Kepemimpinan Inventif dalam Mengelola Program Unggulan Sekolah Islam pada Era Digital di SMPIT TQ Ulil Albab Karanganyar

Authors

  • Irwan Saputra Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Thitha Meista Mulya Kusuma Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Harun Joko Prayitno Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Indri Chairunissa Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.1579

Keywords:

kepemimpinan inventif, program unggulan, Sekolah Islam, era digital, literasi digital

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang pesat telah membawa dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk di bidang pendidikan. Di era digital ini, institusi pendidikan diharapkan mampu beradaptasi dengan tuntutan zaman untuk menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten dalam menghadapi tantangan global. Salah satu tuntutan utama adalah kemampuan untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran serta mendorong pengembangan keterampilan abad ke-21, seperti pemecahan masalah, kolaborasi, dan literasi digital. Hal ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi lembaga pendidikan, khususnya sekolah Islam, untuk tetap relevan dan kompetitif. Penelitian ini mengkaji peran kepemimpinan inventif dalam mengelola program unggulan di Sekolah Islam pada era digital, dengan studi kasus di SMPIT TQ Ulil Albab, Karanganyar yang hasilnya dapat digunakan sebagai referensi bagi sekolah lain yang ingin melaksanakan program yang sama. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian ini menemukan bahwa kepemimpinan inventif di era digital tidak hanya mendorong integrasi teknologi dalam pembelajaran tetapi juga meningkatkan keterampilan abad ke-21 seperti pemecahan masalah, kolaborasi, dan literasi digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemimpin yang inventif mampu mengembangkan visi yang jelas, memanfaatkan teknologi untuk inovasi kurikulum, dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung kreativitas dan partisipasi aktif siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kepemimpinan inventif memiliki peran krusial dalam memastikan sekolah tetap relevan dan kompetitif di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, C. (2012). Leading in the Digital Age. Harvard Business Review.

Arifyanto, A. F., Salim, U., Sudjatno, & Rofiaty. (2021). Strategic Entrepreneurship: Integrating Entrepreneurial and Strategic Management Perspectives, a Case Study at Pesantren Tebuireng Jombang, East Java. KnE Social Sciences, 2021, 570–582. https://doi.org/10.18502/kss.v5i7.9351

Bass, B. M., & Avolio, B. J. (1994). Improving organizational effectiveness through transformational leadership. SAGE Publications.

Bryman, A. (2015). Social research methods (5th ed.). Oxford University Press.

Fullan, M. (2007). The new meaning of educational change (4th ed.). Teachers College Press.

Gonzales, A., Bernal, H., Reyes, J., Reyes, J. R., & Ortega Tan, M. M. (2018). Technology Initiatives: A Shared Leadership of Digital Natives and Digital Immigrants. Herpetologica, 74(3), 295–302.

Heifetz, R. A., Grashow, A., & Linsky, M. (2009). The practice of adaptive leadership: Tools and tactics for changing your organization and the world. Harvard Business Press.

Khoiriyah, S., Faizin, M., Asror, M., & Kusaeri, K. (2023). Research Trends in School Excellent Model (SEM): The Future Insights for Islamic Education Assessment. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(2), 1183–1198. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v15i2.3396

Kholis, N. (2022). Data-informed Teacher Training in Islamic Schools to Impact Effective Professional Development. Islamic Studies Journal for Social Transformation, 6(2), 241–254. https://doi.org/10.28918/isjset.v6i2.6074

Leithwood, K., & Jantzi, D. (2005). Transformational Leadership. In B. Davies (Ed.), The essentials of school leadership (hlm. 43–57). SAGE Publications.

Mulia, E., Ilmi, D., Simbolon, A. M. Y., Yanti, I., & Sumarni, W. (2023). Management of Education and Education Personnel in Aligning the Digital Era with Islamic Values. GIC Proceeding, 1, 178–187. https://doi.org/10.57096/gicp.v1i1.23

Mu’id, A. (2020). Islamic Education Management in the Digital Era. International Journal of Management in Education, 1(1), 1–17.

Northouse, P. G. (2018). Leadership: Theory and practice (8th ed.). SAGE Publications.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2019). Organizational behavior (18th ed.). Pearson.

Sartini, D., Dewi, D. M., & Haryanti, T. (2023). Tantangan Kepemimpinan Adaptif dalam Dunia Pendidikan di Era Generasi Milenial. Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 173–182.

Schein, E. H. (2010). Organizational culture and leadership (4th ed.). Jossey-Bass.

Schlechty, P. C. (2011). Leading for learning: How to transform schools into learning organizations. Jossey-Bass.

Sukriyatun, G., Handrianto, B., & Nur, M. A. (2023). The Impact of Competence on Digital Leadership Toward Curriculum Management and Teaching Performance of Islamic Lesson of SMP Teachers in Bogor. International Journal of Asian Business and Management, 4(3), 44–58.

Sutopo, H. B. (2002). Metodologi penelitian kualitatif. UNS Press.

Thohri, M. (2022). Islamic School Leadership Model: The Challenge in Digital Era. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1435–1448. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1587

Werdiningsih, R., Yusron, A., Hafiz, M., & Rumfot, S. (2019). Islamic Education Leadership Management In Independent Learning Educational Curriculum Quality: Challenge Analysis And Solutions. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 114–126. https://doi.org/10.28944/attarbiyat.v2i2.215

Zulkhairi, Z., Rosadi, E., & Mesiono, M. (2021). Implementasi Micro Digital Leading Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe. International Journal of Education Management and Sociology, 1(1), 1–10.

Downloads

Published

2025-05-27

How to Cite

Saputra, I., Kusuma, T. M. M., Prayitno, H. J., & Chairunissa, I. (2025). Kepemimpinan Inventif dalam Mengelola Program Unggulan Sekolah Islam pada Era Digital di SMPIT TQ Ulil Albab Karanganyar. Journal of Education Research, 6(2), 485–493. https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.1579

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)