Bahan Ajar Digital dan Evaluasi Model Extenics bagi Guru di SMA Rambatan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.568Keywords:
Bahan Ajar Digital,, Evaluasi Belajar, Model ExtenicsAbstract
Bahan ajar dan evaluasi belajar merupakan komponen penting perangkat pembelajaran yang harus disiapkan pendidik secara baik dan berkualitas. Peserta didik lebih mudah menjalankan aktivitas belajarnya jika didukung ketersediaan bahan ajar yang lengkap dan bermutu. Pendidik perlu merancang evaluasi belajar yang dapat mengatasi kecurangan akademik agar hasil belajar optimal dan berintegritas. Berdasarkan observasi dan wawancara di SMA se-Kecamatan Rambatan, bahan ajar yang tersedia sangat minim, penyajian materi masih tekstual belum mengakomodasi gaya belajar peserta didik. Bahkan pengembangan bahan ajar kekinian yang berbasis digital dan berorientasi revolusi industri empat titik nol ketersediaannya belum memadai. Selain itu kemampuan mendesain soal ujian yang dapat diandalkan untuk meningkatkan integritas peserta didik masih sangat rendah. Soal yang dirancang hanya bersifat hafalan memicu terjadinya kecurangan akademik berupa nyontek dan plagiasi. Oleh karena itu perlu ada upaya untuk meningkatkan kompetensi pendidik berdasarkan permasalahan tersebut melalui pelatihan pengembangan bahan ajar digital dan evaluasi belajar model extenics yang mengantisipasi terjadinya kecurangan akdemik.
Downloads
References
Andriatna, R., Sujadi, I., Budiyono, Kurniawati, I., Wulandari, A. N., & Puteri, H. A. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Faststone Capture dalam Menyusun Bahan Ajar untuk Pembelajaran Matematika Model Flipped Classroom. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 371–377. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i2.8383.
Darmansyah, D., & Darman, R. A. (2022). Plagiarism Level Analysis of Online Take-home Examination Results and Its Correlation with Doctoral Program Students’ Learning Outcome. International Journal of Instruction, 15(2), 243–256. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15214a.
Harsono, Rahmad, Julian, R., Hadi, A., & Mufid, A. (2022). Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Beoreintasi Kearifan Lokal Madura bagi Guru SDI Al Munawwarah Pamekasan untuk Peningkatan Layanan Pendidikan Peserta Didik. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1624–1632. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i6.11445.
Pratita, D., Amrina, D. E., & Djahir, Y. (2021). Analisis Kebutuhan Mahasiswa terhadap Bahan Ajar Sebagai Acuan Untuk Mengembangkan E-Modul Pembelajaran Digital. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 69–74. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.13129.
Sari, F. F. K., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Berbasis Flipbook untuk Memberdayakan Keterampilan Abad 21 Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6079–6085. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1715.
Setiawan, A. E., Aras, I., Andika, T. H., & Hendrawan Putri, A. I. (2023). Human Anatomi Recognition Using Augmented Reality With Marker Based Method Tracking. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 12(1), 83–89. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v12i1.1638.
Utami, N., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6300–6306. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1716.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Darmansyah Darmansyah, Rahmi Pratiwi, Resti Elma Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).