Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran dan Pengembangan Budaya Mutu

Authors

  • Muhsin Muhsin Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bontang, Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sultan Aji Muhammad Idris
  • Sudadi Sudadi Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sultan Aji Muhammad Idris
  • Muchammad Eka Mahmud Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sultan Aji Muhammad Idris
  • Akhmad Muadin Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sultan Aji Muhammad Idris

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.569

Abstract

Guru memiliki peran penting dalam menjaga proses pembelajaran yang berkualitas sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran. Guru harus meningkatkan kompetensi profesionalnya dalam hal pengetahuan akademik, pengelolaan kelas, dan ketrampilan proses pembelajaran agar mereka dapat menggunakan semua kemampuannya untuk memberikan pengalaman belajar yang berkualitas tinggi bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi metode melalui mana supervisi akademik dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran. Studi kualitatif ini menggunakan studi pustaka. Data yang diperoleh dikompulasi, dianalisis, dan disimpulkan untuk mencapai kesimpulan tentang studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran karena terkait dengan pembelajaran yang berkualitas tinggi, yang memerlukan guru yang berpengalaman. Guru sebagai pelaku utama dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan profesionalitasnya dan mencapai tujuan pembelajaran dengan bantuan supervisi akademik. Supervisi akademik memungkinkan guru untuk meningkatkan kemampuan profesional mereka dan mengevaluasi kekurangan mereka dalam proses pembelajaran. Hal ini akan memungkinkan pendidikan yang lebih baik. Budaya mutu, juga dikenal sebagai budaya kualitas atau budaya perbaikan terus-menerus, adalah pendekatan organisasi atau perusahaan yang menekankan komitmen terhadap kualitas, peningkatan berkelanjutan, dan kesadaran bahwa setiap anggota staf memainkan peran penting dalam mencapai kualitas yang lebih baik. Budaya mutu berarti menciptakan lingkungan di mana setiap pekerja merasa bertanggung jawab atas barang atau jasa yang mereka berikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Glickman, C. D. (2007). Supervision And Instructional Leadership A Development Approach (Seventh Ed). Person.

Ismiarti, D. R. (2023). Supervisi Akademik Untuk Peningkatan Kinerja Guru dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 846–854. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4760

Mahmud, M. E. (2012). Motif Penyelenggaraan Pendidikan Islam Dan Implikasinya Pada Pola Manajemen Dan Kepemimpinan. Dinamika Ilmu, 12(2), 1–18. https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/60

Mansyur. (2021). Supervisi Akademik. El-Idarah : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 107–115.

Mukhtar. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah. Gramedia.

Mulyasa, H. E. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.

Ninik Evianah, Ukhil Dia Ushofa, A. A. (n.d.). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MIN 2 MOJOKERTO. 13–33.

Nur Fitriani, A. M. (2022). Perubahan Budaya Organisasi Pendidikan dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 234–247.

Nurtaniati, L. N. (2018). Studi Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Pengawas Sekolah. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(2), 277–284. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/1924

Nyoman Sudiana. (2023). SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU (TEORI DAN PRAKTIK). CV. Adanu Abimata.

Purwanto. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Rosdakarya.

Putri Handayani, Sutarto, R. (2022). MODEL SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI MTS KABUPATEN KEPAHIANG. Jurnal Literasiologi, 8(3), 39–53.

Riyanti, Apriani. Sudadi. Sabda, I. M. (2023). View of Path Analysis of the Influence of Teacher Perception on Managerial Competency and Principal Supervision on Teacher Performance.pdf. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 2106–2110.

Suarniti, L. (2023). Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru SD. Ejournal Undiksha, 7(2), 207–214. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/download/59483/25862/168265

Sulistyorini, J. dkk. (2021). Supervisi Pendidikan. DOTPLUS Publisher.

Downloads

Published

2023-12-19

How to Cite

Muhsin, M., Sudadi, S., Mahmud, M. E., & Muadin, A. (2023). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran dan Pengembangan Budaya Mutu. Journal of Education Research, 4(4), 2393–2398. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.569

Issue

Section

Articles