Clinical Supervision as a Professional Development Strategy: Improving the Teaching Quality of Madrasah Intidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1764Keywords:
Supervisi Klinis, Strategi Pengembangan Profesional, Kualitas PengajaranAbstract
Pendidikan yang bermutu merupakan kunci dalam membentuk generasi yang kompeten dan berkarakter, khususnya di Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang membangun nilai-nilai Islam. Namun, peningkatan mutu pengajaran sering kali terhambat oleh kurangnya supervisi yang efektif. Supervisi klinis, sebagai pendekatan kolaboratif antara supervisor dan guru, dapat menjadi solusi untuk meningkatkan mutu pengajaran, khususnya dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengevaluasi pelaksanaan supervisi klinis di madrasah ibtidaiyah, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan supervisi klinis memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan perencanaan pengajaran, metode pembelajaran, dan hasil belajar siswa. Namun, kendala seperti keterbatasan waktu supervisor dan resistensi dari beberapa guru menjadi tantangan. Supervisi dilakukan oleh kepala madrasah dan tim yang terlatih, dengan masing-masing guru menerima supervisi minimal dua kali per semester. Diperlukan pendekatan yang lebih komunikatif agar guru lebih terbuka terhadap supervisi, guna meningkatkan mutu pengajaran secara maksimal.
Downloads
References
Anridzo, A. K., Arifin, I., & Wiyono, D. F. (2022). Implementasi supervisi klinis dalam penerapan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8812–8818.
Fauzi, F. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Supervisi Klinis. EDUSIANA Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(2), 109–128.
Goldhammer, R., Anderson, R. H., & Krajewski, R. J. (1969). Clinical supervision: Special methods for the supervision of teachers. (No Title).
Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif.
Humairoh, F., Supriyanto, A., & Burhanuddin, B. (2016). Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru Di Sekolah Dasar. State University of Malang.
Kartini, K., & Susanti, S. (2019). Supervisi Klinis Oleh Kepala Sekolah Terhadap Kualitas Pembelajaran. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 160–168.
Mardiyanti, F., & Setyaningsih, R. (2020). Implementasi Peran Supervisor Dalam Pengawasan Manajerial Dan Faktor-Faktor Memengaruhi Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(4), 308–313.
Mulloh, T., & Muslim, A. Q. (2022). Analisis peran supervisi pendidikan dalam meningkatkan profesionalitas guru. Journal Publicuho, 5(3), 763–775.
Nurcholiq, M. (2017). Supervisi klinis. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–25.
Qasim, M., & Maskiah, M. (2016). Perencanaan pengajaran dalam kegiatan pembelajaan. Jurnal Diskursus Islam, 4(3), 484–492.
Ri, D. A. (2010). Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta: Lentera Abadi, 220.
Riadi, A. (2017). Problematika sistem evaluasi pembelajaran. ITTIHAD, 15(27).
Tanama, Y. J., Supriyanto, A., & Burhanuddin, B. (2016). Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. State University of Malang.
Uno, H. B. (2023). Perencanaan pembelajaran. Bumi Aksara.
Widodo, H. (2021). Evaluasi Pendidikan. UAD PRESS.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Liwaul Hamdi, Sudadi Sudadi, Tri Wahyudi Ramdhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).