Keterampilan Berpikir Kreatif dan Motivasi terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ery Trimara Universitas Negeri Surabaya
  • Waspodo Tjipto Subroto Universitas Negeri Surabaya
  • Hendratno Hendratno Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.542

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keterampilan berpikir kreatif dan motivasi terhadap hasil belajar IPS siswa sekolah dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah lima belas siswa kelas V SD Negeri Sumberarum II Ngraho. Penentuan sampel menggunakan total sampling, yaitu semua anggota populasi menjadi subjek dalam penelitian. Instrumen yang digunakan adalah angket tentang keterampilan berpikir kreatif dan motivasi sedangkan untuk mengetahui hasil belajar IPS menggunakan nilai ujian tengah semester IPS. Data dianalisis menggunakan regresi sederhana, dengan bantuan SPSS dua puluh lima. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh keterampilan berpikir kreatif terhadap hasil belajar IPS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, A. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Siswa Sekolah Dasar. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 1–6.

Anwar, M. N., & Khizar, A. (2012). Relationship of Creative Thinking with the Academic Achievements of Secondary School Students. In International Interdisciplinary Journal of Education (Vol. 1, Issue 3). https://www.researchgate.net/publication/338549060

Bakar, R. (2014). THE EFFECT OF LEARNING MOTIVATION ON STUDENT’S PRODUCTIVE COMPETENCIES IN VOCATIONAL HIGH SCHOOL, WEST SUMATRA. In International Journal of Asian Social Science (Vol. 4, Issue 6). http://www.aessweb.com/journals/5007

Lee, K.-H. (2005). The relationship between creative thinking ability and creative personality of preschoolers. International Education Journal, 6(2), 194–199. http://iej.cjb.net

Manurung, A. S., Halim, A., & Rosyid, A. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1274–1290. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.544

Mega Farihatun, S., Pendidikan Ekonomi, J., & Ekonomi, F. (2019). Keefektifan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Ter-hadap Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 635–651. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31499

Nugroho, A. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Dabin I Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung.

Sae-Khow, J. (2014). DEVELOPING OF INDICATORS OF AN E-LEARNING BENCHMARKING MODEL FOR HIGHER EDUCATION INSTITUTIONS. In TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology (Vol. 13, Issue 2).

Sahwari, & Dassucik. (2021). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Smp Negeri 5 Panji Kabupaten Situbondo. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 9(1), 284. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v9i1.1049

Saptono, Y. J. (2016). MOTIVASI DAN KEBERHASILAN BELAJAR SISWA. In Volume I | Nomor 1 | Maret.

Saputra, W. (2020). PENGARUH KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 1(2), 13–16.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar/Sardiman AM.

Supardi. (2019). Peran Berpikir Kreatif dalam Proses Pembelajaran Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA.

Tabrizi, E. A., Talib, M. A., & Yaacob, S. N. (2011). Relationship Between Creative Thinking And Anxiety Among Adolescent Boys And Girls In Tehran, Iran. International Journal of Humanities and Social Science, 1(19), 60–66.

Tarno, Yusnan, M., & Ode, M. N. (2022). Analisis Motivasi Belajar Siswa Terhadap Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama pada Siswa Sekolah Dasar. http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/edupedia

Tsai, W. H., Chou, W. C., & Lai, C. W. (2010). An effective evaluation model and improvement analysis for national park websites: A case study of Taiwan. Tourism Management, 31(6), 936–952. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2010.01.016

Vadia Dhamayanti, P. (2022). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. In Indonesian Journal of Educational Development (Vol. 3, Issue 2).

Wahyuningsih, Y., Rachmawati, I., Setiawan, A., & Ngazizah, N. (2019). Hots (high order thinking skills) dan kaitannya dengan keterampilan generik sains dalam pembelajaran ipa sd. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Call for Papers (SNDIK), 227–234. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/11203

Yulika, R., Rahman, U., & Sewang, A. M. (2019). The Effect of Emotional Intelligence and Learning Motivation on Student Achievement.

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Trimara, E., Subroto, W. T., & Hendratno, H. (2023). Keterampilan Berpikir Kreatif dan Motivasi terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(4), 1793–1798. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.542

Issue

Section

Articles