Metode Kisah untuk Penguatan Nilai Akhlak dalam Pembelajaran Akidah Akhak: Studi di MTs Al Muwafiq
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.2337Keywords:
Moral Karakter, Metode Kisah, Keaktifan SiswaAbstract
Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang tidak hanya mentransfer pengetahuan tapi juga dapat merubah tingkah laku siswa. Namun pada realitanya, proses pembelajaran Akidah Akhlak di kelas masih belum dapat menanamkan esensi nilai akhlak yang ingin ditanamkan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penerapan metode kisah dalam pembelajaran Akidah Akhlak untuk menguatkan nilai akhlak siswa. Penelitian ini berfokus di MTS Al-Muwaffiq Cicalengka dengan prosedur penelitian melalui serangkaian langkah yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proses penelitian yang terstruktur. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data tematik yang meliputi tahap pengelompokkan data, analisis data, mendeskripsikan dan membandingkan data, serta menarik interpretasi untuk menyusun kesimpulan yang akurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode kisah dalam pembelajaran Akidah Akhlak terbukti berhasil dalam memperkuat nilai-nilai akhlak pada siswa. Hal ini didukung oleh data wawancara dengan siswa dan guru, serta hasil evaluasi sumatif yang menunjukkan peningkatan pemahaman dan pengamalan akhlak seperti bersikap sopan santun terhadap guru dan teman sebaya, bertutur kata yang baik serta mengikuti kegiatan kegamaan sekolah dengan baik. Secara teoritis, penelitian ini berkontribusi dalam memperkaya kajian terkait metode kisah dalam pembelajaran dengan kaitannya untuk meningkatkan nilai akhlak siswa. Secara praktis, penelitian ini dapat menjadi panduan bagi guru dalam menerapkan metode pembelajaran berbasis kisah untuk menguatkan nilai akhlak siswa.
Downloads
References
Achmad, A. D. (2019). Nilai-nilai Psikologis dan Pendidikan melalui Kisah dalam Al Qur’an. An-Nufus, 1(1), 1–26. https://doi.org/10.32534/annufus.v1i1.1773
Afidah, I. (2019). Pendidikan Akhlaq Perspektif Pemikiran Ibnu Miskawaih (Tokoh Filosof Muslim Masa Abad Tengah). FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 10(1), 17–26. https://doi.org/10.36835/falasifa.v10i1.149
Ahmad, M. (2022). Efektifitas Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Citangkil. Adz-Zikr : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 21–31. https://doi.org/https://doi.org/10.55307/adzzikr.v5i2.94
Amilia, R., Al Ghazal, S., & Rachmah, H. (2022). Landasan-Landasan Metodologis Pendidikan Akhlak pada Buku Mendidik Anak Bersama Nabi ﷺ Karya Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(1). https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i1.2420
Anggraini, W., & Syafril, S. (2023). Pengembangan nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini. Osfpreprints, 1–9.
Arianto, Y., Fitri, M., & Ali, R. (2023). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Talibura. Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 67–71. https://doi.org/10.56393/didactica.v3i2.1795
Bancin, M., & Masitah, W. (2024). Implementasi Metode Bercerita Tentang Kisah Nabi Pada Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 203–215. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.513
Dodi, I. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/73
Hamdani, B. (2020). Teaching Reading Through Reciprocal Teaching Method. Celtic: A Journal of Culture, English Language Teaching, Literature and Linguistics, 7(1), 23. https://doi.org/10.22219/celtic.v7i1.11936
Hastuti, S., & Marzuki, I. (2021). Model Asesmen Alternatif dalam Evaluasi Pembelajaran di Era Pandemi Covid- 9. Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan Tadarus Tarbawy, 3(1). https://doi.org/10.31000/jkip.v3i1.4252
Hilmi, R. Z., Hurriyati, R., & Lisnawati. (2018). Konsep Takziyatun Nafs Perspektif Al Ghazali dalam Pendidikan Akhlak. 3(2), 91–102.
Ilyasa, F. F., Rahardja, M. N. A., Firmansyah, M. I., Faqihuddin, A., & Muflih, A. (2024). ARKA Model Implementation (Aktivitas, Refleksi, Konseptualisasi, Aplikasi) in Islamic Education Learning: Building 21st Century Competencies. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 179–195. https://doi.org/10.24042/002024152157300
Irfangi, M. (2017). Implementasi Metode Kisah dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah. Jurnal Kependidikan, 5(1), 87–104. https://doi.org/10.24090/jk.v5i1.1255
Irmaliya Izzah Salsabilla, Erisya Jannah, J. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. 3(1), 33–41.
Jannah, M. (2020). Peran Pembelajran Aqidah Akhlak untuk Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Siswa. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 237. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.326
Khasanah, U., & Izza Mazida, L. (2021). Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Kisah Al-Qur’an sebagai upaya Membudayakan Nilai-Nilai Keislaman. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1989–2000. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i11.361
Kurniasih, I., Rohmatulloh, R., & Al Ayyubi, I. I. (2023). Pengaruh Pendidikan Akidah Akhlak Terhadap Perilaku Sosial. Al-Mau’izhoh, 4(2), 48. https://doi.org/10.31949/am.v4i2.4626
Kuswoyo, P. (2021). Ketuntasan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Melalui Metode Kisah. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 69–88. https://doi.org/10.14421/jpi.2012.11.69-88
Lestari, F. A., Sagala, H. H., & Nurrohman, W. (2023). Literature Review: Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Akhlak Siswa. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 392–399. https://doi.org/10.56832/edu.v1i3.150
Lingga, L. J., Satria, H., Ain, S. Q., & Nuramadina, A. (2023). Pendampingan Strategi Pembuatan Modul Ajar pada Kurikulum Merdeka untuk Guru-guru SDN 184 Pekanbaru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 515–521. https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.576
M. Abdul Aziz, & Martoyo Martoyo. (2024). Sikap Wara’ Seorang Siswa. Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(3), 320–329. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i3.1279
Muttaqin, M. R., Fauzan, U., & Malihah, N. (2023). Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Akhlakul Karimah Siswa Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Anggana. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 363–376. https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i2.14233
Nantara Didit. (2022). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan di Sekolah dan Peran Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 2251–2260. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3267%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/3267/2742
Nenda, N., Edy, S., Muktiali, S., & Nugroho, D. (2024). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Perilaku Islami Siswa di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 8(1), 799–805. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7187
Nurhayati, F., Wibowo, S., & Febriyanti, I. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Porkes, 5(1). https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5313
Putri, S. J., & Nadlif, A. (2023). Penerapan Film Animasi Nusa dan Rara Sebagai Media Pembelajaran Akidah akhlak. Research and Development Journal of Education, 9(2), 1140. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19240
Rahayu, A. M., Mujahidin, E., & Rahman, I. K. (2023). Pendidikan Akhlak Anak Fase Tamyiz Usia 7-10 Tahun. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 397–418. https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i2.14387
Rahma, F. A., Harjono, H. S., & Sulistyo, U. (2023). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Basicedu, 7(1), 603–611. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4653
Rahman, M. H. (2019). Metode Mendidik Akhlak Anak dalam Perspektif Imam Al-Ghazali. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2), 30. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i2.5459
Rifai, A., Jamali, J., & Juanda, A. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Kebangsaan dan Keagamaan sebagai Upaya Pembentukan Akhlak Di Lingkungan Sekolah (Study Kasus di Madrasah Tsanawiyah …. Innovative: Journal Of Social Science …. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/11281
Rizayanti, H., & Bustam, B. M. R. (2023). Evaluasi Pendidikan Akhlak di Masa Pandemi Sesuai dengan Pandangan Imam Al-Ghazali. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(4), 1727–1738. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i4.4752
Rosita, M. (2016). Membentuk Karakter Siswa Melalui Metode Kisah Qurani. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(1), 53–72. https://doi.org/10.24952/fitrah.v2i1.455
Sabarudin, M. (2022). Metode Story Telling Kisah Qur’ani untuk Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Akidah Akhlak. Jurnal Al Burhan, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.58988/jab.v2i1.10
Salomo Leuwol, F., Basiran, B., Solehuddin, M., Vanchapo, A. R., Sartipa, D., & Munisah, E. (2023). Efektifitas Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 988–999. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.899
Sholihati, R. (2021). Manajemen Pendidikan Dalam Menanamkan Nilai kesantun Siswa Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(5), 374–385. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i5.80
Simanjuntak, E., & Manurung, M. S. G. (2022). Pergeseran Nilai Orang tua dikalangan Etnis Suku Batak Toba. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(2), 150–157. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i2.26
Sya’ban, B. M., Syahidin, S., Aulia, M. H., Nazhan, F. A., Muzaki, R. F. S., Ali, M. M. F., & Julianto, A. (2025). Optimalisasi Pembelajaran Akidah melalui Model Sosiodrama dalam Memperkuat Karakter Kejujuran Siswa Kelas VIII SMPN 1 Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(1), 135–149. https://doi.org/https://doi.org/10.53299/jppi.v5i1.884
Syauqi, M. (2022). Peran Guru Sebagai Role Model Dalam Membina Akhlak Siswa SUPM Ladong Aceh. Ar Raniry: International Journal of Islamic Studies, 9(2), 175–188.
Taqiyuddin, T., Supardi, S., & Lubna, L. (2024). Evaluasi Formatif dan Sumatif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1936–1942. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2392
Ulum, B. (2020). Metode Kisah Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Hadits Nabi. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 202–221. https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.2.202-221
Ulum, M. (2023). Internalisasi nilai-nilai akhlak terpuji di Pondok Pesantren Al-Karomah Kepanjen dalam Surat Luqman Ayat 16-19 perspektif Tafsir Al-Munir. etheses.uin-malang.ac.id. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/59250
Urbaningkrum, S. M., Ichsan, Y., Rahma, A. N., & Iklima, I. (2022). Penerapan Metode Kisah Melalui Vidio Animasi pada Pendidikan Akhlak. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 9(2), 231–243. https://doi.org/10.24952/di.v9i2.3899
Wahyudi, W. E., Aisyah, N., Romlah, Asyha, A. F., Arifin, F., & Warsiyah. (2024). Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Bandar Lampung. Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research, 2(2), 41–47. https://doi.org/10.61683/jome.v2i2.143
Widjastuti, A., Zahwa, E. K., Koto, H. H., & ... (2024). Implementasi metode kisah Qurani dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas 5C SDN Sumur Batu II. Jurnal Pendidikan …. https://journalpedia.com/1/index.php/jpi/article/view/1922
Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I), 105–113. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660/569
Zaimah, Z., Nazaruddin, N., & Husaini, N. (2022). Urgensi Metode Cerita Islam bagi Guru PAI dalam Membentuk Akhlak Siswa di SD Sekota Tanjungpinang. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 19(1), 87–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v19i1.437
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Ikbal Fajriyanur, Udin Supriadi, Usup Romli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).