Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Tipe Kepribadian Hippocrates terhadap Motivasi Belajar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.320Keywords:
Lingkungan Keluarga, Tipe Kepribadian Hippocrates, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi terjadinya Covid sembilan belas yang mengakibatkan perubahan proses pembelajaran. Hasil wawancara dengan guru SMKN dua Surabaya menyebutkan bahwa perubahan proses pembelajaran ini mengakibatkan motivasi belajar siswa menjadi menurun, sehingga perlu dilakukan analisis untuk mengetahui faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa, dan pengaruh tipe kepribadian Hippocrates terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Ex post facto, yaitu penelitian hubungan sebab akibat tanpa memberi perlakuan kepada subjek penelitian. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMKN dua Surabaya, dengan sampel kelas X DPIB satu dan DPIB dua. Teknik pengambilan data berupa angket yang telah divalidasi oleh ahli. Teknik analisis data dengan analisis regresi linier berganda dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa, Tipe kepribadian Hippocrates-sanguinis tidak berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa; dan tipe kepribadian Hippocrates-phlegmatis berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa.
Downloads
References
Balgies, S. (2018). Pengaruh Kepribadian Big 5 Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa MTSN. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 15(2), 34–42. https://doi.org/10.18860/ psi.v15i2.6742
Costa, P. T., & McCrae, R. R. (1992). The five-factor model of personality and its relevance to personality disorders. The Science of Mental Health: Volume 7: Personality and Personality Disorder, 6(March 1991), 17–33. https://doi.org/https://doi.org/10.1521/pedi.1992.6.4.343
Fudyartanta. (2012). Psikologi Kepribadian. Pustaka Belajar.
Hasanah, M. (2013). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Kesehatan Mental terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sma Negeri 6 Kota Tangerang Selatan. Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam Program Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta.
Iswandari, A. (2013). Pengaruh Motivasi Intrinsik, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Kepribadian terhadap Minat Berwirausaha pada Siswa SMKN 12 Surabaya. Unesa.
Koeswara, E. (1991). Teori-Teori Kepribadian. Eresco.
Kumala, A. A. S. C., Ruspawan, I. D. M., & Rindjani, I. A. (2017). Hubungan antara tipe kepribadian dengan motivasi belajar mahasiswa semester VIII prodi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689–1699.
Nur. (2001). Ilmu pendidikan. PT. Rineka Cipta.
Priani, D. H. S., & Ismiyati. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 379–390. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.31621
Salvicion, & Celis. (1998). Bina Keluarga. Rineka Cipta.
Saputri, R. U., Aminuyati, & Achmadi. (2015). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Ekonomi Di SMKN 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(8), 1–12. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view /11132
Savitri, D. (2019). Pengaruh kepribadian dan kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar pai siswa kelas x sman 1 ponorogo tahun ajaran 2018/2019. 2–100.
Sholekhah, I. M., & Hadi, S. (2014). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Melalui Motivasi Belajar SMP NEGERI 1 Ambarawa (Studi Kelas VII Tahun Ajaran 2013/2014). Eonomic Education Analysis Journal, 3(2), 372–378. http://jour nal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Siagian, S. P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.
Slameto. (2013). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Widiantari, & Herdianto. (2013). Perbedaan Intensitas Komunikasi Melalui Jejaring Sosial antara Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert pada Remaja. https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi /article/view/25055/16269
Wiyani, T. E. K. (2013). Pengaruh Konsep Diri, Kemandirian, Motivasi, dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA di Kabupaten Gresik. Unesa.
Yuddi, I. S. (2021). Abnormalitas Tokoh Dalam Kumpulan Cerpen Dukun Carok dan Tongkat Kayu Karya A. Warits Rovi : Kajian Psikologi Kepribadian Gordon W. Allport. Bapala, 8(6), 129–144.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Avandri, Suparji Suparji, Arie Wardhono, Ratna Suhartini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).