Implementasi Metode Experiential Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Memasak di PPA (Riset Kaji Tindak di PPA IO 935 Air Hidup GSJA Injil Sepenuh Surakarta)
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1768Keywords:
Keterampilan, PPA, Peserta Didik SMA/SMKAbstract
Keterampilan memasak di PPA menjadi bagian tidak terlepaskan dari pembelajaran yang dilaksanakan di PPA termasuk di PPA Air Hidup IO 935 di Surakarta. Keterampilan ini menjadi bagian tidak terpisahkan dengan bekal Kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan sejauh mana peningkatan keterampilan fisik memasak menggunakan metode Experiential Learning pada peserta didik PPA usia besar. Penelitian Kaji Tindak model Kemmis & Mc Taggar dengan 2 siklus. Sampel penelitian ini adalah murid kelompok usia besar. Teknik pengumpulan data digunakan lembar tes, lembar observasi dan angket. Instrument yang digunakan adalah skala unjuk kerja guna mengukur keterampilan memasak di PPA. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif guna mengukur keefektifan metode Experiential Learning yang diimplementasikan di kelas besar PPA. Data kualitatif dianalisis menggunakan analisis interaktif model Miles & Huberman. Hasil penelitian ini adalah bahwa metode Experiential Learning mampu meningkatkan keterampilan memasak. Berdasarkan hasil tersebut, maka bisa dipastikan bahwa metode pembelajaran Experiential Learning efektif jika diterapkan di PPA pada praktik Fisik, terkhusus memasak
Downloads
References
Adan, S. I. A. (2023). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 76–86. http://pijar.saepublisher.com/index.php/jpp/article/view/17/16
Ajani, O. A. (2023). The Role of Experiential Learning in Teachers’ Professional Development for Enhanced Classroom Practices. Journal of Curriculum and Teaching, 12(4), 143–155. https://doi.org/10.5430/JCT.V12N4P143
Dewi, I. K. K. (2011). Pelaksanaan Pembelajaran Ketrampilan Memasak Bagi Anak Tunagrahita Mampu Didik Slb-C Dharma Rena Ring Putra Ii Yogyakarta. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1689–1699.
Dr. H. Muh. Arif, M. A., Dr. Lalu Suhirman, M. P., Dr. Perdy Karuru, M. P., Dr. Aleda Mawene, M. P., Agus Supriyadi, M. P., Junaidin, M. P., Wayan Mahardika Prasetya Wiratama, S. P. M. P., Dr. Sumarni Rumfot, M. P., Dr. Arifin, S. P. M. P., & Dr. Singgih Prastawa, M. P. (2024). KONSEP DASAR TEORI PEMBELAJARAN. Cendikia Mulia Mandiri. https://books.google.co.id/books?id=wLv4EAAAQBAJ
Febiola, D. (2018). Peranan Compassion East Indonesia melalui Child Sponsorship Programme dalam Pengentasan Kemiskinan Anak di Indonesia (Studi Kasus Kecamatan Pontianak Utara Tahun 2017-2018). Sovereign, Jurnal S-1 Ilmu Hubungan Internasional, 2(2), 1–20.
Fithriyah, K., Arif, M., & Ningsih, P. R. (2019). Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Di Smk Negeri 2 Bangkalan. Jurnal Ilmiah Edutic, 6(1), 39–45. https://journal.trunojoyo.ac.id/edutic/article/view/6389
Gustina, G. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Model Experiential Learning Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 1(1), 11–24. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.337
Irwandi, A. (2020). EFEKTIVITAS PROGRAM PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) PADA DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI BIDANG KEAHLIAN AKUNTANSI (STUDI di SMK NEGERI 1 KLATEN) THE EFFECTIVENESS OF THE PROGRAM OF DOUBLE SYSTEM EDUCATION (PSG) IN THE BUSINESS WORLD AND THE WORLD INDUSTRY F. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1.
Istighafroh, Z. (2014). Pelaksanaan model pembelajaran. Pelaksaan Model Pemebelajaran Experiential Learning Di Pendidikan Dasar Sekolah Anak Prima Yogyakarta, 1–15.
Jaedun, A., Omar, M. K., Kartowagiran, B., & Istiyono, E. (2020). A precedence evaluation of demand and supply between vocational high school graduates and workforce requirement in Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 24(1), 27–38. https://doi.org/10.21831/pep.v24i1.29580
Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas II B SDN Kunciran 5 Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 48–62. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Masihoru, O. (2024). Kontribusi Psikologi Pendidikan Bagi Mentor dan Tutor di Pusat Pengembangan Anak “Dorkas” (PPA) Gereja Misi Injili Indonesia “Tesalonika” Batu. Missio Ecclesiae, 13(1), 36–52. https://doi.org/10.52157/me.v13i1.249
Muttaqin, Q., & Darmawan, P. (2022). Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Prpgam Linear Berdasarkan Teori Piaget. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 2(1), 109–118. http://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/knmipa/article/view/1729
Prastawa, S. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Lingkungan Vokasi Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas Xii Otomotif 1 Di Smk Pgri. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 7932–7942.
Priatmoko, S., & Dzakiyyah, N. I. (2020). Relevansi Kampus Merdeka Terhadap Kompetensi Guru Era 4.0. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 1–15.
Riska, A. (2022). Peran Pusat Pengembangan Anak (Ppa) Id0807 Efata Gandangbatu Dalam Menanamkan Nilai Kristiani Pada Anak Kelas 3 Sd Inpres No. 142 Gandangbatu. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 5(1), 2656–1131. http://stthami.ac.id/ojs/index.php/hami
Sunny, V., Siti Sundari, F., & Kurniasih, M. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V E Di Sdn Polisi 1 Kota Bogor. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1070–1079. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.788
Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2023). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan Informal. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 125–131. https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298
Tekege, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 2(1), 40–52. https://uswim.e-journal.id/fateksa/article/view/38
Ulfa, M., Widodo, J. P., & Yappi, S. N. (2022). The Effectiveness of an Experiential Learning ( ExL ) on the Students ’ Reading Comprehension. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 6009–6017.
Zulfah, S. A., & Mukhoiyaroh, M. (2022). Penerapan Teori Pemrosesan Informasi Robert M. Gagne pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Al-Mubarok Surabaya. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 6(2), 144–157. https://doi.org/10.30762/ed.v6i2.498
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 singgih prastawa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).