Bahan Ajar Digital dan Evaluasi Model Extenics bagi Guru di SMA Rambatan

Authors

  • Darmansyah Darmansyah Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Rahmi Pratiwi Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Resti Elma Sari Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.568

Keywords:

Bahan Ajar Digital,, Evaluasi Belajar, Model Extenics

Abstract

Bahan ajar dan evaluasi belajar merupakan komponen penting perangkat pembelajaran yang harus disiapkan pendidik secara baik dan berkualitas. Peserta didik lebih mudah menjalankan aktivitas belajarnya jika didukung ketersediaan bahan ajar yang lengkap dan bermutu. Pendidik perlu merancang evaluasi belajar yang dapat mengatasi kecurangan akademik agar hasil belajar optimal dan berintegritas. Berdasarkan observasi dan wawancara di SMA se-Kecamatan Rambatan, bahan ajar yang tersedia sangat minim, penyajian materi masih tekstual belum mengakomodasi gaya belajar peserta didik. Bahkan pengembangan bahan ajar kekinian yang berbasis digital dan berorientasi revolusi industri empat titik nol ketersediaannya belum memadai. Selain itu kemampuan mendesain soal ujian yang dapat diandalkan untuk meningkatkan integritas peserta didik masih sangat rendah. Soal yang dirancang hanya bersifat hafalan memicu terjadinya kecurangan akademik berupa nyontek dan plagiasi. Oleh karena itu perlu ada upaya untuk meningkatkan kompetensi pendidik berdasarkan permasalahan tersebut melalui pelatihan pengembangan bahan ajar digital dan evaluasi belajar model extenics yang mengantisipasi terjadinya kecurangan akdemik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriatna, R., Sujadi, I., Budiyono, Kurniawati, I., Wulandari, A. N., & Puteri, H. A. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Faststone Capture dalam Menyusun Bahan Ajar untuk Pembelajaran Matematika Model Flipped Classroom. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 371–377. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i2.8383.

Darmansyah, D., & Darman, R. A. (2022). Plagiarism Level Analysis of Online Take-home Examination Results and Its Correlation with Doctoral Program Students’ Learning Outcome. International Journal of Instruction, 15(2), 243–256. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15214a.

Harsono, Rahmad, Julian, R., Hadi, A., & Mufid, A. (2022). Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Beoreintasi Kearifan Lokal Madura bagi Guru SDI Al Munawwarah Pamekasan untuk Peningkatan Layanan Pendidikan Peserta Didik. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1624–1632. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i6.11445.

Pratita, D., Amrina, D. E., & Djahir, Y. (2021). Analisis Kebutuhan Mahasiswa terhadap Bahan Ajar Sebagai Acuan Untuk Mengembangkan E-Modul Pembelajaran Digital. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 69–74. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.13129.

Sari, F. F. K., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Berbasis Flipbook untuk Memberdayakan Keterampilan Abad 21 Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6079–6085. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1715.

Setiawan, A. E., Aras, I., Andika, T. H., & Hendrawan Putri, A. I. (2023). Human Anatomi Recognition Using Augmented Reality With Marker Based Method Tracking. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 12(1), 83–89. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v12i1.1638.

Utami, N., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6300–6306. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1716.

Downloads

Published

2023-11-19

How to Cite

Darmansyah, D., Pratiwi, R., & Sari, R. E. (2023). Bahan Ajar Digital dan Evaluasi Model Extenics bagi Guru di SMA Rambatan. Journal of Education Research, 4(4), 1824–1832. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.568

Issue

Section

Articles