Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran dan Pengembangan Budaya Mutu
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.569Abstract
Guru memiliki peran penting dalam menjaga proses pembelajaran yang berkualitas sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran. Guru harus meningkatkan kompetensi profesionalnya dalam hal pengetahuan akademik, pengelolaan kelas, dan ketrampilan proses pembelajaran agar mereka dapat menggunakan semua kemampuannya untuk memberikan pengalaman belajar yang berkualitas tinggi bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi metode melalui mana supervisi akademik dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran. Studi kualitatif ini menggunakan studi pustaka. Data yang diperoleh dikompulasi, dianalisis, dan disimpulkan untuk mencapai kesimpulan tentang studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran karena terkait dengan pembelajaran yang berkualitas tinggi, yang memerlukan guru yang berpengalaman. Guru sebagai pelaku utama dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan profesionalitasnya dan mencapai tujuan pembelajaran dengan bantuan supervisi akademik. Supervisi akademik memungkinkan guru untuk meningkatkan kemampuan profesional mereka dan mengevaluasi kekurangan mereka dalam proses pembelajaran. Hal ini akan memungkinkan pendidikan yang lebih baik. Budaya mutu, juga dikenal sebagai budaya kualitas atau budaya perbaikan terus-menerus, adalah pendekatan organisasi atau perusahaan yang menekankan komitmen terhadap kualitas, peningkatan berkelanjutan, dan kesadaran bahwa setiap anggota staf memainkan peran penting dalam mencapai kualitas yang lebih baik. Budaya mutu berarti menciptakan lingkungan di mana setiap pekerja merasa bertanggung jawab atas barang atau jasa yang mereka berikan.
Downloads
References
Glickman, C. D. (2007). Supervision And Instructional Leadership A Development Approach (Seventh Ed). Person.
Ismiarti, D. R. (2023). Supervisi Akademik Untuk Peningkatan Kinerja Guru dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 846–854. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4760
Mahmud, M. E. (2012). Motif Penyelenggaraan Pendidikan Islam Dan Implikasinya Pada Pola Manajemen Dan Kepemimpinan. Dinamika Ilmu, 12(2), 1–18. https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/60
Mansyur. (2021). Supervisi Akademik. El-Idarah : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 107–115.
Mukhtar. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah. Gramedia.
Mulyasa, H. E. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.
Ninik Evianah, Ukhil Dia Ushofa, A. A. (n.d.). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MIN 2 MOJOKERTO. 13–33.
Nur Fitriani, A. M. (2022). Perubahan Budaya Organisasi Pendidikan dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 234–247.
Nurtaniati, L. N. (2018). Studi Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Pengawas Sekolah. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(2), 277–284. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/1924
Nyoman Sudiana. (2023). SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU (TEORI DAN PRAKTIK). CV. Adanu Abimata.
Purwanto. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Rosdakarya.
Putri Handayani, Sutarto, R. (2022). MODEL SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI MTS KABUPATEN KEPAHIANG. Jurnal Literasiologi, 8(3), 39–53.
Riyanti, Apriani. Sudadi. Sabda, I. M. (2023). View of Path Analysis of the Influence of Teacher Perception on Managerial Competency and Principal Supervision on Teacher Performance.pdf. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 2106–2110.
Suarniti, L. (2023). Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru SD. Ejournal Undiksha, 7(2), 207–214. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/download/59483/25862/168265
Sulistyorini, J. dkk. (2021). Supervisi Pendidikan. DOTPLUS Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhsin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).