Peran Guru dalam Mengedukasi Anak Tentang Pentingnya Gizi Seimbang di RA Raudlatul Hasan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2411Keywords:
peran guru, edukasi gizi seimbang, anak usia dini, kebiasaan makan sehat, kolaborasi sekolah dan keluargaAbstract
Guru sebagai figur sentral di lingkungan sekolah memiliki tanggung jawab strategis dalam mengedukasi anak tentang pentingnya asupan gizi yang tepat dan pola makan sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru dalam memberikan edukasi gizi seimbang kepada anak-anak serta mengidentifikasi metode yang digunakan, tantangan yang dihadapi, dan upaya kolaborasi dengan orang tua dan pihak terkait dalam mendukung tercapainya pola makan sehat pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data primer dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta dokumentasi aktivitas pembelajaran di sekolah. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih informan yang relevan, yaitu guru dan siswa di taman kanak-kanak yang menjadi lokasi penelitian. Analisis data dilakukan secara tematik untuk menggali pemahaman mendalam mengenai praktik edukasi gizi, peran guru sebagai model perilaku, serta interaksi guru dengan orang tua dan posyandu dalam mendukung pemenuhan kebutuhan gizi anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru tidak hanya menyampaikan materi teori tentang gizi seimbang, tetapi juga menerapkan berbagai strategi pembelajaran yang kreatif dan interaktif, seperti membentuk kreasi makanan bergizi, membiasakan pola hidup bersih dan sehat, serta mengajak anak berpartisipasi dalam aktivitas fisik. Guru juga berperan sebagai model yang memberikan contoh langsung dalam mengonsumsi makanan bergizi, sehingga memotivasi anak untuk mengikuti kebiasaan tersebut.
Downloads
References
Amalia, O., Riswan, & Yunitasari. (2025). Pentingnya gizi seimbang pada anak prasekolah untuk mendukung pertumbuhan fisik dan psikis. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 8(1), 293-302.
Amelia, L. P., Sukamto, E., & Utami, R. P. (2023). Hubungan perilaku picky eater dan aktivitas fisik dengan status gizi anak usia dini. Indonesian Journal of Early Childhood, 7(1).
Andiani, K., Hartaningrum, S., & Wahyuningtyas, D. (2024). Kebutuhan gizi remaja dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan fisik. Sriwijaya Journal of Sport, 12(1).
Dewi, N. K., & Sari, D. P. (2023). Peningkatan pengetahuan ibu dan guru terkait gizi seimbang melalui edukasi dan advokasi di sekolah Al-Hunafa Kota Bandung. Jurnal Proactive, 4(1).
Fahimah, H. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia Dini pada Masa Golden Age. PEDIAMU.
Hanani, R., Badrah, S., & Noviasty, R. (2021). Pola makan, aktivitas fisik, dan genetik mempengaruhi kejadian obesitas pada remaja. Jurnal Kesehatan Metro.
Hasriani, H., Gurning, J., & Nasution, A. (2023). Mengenalkan pentingnya makanan gizi seimbang untuk pertumbuhan anak usia 5-6 tahun di KB Kenanga Desa Jagan. Jurnal Nusantara Berbakti, 3(1), 128-135.
Human Tendencies pada Anak Usia 0-6 Tahun dengan Metode Montessori: Studi Literatur. (2024). Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.
Jatmikowati, T. E., Nuraini, K., Winarti, D. R., & Adwitiya, A. B. (2023). Peran guru dan orang tua dalam pembiasaan makan makanan sehat gizi seimbang pada anak kelompok B3 TK ABA 4 Mangli, Kaliwates Kabupaten Jember. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1).
Julinda, J., & Diana, D. (2024). Penggunaan media miniatur terhadap aktivitas belajar pada anak usia 5-6 tahun di taman kanak-kanak Islam Bina Empat Lima Pontianak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 167-175.
Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. (2025). Pemerintah Siapkan Strategi Baru PAUD I 2025-2029. Kemenko PMK.
Kumara, A. R. (2022). Purposive sampling disebut juga sebagai judgmental sampling yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan judgment (penilaian) dari peneliti mengenai anggota. eprints UAD.
Kusuma, D. A., & Putri, R. A. (2025). Literasi kesehatan dan gizi anak usia dini dalam sebuah kajian holistik integratif. Indonesian Journal of Early Childhood, 7(1).
Lailatuz Zahro. (2023). Peran guru dalam mengenalkan makanan bergizi melalui kegiatan membawa bekal sehat di PAUD Isroqiyah Karanggedang Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Repository UIN Saizu.
Loeziana, U. (2017). The Golden Age: Masa Efektif Merancang Kualitas Anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2).
Manggali, S. (2023). Gizi seimbang wujud mencapai generasi emas berkarakter dan berbudaya. Jurnal Manggali, 3(1), 181-189.
Nurhidayah, I., & Sari, D. P. (2024). Edukasi makanan sehat untuk mencegah gizi kurang pada anak sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(2).
Oktari, N. (2023). Peran guru dalam meningkatkan gizi seimbang pada anak melalui kegiatan membentuk kreasi makanan kelompok B di TK Polres Bengkulu Peduli Kota Bengkulu. Repository UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Oktari, N. (2023). Peran orang tua dan guru dalam mendorong pola makan sehat pada anak usia dini. Prosiding SINAU: Seminar Nasional Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Poltekkes Malang. (2020). Purposive sampling merupakan teknik pengambilan data dengan menentukan sampel yang sudah dipertimbangkan (Sugiyono, 2015). Perpustakaan Poltekkes Malang.
Prasetyo, T. J. (2024). Upaya promotif untuk meningkatkan status gizi siswa sekolah dasar melalui pendidikan sarapan sehat kepada siswa dan guru. Jurnal Pengabdian Gizi dan Kesehatan Masyarakat, 2(1), 89-97.
Puspita Sari, R., Syamsudin, M. A., & Yudha, F. (2024). Pengembangan permainan dakon lompat (dakopat) untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 159-166.
Puspita, A. L., Sukamto, E., & Utami, R. P. (2025). Riwayat status gizi dan kemampuan kognitif pada anak usia pra sekolah. Jurnal IBNUSINA, 10(1).
Putri, D. A., & Sari, N. (2023). Peran guru dalam pembentukan perilaku makan sehat anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 51-58.
Rahmawati, I., & Nurhidayati, N. (2024). Mengenalkan pentingnya makanan gizi seimbang untuk pertumbuhan anak usia 5-6 tahun di KB Kenanga Desa Jagan. Jurnal Nusantara Berbakti, 3(1), 126-137.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Elisa Zekaria, Terza Travelancya, Ivone Hafidlatil Kiromi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).