Evaluasi Kebijakan Pendidikan Inklusif di Indonesia: Pendekatan CIPP dan Perspektif Keadilan Sosial

Authors

  • Chairul Anwar Manajemen Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Laili Komariyah Manajemen Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Ahmad Aznem Manajemen Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Hasbar Hasbar Manajemen Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Lidyawati Tandi Payung Manajemen Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Agus Heri Kesuma Manajemen Pendidikan, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2576

Keywords:

Pendidikan inklusif, kebijakan publik, ABK, implementasi, evaluasi kebijakan

Abstract

Pendidikan inklusif telah diadopsi sebagai strategi nasional di Indonesia untuk menjamin akses pendidikan yang merata bagi semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK). Namun, data empiris menunjukkan bahwa implementasinya di tingkat satuan pendidikan masih menghadapi tantangan struktural dan kultural yang kompleks. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelaksanaan kebijakan pendidikan inklusif di Indonesia melalui pendekatan kajian pustaka, dengan menganalisis dokumen kebijakan, studi-studi empiris sebelumnya, dan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) serta lensa keadilan sosial. Hasil analisis menunjukkan bahwa kebijakan pendidikan inklusif telah selaras secara normatif dengan tujuan global seperti Sustainable Development Goals (SDGs), namun implementasinya masih menghadapi hambatan serius pada aspek input dan proses. Di antaranya adalah keterbatasan pelatihan guru, infrastruktur yang belum memadai, lemahnya koordinasi lintas lembaga, serta minimnya mekanisme pemantauan dan evaluasi berbasis data. Selain itu, orientasi kebijakan yang cenderung administratif belum sepenuhnya merefleksikan prinsip keadilan sosial dalam praktik. Temuan ini berkontribusi pada diskursus global mengenai efektivitas kebijakan pendidikan inklusif di negara-negara berkembang, dengan merekomendasikan perlunya pendekatan kebijakan berbasis evaluasi kontekstual, peningkatan kapasitas aktor pendidikan, penguatan sinergi antar pemangku kepentingan, serta perumusan kebijakan yang lebih responsif terhadap kebutuhan lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd.Kadir. (2015). Penyelengaraan Sekolah Inklusi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 03(2), 2–22.

Bahiyyah, F. D., & Wibowo, U. B. (2019). Analisis Kualitas Layanan Akademik Madrasah Dengan Metode Servqual Pada Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p1-10

Cairney, P., & Jones, M. D. (2016). K ingdon’s multiple streams approach: what is the empirical impact of this universal theory? Policy Studies Journal, 44(1), 37–58.

Cerenas, S. (2016). Inclusive Education in the Philippines: Through the Eyes of Teachers, Administrators, and Parents of Children with Special Needs. Social Science Diliman, 12(1), 5–28.

Das, A., Sharma, S., & Singh, V. K. (2012). Inclusive Education in India : A Paradigm Shift in Roles, Responsibilities and Competencies of Regular School Teachers. Journal of Indian Education, November.

Firdausyi, M. F. (2024). Mutu Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Indonesia. Educatus: Jurnal Pendidikan, 2(2), 9–15. https://doi.org/10.69914/educatus.v2i2.12

Fraser, N. (2009). Scales of Justice: Reimagining Political Space in a Globalizing World. Cambridge University Press.

Howlett, M., & Ramesh, M. (2003). (2003). Studying Public Policy: Policy Cycles and Policy Subsystems. Oxford University Press.

Husna, F., Yunus, N. R., & Gunawan, A. (2019). Hak Mendapatkan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Dimensi Politik Hukum Pendidikan. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 6(2), 207–222. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v6i1.10454

Indonesia, P. P. R. (2020). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 13 tahun 2020 tentang akomodasi yang layak untuk peserta didik penyandang disabilitas.

Jauhari, A. (2017). Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1), 9088–9094. https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3099

Johnston, J. (2025). No Title. Administrative Theory & Praxis, 20(3), 394–396. http://www.jstor.org/stable/25611298

Juntak, J. N. S., Rynaldi, A., Sukmawati, E., Arafah, M., & Sukomardojo, T. (2023). Mewujudkan Pendidikan Untuk Semua: Studi Implementasi Pendidikan Inklusif di Indonesia. Ministrate: Jurnal Birokrasi Dan Pemerintahan Daerah, 5(2), 205–214. https://doi.org/10.15575/jbpd.v5i2.26904

Kingdon, J. W. (2010). Agendas, Alternatives, and Public Policies, Update Edition, with an Epilogue on Health Care. http://www.amazon.co.uk/Alternatives-Policies-Epilogue-Classics-Political/dp/020500086X

Lipsky, M. (1980). Street Level Bureaucracy. Russell Sage Foundation. http://www.jstor.org/stable/10.7758/9781610447713

Llorent, V. J., Núñez-Flores, M., & Kaakinen, M. (2024). Inclusive education by teachers to the development of the social and emotional competencies of their students in secondary education. Learning and Instruction, 91(December 2023). https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2024.101892

MacPherson, S. (1989). The Convention on the Rights of the Child. Social Policy & Administration, 23(1), 99–101. https://doi.org/10.1111/j.1467-9515.1989.tb00500.x

Nations, U. (2007). Convention on The Rights of Persons with Disabilities. 211. https://treaties.un.org/doc/Publication/CTC/Ch_IV_15.pdf

Oliviera, B. R. de, & Peixoto, M. do C. de L. (2021). Street-Level Bureaucracy and Public Policies: Analyzing Educational Policy Implementation From the Perspective of Schools and Teachers. Educação Em Revista, 37, 1–15. https://doi.org/10.1590/0102-4698219212

Putri, W. P., Putri, H. A., Setyo, B., Islam, U., Sunan, N., & Yogyakarta, K. (2025). Rendahnya Literasi Pendidikan Inklusi pada Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Ngawi. 5, 540–554.

Reardon, S. F., Baker, R., Kasman, M., Klasik, D., & Townsend, J. B. (2018). What levels of racial diversity can be achieved with socioeconomic‐based affirmative action? Evidence from a simulation model. Journal of Policy Analysis and Management, 37(3), 630–657.

Sabatier, P., & Mazmanian, D. (1980). The Implementation of Public Policy : A Framework of Analysis. Policy Studies Journal, 8(4), 538–560. https://doi.org/10.1111/j.1541-0072.1980.tb01266.x

Srivastava, M., de Boer, A. A., & Pijl, S. J. (2015). Know How to Teach Me… Evaluating the Effects of an In-Service Training Program for Regular School Teachers Toward Inclusive Education. International Journal of School and Educational Psychology, 3(4), 219–230. https://doi.org/10.1080/21683603.2015.1064841

Stufflebeam, D., & Zhang, G. (2017). The CIPP Evaluation Model: How to evaluate for improvement and accountability.

Sukbunpant, S., Michael, A.-K., & and Dempsey, I. (2013). Thai preschool teachers’ views about inclusive education for young children with disabilities. International Journal of Inclusive Education, 17(10), 1106–1118. https://doi.org/10.1080/13603116.2012.741146

Sumar, A. S. dan W. T. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan Kajian Teoretis, Eksploratif, dan Aplikatif. In The Journal of investigative dermatology (1st ed., Vol. 60, Issue 5). Cendekia Press. https://doi.org/10.1111/1523-1747.ep12723167

Supena, A., Nuraeni, S., Soedjojo, R. P., Maret, W., Paramita, D., Rasyidi, C., & C, S. D. (2018). Pedoman penyelenggaraan pendidikan anak usia dini inklusif (guidelines for the implementation of inclusive early childhood education). In Direktorat Pembinaan Pembinaan Anak Usia Dini (Issue 21).

UNESCO. (1994). The Salamanca statement and framework for action. Policy, June, 50.

UNESCO. (2009). Policy Guidelines on Inclusion in Education. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). United Nations Educational, Scientifi c and Cultural Organization.

Unwin, A. and. (2020). Inclusive for The 21st Century Theory , Policy and Practice (L. J. Graham (ed.)). Routledge, Taylor & Francis Group.

Vorapanya, S., & and Dunlap, D. (2014). Inclusive education in Thailand: practices and challenges. International Journal of Inclusive Education, 18(10), 1014–1028. https://doi.org/10.1080/13603116.2012.693400

Zaskia, A. H., Maulidina, C. A., Azalia, V., Fadilah, A., & Harum, T. M. (2024). Literature Review : Pengaruh Stigma Sosial Terhadap Anak dengan Hambatan Intelektual. Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa, 9(2), 111–120.

Downloads

Published

2025-07-23

How to Cite

Anwar, C., Komariyah, L., Aznem, A., Hasbar, H., Payung, L. T., & Kesuma, A. H. (2025). Evaluasi Kebijakan Pendidikan Inklusif di Indonesia: Pendekatan CIPP dan Perspektif Keadilan Sosial. Journal of Education Research, 6(3), 739–750. https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2576

Issue

Section

Articles

Categories