaingan tenaga kerja semakin ketat, sehingga pemerintah berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusianya melalui program Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi lulusan Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Trisakti. Penelitian menggunakan data primer, dengan sampel menggunakan metode purposive sampling dari para lulusan di periode dua ribu dua puluh dua hingga dua ribu dua puluh tiga. Metode analisisnya, menggunakan statistik deskriptif. Capaian pembelajaran lulusan berdasarkan kerangka kualifikasi nasional Indonesia. Adapun hasilnya, para lulusan memiliki capaian pembelajaran dengan urutan sikap, ketrampilan umum, ketrampilan, khusus, dan pengetahuan. Nilai kerangka kualifikasi nasional Indonesia dari para lulusannya sangat baik sekali, karena memiliki nilai rata-rata sebesar enam puluh satu koma tiga puluh dua persen dari kompetensinya masuk dalam kategori sangat tinggi dan sebesar tiga puluh delapan koma enam puluh delapan persen persen masuk dalam kategori tinggi. Kompetensi kategori sangat tinggi yang berada di atas tujuh puluh persen dengan urutan inisiatif, kemampuan dalam memegang tanggung jawab, loyalitas dan Integritas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arwildayanto, Suking, A., Arifin, & Nellitawati. (2020). Manajemen Daya Saing Perguruan Tinggi. Bandung: CV Cendikia Press.

Hartati, V. N. P. P., & Giovanni, A. (2022). Perspektif Pengembangan Digital Talent Era Industri 4.0. Aknemika, 19(1), 614–621.

Oey-Gardiner, M., Rahayu, S. I., Abdullah, M. A., Effendi, S., Darma, Y., Dartanto, T., & Aruan, C. D. (2017). Era Disrupsi Peluang dan Tantangan Pendidikan Tinggi di indonesia. Jakarta: Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Permendikbud RI No. 49 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. (2014).

Perpres No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. (2012).

Putra, R. A., Dewi, P. R., Jalaludin, A., & Amrullah, A. M. K. (2021). Strategi Pengembangan Kurikulum Perspektif Pendekatan Total Quality Management (TQM) di Pendidikan Tinggi. Edukatif, 3(5), 2135–2145.

Schomburg, H. (2019). Diversity and Benefits of Tracer Studies. Jakarta.

Smits, G. S., & Graaff, E. D. (2012). Assessment of curriculum quality through alumni research. Journal of Engineering Education, 37(2), 133–142.

Soeharjoto, & Danova, G. K. (2020). Pengaruh Makro Ekonomi Terhadap Cadangan Devisa Di Asean-5. Ecodemica, 4(1), 68–76.

Soeharjoto, Emilisa, N., Sugondo, L. Y., Tribudhi, D. A., & Salma, N. I. (2023). Mengoptimalkan sumber dana dan pengelolaan keuangan usaha mikro dan kecil di sekolah kewirausahaan bina amanah cordova. Lebah, 17(1), 1–7.

Soeharjoto, Ratnawati, N., Santosa, W., & Sumiyarti. (2022). Kompetensi Alumni Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi di Universitas Trisakti. Media Bina Ilmiah, 16(11), 7793–7800.

Soeharjoto, Rustam, R., Busnetty, I., Adriana, M., Tribudhi, D. A. Ratnawati, N., & Salfinnia, M. (2022). Pengembangan Wirausaha Pimpinan Cabang Istimewa Muslimat NU Malaysia di Era Pandemi COVID-19. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(12), 2343–2350.

Solikhah, I. (2022). Revisiting the EFL curriculum in the outcome-based education framework and freedom to learn program. Journal of Social Studies Education Research, 13(2), 243–264.

Todericiu, R., Lucia, F., & Stăniì, A. (2014). Reflections on Human Resources – Vital Intangible Assets of Organizations. Procedia Economics and Finance 16. 21st International Economic Conference, IECS, 16-17 May 2014, Sibiu, Romania. 575–579.

Tuck, R. (2007). An introductory guide to national qualifications frameworks: Conceptual and practical issues for policy makers. France: International Labour Office.

Yuliah, E. (2022). Standardization of Education based on the Indonesian National Qualifications Framework. Tarbiyatu Wa Ta’lim, 4(1), 51–67.

Yuliawati, S. (2012). Kajian Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi Sebagai Fenomena Pendidikan Tinggi di Indonesia. Widya, 29(318), 28–33.

Zulkarnaen, & Handoyo, A. D. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Pendidikan Tidak Mereta di Indonesia. Seminar Nasional Menjadi Mahasiswa Yang Unggul Di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0, Yogyakarta: 28 Desember 2019. 20-24.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Soeharjoto, S., & Ratnawati, N. (2023). Tracer Study Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Trisakti. Journal of Education Research, 4(4), 2045–2049. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.586

Issue

Section

Articles