Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis STEM terhadap Kemampuan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2459Keywords:
Model Problem Based Learning, STEM, Kemampuan NumerasiAbstract
Keterampilan numerasi murid yang tidak memadai berasal dari ketergantungan pada gaya mengajar guru menggunkan ceramah, yang mengakibatkan siswa cepat putus asa dan kesulitan memahami materi yang disampaikan. Penelitian ini berusaha untuk menentukan efek substansial dari pembelajaran PBL berbasis STEM pada keterampilan numerasi murid Kelas V di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimental yang menampilkan kelompok kontrol nonequivalent. Populasi penelitian terdiri dari 50 siswa kelas lima. Penelitian ini menggunakan strategi purposive sampling, yang terdiri dari 25 siswa dalam kelompok kontrol dan 25 siswa dalam kelompok eksperimen. Penelitian ini menggunakan teknik tes untuk pengumpulan data, dengan memanfaatkan tes esai sebagai instrumen penelitian. Data yang diperoleh dalam penelitian ini kemudian dievaluasi menggunakan uji prasyarat, yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis melalui uji-T, dan penilaian ukuran efek. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan STEM dalam PBL secara signifikan meningkatkan keterampilan numerasi siswa. Penerapan pendekatan PBL berbasis STEM secara substansial memengaruhi keterampilan numerasi anak-anak sekolah dasar kelas lima.
Downloads
References
Adiwiguna, S., Dantes, N., & Gunamantha, M. (2019). Pengaruh model problem based learning (PBL) berorientasi stem terhadap kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa Kelas V SD di Gugus I Gusti Ketut Pudja. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 94–103.
Andini, R., Winarti, E. R., & Mintarsih, M. (2022). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada model problem-based learning berbantuan bahan ajar dengan pendekatan STEM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 467–474.
Anggraini, N., Nazip, K., Amizera, S., & Destiansari, E. (2022). Penerapan model problem based learning berbasis stem menggunakan bahan ajar realitas lokal terhadap literasi lingkungan mahasiswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 5(1), 121–129.
Ardiansyah, H., Riswanda, J., & Armanda, F. (2021). Pengaruh model PBL dengan pendekatan stem terhadap kompetensi kognitif peserta didik pada materi sistem pencernaan kelas XI di SMA/MA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 7(1), 46–51.
Ariyatun, A., & Octavianelis, D. F. (2020). Pengaruh model problem based learning terintegrasi stem terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. JEC: Journal of Educational Chemistry, 2(1), 33.
Hardiansyah, F., Armadi, A., Ar, M. M., & Wardi, M. (2024). Analysis of Field Dependent and Field Independent Cognitive Styles in Solving Science Problems in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(3), 1159–1166. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i3.5661
Hardiansyah, F., & Wahdian, A. (2023). Improving Science Learning Outcomes Through the Development of the Magic Card Box Learning Media. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 823–833. https://doi.org/https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.2711
Hardiansyah, F., & Zainuddin, Z. (2022). The Influence of Principal’s Motivation, Communication, and Parental Participation on Elementary School Teachers’ Performance. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 9(2), 319–334. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v9i2.9936
Iolanessa, L., Kaniawati, I., & Nugraha, M. G. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Pendekatan STEM dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 5(1), 113–117.
Jayanti, N. D., & Purwanti, S. (2017). Kualitas Pelayanan (Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Tangibles) Di Legend Premium Coffee Yogyakarta. Journal of Culinary Education and Technology, 6(1).
Maulidia, A., Lesmono, A. D., & Supriadi, B. (2019). Inovasi pembelajaran Fisika melalui penerapan model PBL (problem based learning) dengan pendekatan stem education untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi elastisitas dan hukum Hooke di SMA. Fkip E-Proceeding, 4(1), 185–190.
Mercader, J., Miranda, A., Presentación, M. J., Siegenthaler, R., & Rosel, J. F. (2018). Contributions of motivation, early numeracy skills, and executive functioning to mathematical performance. A longitudinal study. Frontiers in Psychology, 8, 2375.
Murdiasih, D., & Wulandari, F. E. (2022). Model problem based learning dengan pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 6(2), 80–91.
Mustofa, M. R., Arif, S., Sholihah, A. K., Aristiawan, A., & Rokmana, A. W. (2021). Efektivitas model pembelajaran problem based learning berbasis STEM terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 375–384.
Nurazmi, N., & Bancong, H. (2021). Integrated stem-problem based learning model: its effect on students’ critical thinking. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 4(2), 70–77.
Purnomo, H., Sa’dijah, C., Hidayanto, E., Permadi, H., & Anwar, L. (2022). Development of Instrument Numeracy Skills Test of Minimum Competency Assessment (MCA) in Indonesia. International Journal of Instruction, 15(3), 635–648.
Putri, C. D., Pursitasari, I. D., & Rubini, B. (2020). Problem based learning terintegrasi STEM di era pandemi covid-19 untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. JIPI (Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA), 4(2), 193–204.
Rahmawati, L., & Juandi, D. (2022). Pembelajaran matematika dengan pendekatan stem: Systematic literature review. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 149–160.
Septiani, I., Lesmono, A. D., & Harimukti, A. (2020). Analisis minat belajar siswa menggunakan model problem based learning dengan pendekatan STEM pada materi vektor di kelas X MIPA 3 SMAN 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 64–70.
Sobkow, A., Fulawka, K., Tomczak, P., Zjawiony, P., & Traczyk, J. (2019). Does mental number line training work? The effects of cognitive training on real-life mathematics, numeracy, and decision making. Journal of Experimental Psychology: Applied, 25(3), 372.
Widiyatmoko, A., & Darmawan, M. S. (2023). IMPLEMENTASI STEM PADA PEMBELAJARAN IPA DI INDONESIA: REVIEW ARTIKEL TAHUN 2018-2023. Proceeding Seminar Nasional IPA.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Ach. Royatus Shidqi, Framz Hardiansyah, Yeni Puji Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).