Pengembangan Buku Ajar Bahasa Arab (Mind Mappinging) Untuk Siswa Kelas VII MTs. Ali- Imron Bandar Selamat
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.386Keywords:
Bahasa Arab, Buku Ajar, Pengembangan, Pemetaan PikiranAbstract
Pembelajaran bahasa, terlebih bahasa Arab tidak terlepas dari problematika yang ada. Agar mampu menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar siswa harus menguasai mufrodat baru serta tata kalimat dalam bahasa Arab. Oleh karena itu dibutuhkan pengembangan buku ajar bahasa Arab untuk membantu siswa dalam mempermudah memahami pembelajaran bahasa Arab. Pemilihan bahan ajar yang sesuai dengan materi yang diajarkan sangat diperlukan agar pembelajaran tidak membosankan atau monoton. Pengembangan berupa produk yang sudah ada dikembangkan dengan pembaharuan atau inovasi baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kefektifan pengembangan buku ajar bahasa Arab berbasis Mind Mapping terhadap siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif. Langkah penyusunan buku ajar terdiri dari menganalisis buku yang akan dikembangkan, mengembangkan buku teks berbasis Mind Mapping, merevisi dan melihat kelayakan buku. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan bahan ajar bahasa Arab berbasis Mind Mapping dapat digunakan untuk siswa kelas VII MTS Ali-Imron Bandar Selamat.
Downloads
References
Aflisia, Noza & Hazuar. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Pendekatan Komunikatif.” Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, Vol. 4, No. 1, Hal. 111-130, Mei 2020.
Ainin, M. 2019. Pengembangan Kurikulum Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Lisan Arabi.
Amrullah, Ahmad Fikri. 2021. Manajemen Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Kencana.
Arianto Batara. 2022. Merdeka Berkreativitas dan Beraktivitas dengan Mind. Yogyakarta: Bintang Semesta Media.
Azizah, F.R. 2020. “Mind Map dalam Pembelajaran Ketrampilan Membaca Pemahaman Teks Bahasa Arab.” Journal Of Arabic Learning And Teaching, Vol. 9, No. 2.
Barsuni, H., Alfan, M., Irawan, B., Islam, U., Ahmad, N. K., & Jember, S. 2022. “Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Untuk MTs Kelas 7 Karya Hasan Saefullah”. Shaut Al-’Arabiyah, 10(1).
Buchori, A. & Rina D.S. 2015. “Development Learning Model Of Character Education Through E-Comic In Elemntary School.” International Journal Of Education And Reserach, Vol. 3, No. 4.
Buzan, T. 2017. Buku Pintar Mind Mapping: Membuka Kreativitas, Memperkuat Ingatan, Mengubah Hidup. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Falah, A. 2014. “Pembelajaran Bahasa Arab berbasis Mind Mapping untuk meningkatkan pemahaman Bahasa Arab pada Tingkat madrasah.” Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(1).
Fauzan, M. 2019. “Teori dan Penerapan Pengembangan Bahan Ajar Sintaksis Bahasa Arab Berdasarkan Metode Induktif.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V, Malang 5 Oktober 2019.
Febrianto, R., & Puspitaningsih, F. 2020. “Pengembangan Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran.” Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(1), 1–18.
Fu’adah, S. 2021. “Penggunaan Strategi Mind Mapping dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab.” Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 2, No. 1, Januari 2021.
Hamid, dkk. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Teori Belajar Konstruktivisme Untuk Mahasiswa.” Arabi: Journal Of Arabic Studies, Vol. 4, No. 1, Hal. 100-114.
Hamid, M. A. 2013. Mengukur Kemampuan Bahasa Arab: Untuk Studi Islam. Malang: UIN Maliki Press.
Hidayat, Y. 2018. “Teori Perolehan Dan Perkembangan Bahasa Untuk Jurusan Pendidikan Bahasa Arab.” Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(01), 24-40.
Nasrullah. 2018. “Desain Pengembangan Buku Ajar Arab Bagi Siswa Non PBA Berbasis Joyful Learning IAIN Ponorogo.” Kodifikasia: Jurnal Penelitian Islam, Vol. 12, No. 2.
Noermanzah. 2019. “Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian.” Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) 2019.
Nurmiati. 2020. “Implementasi Model Mind Mapping Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Pada Peserta Didik di Man Palopo.” Didaktika, Vol. 9, No. 4, Novmber 2020.
Riyanto, T. 2015. Guru Komunikatif Pembelajaran jadi Efektif. PT Kanisius: Yogyakarta.
Rois, I.N. & Fahma R.P. 2020. “Penerapan Strategi Mind Mapping dalam Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Mutaqaddim.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab Iv, Malang, 4 Oktober 2020.
Rosyidi, A. W., & Ni'mah, M. A. 2012. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press.
Siregar, R. 2014. “Penggunaan Metode Mind Mapping terhadap Prestasi Belajar Siswa”. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(75), 84-88.
Syairi, Khairi Abu. 2013. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab.” Dinamika Ilmu, Vol. 13, No. 1.
Talqis Nurdianto, & Noor Azizi bin Ismail. 2020. “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Common European Framework Of Reference For Language (CEFR) Di Indonesia.” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 1–22.
Taubah, M. 2019. “Maharah dan Kafa’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Studi Arab, 10(1), 31-38.
Tegeh, I Made, dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ulya, N.R. 2020. “Kendala dan Solusi Kreatif Mahasiswa dalam Belajar Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab.” Prosiding Semanasbama IV UM Jilid 2, Peran Mahasiswa Bahasa Arab Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0.
Windura, S. 2013. 1st Mind Mapping: Teknik Berpikir & Belajar Sesuai Cara Kerja Alami Otak. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Zulfahmi, Uli Ana Rizki, Fakhrur Razi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).