Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Tipe Kepribadian Hippocrates terhadap Motivasi Belajar

Authors

  • Ahmad Avandri Magister Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Surabaya
  • Suparji Suparji Magister Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Surabaya
  • Arie Wardhono Magister Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Surabaya
  • Ratna Suhartini Magister Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.320

Keywords:

Lingkungan Keluarga, Tipe Kepribadian Hippocrates, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi terjadinya Covid sembilan belas yang mengakibatkan perubahan proses pembelajaran. Hasil wawancara dengan guru SMKN dua Surabaya menyebutkan bahwa perubahan proses pembelajaran ini mengakibatkan motivasi belajar siswa menjadi menurun, sehingga perlu dilakukan analisis untuk mengetahui faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa, dan pengaruh tipe kepribadian Hippocrates terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Ex post facto, yaitu penelitian hubungan sebab akibat tanpa memberi perlakuan kepada subjek penelitian. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMKN dua Surabaya, dengan sampel kelas X DPIB satu dan DPIB dua. Teknik pengambilan data berupa angket yang telah divalidasi oleh ahli. Teknik analisis data dengan analisis regresi linier berganda dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa,  Tipe kepribadian Hippocrates-sanguinis tidak berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa; dan tipe kepribadian Hippocrates-phlegmatis berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Balgies, S. (2018). Pengaruh Kepribadian Big 5 Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa MTSN. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 15(2), 34–42. https://doi.org/10.18860/ psi.v15i2.6742

Costa, P. T., & McCrae, R. R. (1992). The five-factor model of personality and its relevance to personality disorders. The Science of Mental Health: Volume 7: Personality and Personality Disorder, 6(March 1991), 17–33. https://doi.org/https://doi.org/10.1521/pedi.1992.6.4.343

Fudyartanta. (2012). Psikologi Kepribadian. Pustaka Belajar.

Hasanah, M. (2013). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Kesehatan Mental terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sma Negeri 6 Kota Tangerang Selatan. Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam Program Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta.

Iswandari, A. (2013). Pengaruh Motivasi Intrinsik, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Kepribadian terhadap Minat Berwirausaha pada Siswa SMKN 12 Surabaya. Unesa.

Koeswara, E. (1991). Teori-Teori Kepribadian. Eresco.

Kumala, A. A. S. C., Ruspawan, I. D. M., & Rindjani, I. A. (2017). Hubungan antara tipe kepribadian dengan motivasi belajar mahasiswa semester VIII prodi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689–1699.

Nur. (2001). Ilmu pendidikan. PT. Rineka Cipta.

Priani, D. H. S., & Ismiyati. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 379–390. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.31621

Salvicion, & Celis. (1998). Bina Keluarga. Rineka Cipta.

Saputri, R. U., Aminuyati, & Achmadi. (2015). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Ekonomi Di SMKN 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(8), 1–12. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view /11132

Savitri, D. (2019). Pengaruh kepribadian dan kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar pai siswa kelas x sman 1 ponorogo tahun ajaran 2018/2019. 2–100.

Sholekhah, I. M., & Hadi, S. (2014). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Melalui Motivasi Belajar SMP NEGERI 1 Ambarawa (Studi Kelas VII Tahun Ajaran 2013/2014). Eonomic Education Analysis Journal, 3(2), 372–378. http://jour nal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Siagian, S. P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Slameto. (2013). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Widiantari, & Herdianto. (2013). Perbedaan Intensitas Komunikasi Melalui Jejaring Sosial antara Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert pada Remaja. https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi /article/view/25055/16269

Wiyani, T. E. K. (2013). Pengaruh Konsep Diri, Kemandirian, Motivasi, dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA di Kabupaten Gresik. Unesa.

Yuddi, I. S. (2021). Abnormalitas Tokoh Dalam Kumpulan Cerpen Dukun Carok dan Tongkat Kayu Karya A. Warits Rovi : Kajian Psikologi Kepribadian Gordon W. Allport. Bapala, 8(6), 129–144.

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Avandri, A., Suparji, S., Wardhono, A., & Suhartini, R. (2023). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Tipe Kepribadian Hippocrates terhadap Motivasi Belajar . Journal of Education Research, 4(3), 1000–1006. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.320

Issue

Section

Articles