Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, dan Product)
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.2336Keywords:
Model CIPP, Kurikulum Merdeka, Madrasah IbtidaiyahAbstract
Implementasi Kurikulum Merdeka, sebagai kurikulum yang baru tentu menghadirkan tantangan tersendiri bagi sekolah dan guru. Oleh karena itu, penting untuk melakukan peninjauan atau evaluasi terhadap pelaksanaan kurikulum ini di sekolah, termasuk di MI Nurul Ulum 1 Giligenting Sumenep. Evaluasi kurikulum menjadi hal yang sangat penting dalam meninjau sejauh mana tercapainya tujuan dari suatu program pendidikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi pelaksanaan Kurikulum Merdeka di MI Nurul Ulum 1 Giligenting Sumenep dengan menggunakan model evaluasi CIPP (context, input, process, product). Jenis penelitian yang gunakan adalah penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif. Model evaluasi yang di gunakan adalah model CIPP. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data menurut Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada evaluasi konteks di MI Nurul Ulum 1 menunjukkan bahwa lingkungan sekolah cukup mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, namun 40% guru belum memahami konsep Kurikulum Merdeka secara optimal. Pada aspek input, ketersediaan sarana prasarana tergolong cukup mencapai sekitar 76%, tetapi pelatihan guru masih perlu ditingkatkan. Evaluasi proses menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran telah mengarah pada pembelajaran berdiferensiasi, meskipun 35% guru mengalami kesulitan dan masih harus beradaptasi dengan adanya perubahan dalam metode pengajaran dan elemen kurikulum. Dari aspek produk, masih belum sepenuhnya terlihat pada siswa karena kurikulum ini masih baru diterapkan sehinggga memerlukan waktu yang cukup untuk memperoleh hasil yang nyata.
Downloads
References
Agugoesi, O. J., Inweregbuh, O. C., Mbonu-Adigwe, B., & Ofot, O. N. (2022). Evaluation of Teachers' Implementation of Curriculum Content Areas in Junior Secondary Schools' Science Subject. International Journal of Curriculum and Instruction, 14(2), 1189-1203.
Agustin, R. (2024). Evaluasi Kurikulum Merdeka Menggunakan Model CIPP Pada Sekolah Dasar. Cendekia Pendidikan, 3(1), 19-29.
Arofah, E. F. (2021). Evaluasi kurikulum pendidikan. Jurnal Tawadhu, 5(2), 218-229.
Bayrakci, M., & Karacaoglu, Ö. C. (2020). Determination of Learning Outcomes of Curriculum Development in Education According to Questions in KPSS (Public Personnel Selection Examination) Educational Sciences Test. International Journal of Curriculum and Instruction, 12(2), 507-532.
Djuanda, I. (2020). Implementasi evaluasi program pendidikan karakter model cipp (context, input, process dan output). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 3(1), 37-53.
Ekayana, A. A. G., & Ratnaya, I. G. (2022). Evaluasi Kurikulum Program Sarjana Sistem Komputer Menggunakan Model CIPP Stufflebeam. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3).
Fuadi, A. S., & Anas, M. (2019). Implementasi Model CIPP dalam Evaluasi Kurikulum 2013 Pendidikan Ekonomi. Semdikjar 3, 316–324.
Hamdi, M. M. (2020). Evalusi Kurikulum Pendidikan. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 66–75.
Hilabi, A. (2019). Evaluasi Kurikulum (Issue 3). Maslahat Umat Indonesia.
Ilyasa, M. D. J., & Madjid, A. (2021). Evaluasi Program Terapi Al-Quran Melalui Model Context, Input, Process, Product (CIPP). Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 13(1), 135-154.
Indriati, K., Muchlas, M., & Sayuti, M. (2023). Kebiasaan Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Saat Pandemi Covid-19 Di SMK Muhammadiyah Purwodadi Purworejo. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1319-1332.
Indriyati, I., Basukiyatno, B., & Suriswo, S. (2023). Evaluasi Model CIPP (Context, Input, Proces, Product) Kurikulum 2013 Spirit Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Subulul Ikhsan Kersana. Journal of Education Research, 4(4), 2312-2319.
Jaya, P. R. P., & Ndeot, F. (2018). Penerapan model evaluasi CIPP dalam mengevaluasi program layanan PAUD holistik integratif. PERNIK, 1(1), 10-25.
Kemendikbudristek. (2022). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan.
Kosasih, F., Tadjudin, P., Mulyadi, D., & Yunus, U. (2022). The Influence of Changing the Educational Curriculum on Students at SD Negeri Ibu Jenab 1 Cianjur. Edumapsul-Jurnal Pendidikan, 6(2), 2769-2779.
Lestari, C. A. A., Lestari, A. D., Magfirah, I., & Susilawati, S., (2025). Peran Bahan Ajar, Media dan Sumber Belajar: Kunci Sukses dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal At-Thullab, 7(1), 2685-8924.
Lestari, I. D., Yahya, F., Suryani, E., Aini, R. Q., & Asriyanti, S. (2023). Pelatihan Pelaksanaan Asesmen Pembelajaran Sesuai Kurikulum Merdeka. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 22-26.
Lestari, N. A. (2023, Januari). Analysis of 2013 curriculum problems so it is Changed into a merdeka curriculum. Jurnal Pendidikan Nusantara, 8(2), 263-274.
Maulido, S., Karmijah, P., & Rahmi, V. (2024). Upaya meningkatkan pendidikan masyarakat di daerah terpencil. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(1), 198-208.
Mubai, A., Jalinus, N., Ambiyar, A., Wakhinuddin, W., Abdullah, R., Rizal, F., & Waskito, W. (2021). Implementasi Model Cipp Dalam Evaluasi Kurikulum Pendidikan Teknik Informatika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1383-1394.
Muhaimin. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah, Madrasah, Dan Perguruan Tinggi. Pt Raja Grafindo Persada.
Nengsih, D., Febrina, W., Maifalinda, M., Junaidi, J., Darmansyah, D., & Demina, D. (2024). Pengembangan modul ajar kurikulum merdeka. Diklat Review: Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 8(1), 150-158.
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19 (2), 250–261.
Nurhayani, N., Yaswinda, Y., & Movitaria, M. A. (2022). Model evaluasi CIPP dalam mengevaluasi program pendidikan karakter sebagai fungsi pendidikan. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2353-2362.
Rama, A., Ambiyar, A., Rizal, F., Jalinus, N., Waskito, W., & Ema, R. (2023). Konsep model evaluasi context, input, process dan product (CIPP).
Saldana., Miles & Huberman. 2014. Qualitative Data Analysis. America: SAGE Publications
Samala, A. D., Rawas, S., Criollo-C, S., Bondarenko, O., Samala, A. G., & Novaliendry, D. (2024). Harmony in Education: An In-Depth Exploration of Indonesian Academic Landscape, Challenges, and Prospects Towards the Golden Generation 2045 Vision. TEM Journal, 13(3).
Sari, F. B., & Risda Amini, M. (2020). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu. vol, 6, 3.
Sili, F. (2021). Merdeka Belajar Dalam Perspektif Humanisme Carl R. Roger. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa:Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 47-67.
Suri, S., Sholeh, M., & Roesminingsih, E. (2024). Evaluasi Implementasi Kurikulum Cambridge dengan Model CIPP. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 55-68.
Syamsiar, H., Muzakki, M., Ratnaya, I. G., & Widiana, I. W. (2023). Evaluasi Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis CIPP. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 6(2), 536-544.
Turmuzi, M., Ratnaya, I. G., Al Idrus, S. W., Paraniti, A. A. I., & Nugraha, I. N. B. S. (2022). Literature review: evaluasi keterlaksanaan kurikulum 2013 menggunakan model evaluasi cipp (context, input, process, dan product). Jurnal Basicedu, 6(4), 7220-7232.
Windayanti, W., Afnanda, M., Agustina, R., Kase, E. B., Safar, M., & Mokodenseho, S. (2023). Problematika guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 2056-2063.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Sheila Nabila, Nadlir Nadlir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).