Clinical Supervision as a Professional Development Strategy: Improving the Teaching Quality of Madrasah Intidaiyah

Authors

  • Liwaul Hamdi Sultan Aji Muhammad Idris State Islamic University, Indonesia
  • Sudadi Sudadi Sultan Aji Muhammad Idris State Islamic University, Indonesia
  • Tri Wahyudi Ramdhan Darul Hikmah Islamic College, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1764

Keywords:

Supervisi Klinis, Strategi Pengembangan Profesional, Kualitas Pengajaran

Abstract

Pendidikan yang bermutu merupakan kunci dalam membentuk generasi yang kompeten dan berkarakter, khususnya di Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang membangun nilai-nilai Islam. Namun, peningkatan mutu pengajaran sering kali terhambat oleh kurangnya supervisi yang efektif. Supervisi klinis, sebagai pendekatan kolaboratif antara supervisor dan guru, dapat menjadi solusi untuk meningkatkan mutu pengajaran, khususnya dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengevaluasi pelaksanaan supervisi klinis di madrasah ibtidaiyah, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan supervisi klinis memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan perencanaan pengajaran, metode pembelajaran, dan hasil belajar siswa. Namun, kendala seperti keterbatasan waktu supervisor dan resistensi dari beberapa guru menjadi tantangan. Supervisi dilakukan oleh kepala madrasah dan tim yang terlatih, dengan masing-masing guru menerima supervisi minimal dua kali per semester. Diperlukan pendekatan yang lebih komunikatif agar guru lebih terbuka terhadap supervisi, guna meningkatkan mutu pengajaran secara maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anridzo, A. K., Arifin, I., & Wiyono, D. F. (2022). Implementasi supervisi klinis dalam penerapan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8812–8818.

Fauzi, F. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Supervisi Klinis. EDUSIANA Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(2), 109–128.

Goldhammer, R., Anderson, R. H., & Krajewski, R. J. (1969). Clinical supervision: Special methods for the supervision of teachers. (No Title).

Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif.

Humairoh, F., Supriyanto, A., & Burhanuddin, B. (2016). Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru Di Sekolah Dasar. State University of Malang.

Kartini, K., & Susanti, S. (2019). Supervisi Klinis Oleh Kepala Sekolah Terhadap Kualitas Pembelajaran. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 160–168.

Mardiyanti, F., & Setyaningsih, R. (2020). Implementasi Peran Supervisor Dalam Pengawasan Manajerial Dan Faktor-Faktor Memengaruhi Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(4), 308–313.

Mulloh, T., & Muslim, A. Q. (2022). Analisis peran supervisi pendidikan dalam meningkatkan profesionalitas guru. Journal Publicuho, 5(3), 763–775.

Nurcholiq, M. (2017). Supervisi klinis. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–25.

Qasim, M., & Maskiah, M. (2016). Perencanaan pengajaran dalam kegiatan pembelajaan. Jurnal Diskursus Islam, 4(3), 484–492.

Ri, D. A. (2010). Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta: Lentera Abadi, 220.

Riadi, A. (2017). Problematika sistem evaluasi pembelajaran. ITTIHAD, 15(27).

Tanama, Y. J., Supriyanto, A., & Burhanuddin, B. (2016). Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. State University of Malang.

Uno, H. B. (2023). Perencanaan pembelajaran. Bumi Aksara.

Widodo, H. (2021). Evaluasi Pendidikan. UAD PRESS.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Hamdi, L., Sudadi, S., & Ramdhan, T. W. (2024). Clinical Supervision as a Professional Development Strategy: Improving the Teaching Quality of Madrasah Intidaiyah. Journal of Education Research, 5(4), 5521–5527. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1764

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)