Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Selama Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v2i1.45Keywords:
Pendidikan karakter, pembelajaran sejarahAbstract
Artikel ini mengutarakan dan menguraikan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah selama pandemi Covid-19. Strategi yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian kualitatif. Artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah pada saat pandemi covid-19 yang hingga saat ini masih terus berlanjut. Agar pembelajaran sejarah dalam menggunakan teknologi jarak jauh tetap berlangsung dengan lancar, guru perlu menanamkan pendidikan karakter kepada peserta didik dengan cara saling menguatkan antara guru dengan siswa, juga sesama antar siswa. Pembelajaran jarak jauh menjadi solusi agar pembelajaran sejarah tetap berlangsung seperti biasa meskipun dilakukan di rumah masing-masingDownloads
References
Abidin, Yunus. 2012. Model Penilaian Otentik dalam pembelajaran Membaca Pemahaman Berorientasi Pendidikan karakter. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Covid19.go.id. Diakses pada 2 Februari 2021 pukul 14.31 WIB.
Moleong, L. J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munir. 2012. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Mutiah, D. 2012. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Prianto, C. 2020. Pembelajaran bermakna di Tengah Covid-19. Surabaya: Yayasan Kita Menulis.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).