Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis STEM terhadap Kemampuan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Ach. Royatus Shidqi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Sumenep, Indonesia
  • Framz Hardiansyah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Sumenep, Indonesia
  • Yeni Puji Astuti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Sumenep, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2459

Keywords:

Model Problem Based Learning, STEM, Kemampuan Numerasi

Abstract

Keterampilan numerasi murid yang tidak memadai berasal dari ketergantungan pada gaya mengajar guru menggunkan ceramah, yang mengakibatkan siswa cepat putus asa dan kesulitan memahami materi yang disampaikan. Penelitian ini berusaha untuk menentukan efek substansial dari pembelajaran PBL berbasis STEM pada keterampilan numerasi murid Kelas V di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimental yang menampilkan kelompok kontrol nonequivalent. Populasi penelitian terdiri dari 50 siswa kelas lima. Penelitian ini menggunakan strategi purposive sampling, yang terdiri dari 25 siswa dalam kelompok kontrol dan 25 siswa dalam kelompok eksperimen. Penelitian ini menggunakan teknik tes untuk pengumpulan data, dengan memanfaatkan tes esai sebagai instrumen penelitian. Data yang diperoleh dalam penelitian ini kemudian dievaluasi menggunakan uji prasyarat, yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis melalui uji-T, dan penilaian ukuran efek. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan STEM dalam PBL secara signifikan meningkatkan keterampilan numerasi siswa. Penerapan pendekatan PBL berbasis STEM secara substansial memengaruhi keterampilan numerasi anak-anak sekolah dasar kelas lima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiwiguna, S., Dantes, N., & Gunamantha, M. (2019). Pengaruh model problem based learning (PBL) berorientasi stem terhadap kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa Kelas V SD di Gugus I Gusti Ketut Pudja. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 94–103.

Andini, R., Winarti, E. R., & Mintarsih, M. (2022). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada model problem-based learning berbantuan bahan ajar dengan pendekatan STEM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 467–474.

Anggraini, N., Nazip, K., Amizera, S., & Destiansari, E. (2022). Penerapan model problem based learning berbasis stem menggunakan bahan ajar realitas lokal terhadap literasi lingkungan mahasiswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 5(1), 121–129.

Ardiansyah, H., Riswanda, J., & Armanda, F. (2021). Pengaruh model PBL dengan pendekatan stem terhadap kompetensi kognitif peserta didik pada materi sistem pencernaan kelas XI di SMA/MA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 7(1), 46–51.

Ariyatun, A., & Octavianelis, D. F. (2020). Pengaruh model problem based learning terintegrasi stem terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. JEC: Journal of Educational Chemistry, 2(1), 33.

Hardiansyah, F., Armadi, A., Ar, M. M., & Wardi, M. (2024). Analysis of Field Dependent and Field Independent Cognitive Styles in Solving Science Problems in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(3), 1159–1166. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i3.5661

Hardiansyah, F., & Wahdian, A. (2023). Improving Science Learning Outcomes Through the Development of the Magic Card Box Learning Media. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 823–833. https://doi.org/https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.2711

Hardiansyah, F., & Zainuddin, Z. (2022). The Influence of Principal’s Motivation, Communication, and Parental Participation on Elementary School Teachers’ Performance. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 9(2), 319–334. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v9i2.9936

Iolanessa, L., Kaniawati, I., & Nugraha, M. G. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Pendekatan STEM dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 5(1), 113–117.

Jayanti, N. D., & Purwanti, S. (2017). Kualitas Pelayanan (Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Tangibles) Di Legend Premium Coffee Yogyakarta. Journal of Culinary Education and Technology, 6(1).

Maulidia, A., Lesmono, A. D., & Supriadi, B. (2019). Inovasi pembelajaran Fisika melalui penerapan model PBL (problem based learning) dengan pendekatan stem education untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi elastisitas dan hukum Hooke di SMA. Fkip E-Proceeding, 4(1), 185–190.

Mercader, J., Miranda, A., Presentación, M. J., Siegenthaler, R., & Rosel, J. F. (2018). Contributions of motivation, early numeracy skills, and executive functioning to mathematical performance. A longitudinal study. Frontiers in Psychology, 8, 2375.

Murdiasih, D., & Wulandari, F. E. (2022). Model problem based learning dengan pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 6(2), 80–91.

Mustofa, M. R., Arif, S., Sholihah, A. K., Aristiawan, A., & Rokmana, A. W. (2021). Efektivitas model pembelajaran problem based learning berbasis STEM terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 375–384.

Nurazmi, N., & Bancong, H. (2021). Integrated stem-problem based learning model: its effect on students’ critical thinking. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 4(2), 70–77.

Purnomo, H., Sa’dijah, C., Hidayanto, E., Permadi, H., & Anwar, L. (2022). Development of Instrument Numeracy Skills Test of Minimum Competency Assessment (MCA) in Indonesia. International Journal of Instruction, 15(3), 635–648.

Putri, C. D., Pursitasari, I. D., & Rubini, B. (2020). Problem based learning terintegrasi STEM di era pandemi covid-19 untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. JIPI (Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA), 4(2), 193–204.

Rahmawati, L., & Juandi, D. (2022). Pembelajaran matematika dengan pendekatan stem: Systematic literature review. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 149–160.

Septiani, I., Lesmono, A. D., & Harimukti, A. (2020). Analisis minat belajar siswa menggunakan model problem based learning dengan pendekatan STEM pada materi vektor di kelas X MIPA 3 SMAN 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 64–70.

Sobkow, A., Fulawka, K., Tomczak, P., Zjawiony, P., & Traczyk, J. (2019). Does mental number line training work? The effects of cognitive training on real-life mathematics, numeracy, and decision making. Journal of Experimental Psychology: Applied, 25(3), 372.

Widiyatmoko, A., & Darmawan, M. S. (2023). IMPLEMENTASI STEM PADA PEMBELAJARAN IPA DI INDONESIA: REVIEW ARTIKEL TAHUN 2018-2023. Proceeding Seminar Nasional IPA.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Shidqi, A. R., Hardiansyah, F., & Astuti, Y. P. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis STEM terhadap Kemampuan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 6(3), 511–517. https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2459

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check