Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Penggerak di TK
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1578Keywords:
Kepemimpinan Transformasional, Kepala Sekolah Penggerak, Kinerja Guru, Kualitas PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi kepemimpinan transformasional oleh kepala sekolah penggerak di TK Kemala Bhayangkari 67 Sragen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah penggerak telah berhasil mengimplementasikan kepemimpinan transformasional melalui beberapa strategi seperti memberikan motivasi, membangun visi bersama, dan mendorong inovasi di lingkungan sekolah. Implementasi kepemimpinan ini berdampak positif terhadap peningkatan kinerja guru dan kualitas pembelajaran di TK Kemala Bhayangkari 67 Sragen.
Downloads
References
Albab, U., Nurkhamidi, A., Tarifin, A., & ... (2023). Kemampuan Professional Kepemimpinan Guru Pendidikan Islam Progressif. Research Journal …, 1(2), 121–134. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/rjtpd/article/viewx/17999
Anwar, R. N., Mulyadi, M., & Soleh, A. K. (2022). Kepemimpinan Transformasional Kepala PAUD untuk Meningkatkan Mutu Pendidik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2852–2862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1577
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktek. Rineka Cipta, Jakarta.
Astuti, I. (2022). Kepemimpinan pembelajaran sekolah inklusi. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Bass, B. M., & Avolio, B. J. (1993). Transformational Leadership And Organizational Culture. Spring, 17(1), 112–121.
Bass, B. M., & Avolio, B. J. (1994). Improving Organizational Effectiveness through Transformational Leadership. Sage Publications.
Bass, B. M. (1985). Leadership and Performance Beyond Expectation. The Free Press.
Beaver, J. K., & Weinbaum, E. H. (2009). Measuring School Capacity, Maximizing School Improvement.
Bennis, W., & Nanus, B. (2006). Leaders Strategi untuk Mengemban Tanggung Jawab. PT.Buana Ilmu Populer Kelompok Gramedia.
Daswati. (2012). IMPLEMENTASI PERAN KEPEMIMPINAN DENGAN GAYA KEPEMIMPINAN MENUJU KESUKSESAN ORGANISASI. Jurnal Academica Fisip Untad, 04(01), 797.
Day, C., Sammons, P., & Gorgen, K. (2020). Successful School Leadership. Education Development Trust.
Duryat, M. (2021). Kepemimpinan Pendidikan: Meneguhkan Legitimasi Dalam Berkontestasi Di Bidang Pendidikan. Alfabeta, Bandung.
Endrekson, R. (2019). GAYA KEPEMIMPINAN INOVATIF PROGRESIF PEMERINTAH DESA DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENYUSUNAN APBDES. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, Volume 3 N.
Fadhilah, A. R., Fitri, R. R., & Wibowo, Y. S. (2021). Distance education di masa covid-19: tinjauan terhadap sistem, kebijakan, dan tantangan e-education di sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(2), 171–188. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i2.42648
Faridli, E. M., Sumardjoko, B., Prayitno, H. J., & Narimo, S. (2024). Rekonstruksi kepemimpinan pendidikan progresif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran : teori dan praktik. 10(1), 178–185.
Hakim, A. F. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Banjarmasin Post Group). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 62(2):131–.
Hardika Senny, M., Wijayaningsih, L., Kurniawan, M., & Kristen Satya Wacana, U. (2018). Penerapan Gaya Kepemimpinan Transformasional Dalam Manajemen PAUD di Kecamatan Sidorejo Salatiga The Application of Transformational Leadership in Early Childhood Education Management in Sidorejo Salatiga Sub District. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 197–209.
Herman, R., Gates, S., Arifkhanova, A., Barrett, M., Bega, A., Chavez-Herrerias, E., Han, E., Harris, M., Migacheva, K., Ross, R., Leschitz, J., & Wrabel, S. (2017). School Leadership Interventions Under the Every Student Succeeds Act: Evidence Review: Updated and Expanded. School Leadership Interventions Under the Every Student Succeeds Act: Evidence Review: Updated and Expanded, December. https://doi.org/10.7249/rr1550-3
Hollingworth, Liz; Olsen, Dorian; Asikin-Garmager, Asih; Winn, K. M. (2018). Initiating Conversations and Opening Doors: How Principals Establish a Positive Building Culture to Sustain School Improvement Efforts. Educational Management Administration & Leadership, 46 (6), 1014–1034.
Iqbal, M. (2021). Kepemimpinan Transformasional Dalam Upaya Pengembangan Sekolah/Madrasah. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(3), 119–129. https://doi.org/10.22373/pjp.v10i3.12187
Iqbal, M. I. F. A. J., & Hamdaniyah, S. (2023). Model Kepemimpinan Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam Di Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 505–521.
Kasmawati, Y. (2020). Peningkatan Prestasi Siswa melalui Pengembangan Profesional Guru: Suatu Tinjauan Literatur. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(1), 13. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i1.648
Leithwood, K., & Jantzi, D. (2000). The Effects of Transformational Leadership on Organizational Conditions and Student Engagement with School. Journal of Educational Administration, 38(2), 112-129.
Lesilolo, H. J. (2012). Peran Agama Di Indonesia Transformative Leadership in the Reconstruction. Pembangunan Pendidikan Fondasi Dan Aplikasi, 1, 83–93.
Morissan, dkk. (2017). Metode Penelitian Survei. Kencana, Jakarta.
Nahsir, J., & Awaluddin, A. (2021). Kepemimpinan Progresif atasi Kemunduran Pendidikan Islam Tradisional. Arfannur, 2(2), 119–132. https://doi.org/10.24260/arfannur.v2i2.453
Nengsih, S., Gusfira, R., & Pratama, R. (2020). Kepemimpinan Trasnsformatif di Lembaga Pendidikan Islam. Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1).
Raolina, H., Hariri, H., & Rini, R. (2021). Principle Transformational and Intructional Leadership Styles to Create Effective Schools: A Literature Review. https://doi.org/10.4108/eai.16-10-2020.2305216
Rusmanto, Anief, S., & Waston. (2023). Dampak kepemimpinan progresif kepala sekolah penggerak terhadap merdeka belajar di SD Muhammadiyah 1 dan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Pendidikan Islam, 5(001), 356–361.
Sofiah Sinaga, N., Aprilinda, D., & Putra Budiman, A. (2021). Konsep Kepemimpinan Transformasional. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(7), 840–846. https://doi.org/10.36418/cerdika.v1i7.123
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, PTK, Mix Method, R&D). Sukoharjo: CV.Jasmine.
Sutopo, H. B. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.
Wahyono, & Rofi’i, A. (2023). Penerapan Teknologi Informasi dalam Manajemen Pendidikan Islam: Tantangan dan Peluang. Journal of Islamic Education Management, Vol 7, No, 157–163. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/
Yudianto, U. C. B., Defauzi, P., Ahadiat, J. R., Ardiana, L., Kusmiyati, N., Nurlaela, N., Ramdhani, N., & Erawan, R. D. T., Trianugrahwati, D., & Alam, R. (2023). Manajemen Pembiayaan Pendidikan: Overview Implementasi Pembiayaan Pendidikan Di Satuan-Satuan Pendidikan (M. Hidayat (ed.)). Penerbit P4I.
Yuhastina, Y., Parahita, B. N., Astutik, D., Ghufronudin, G., & Purwanto, D. (2020). Sociology Teachers’ Opportunities and Challenges in Facing “Merdeka Belajar” Curriculum in the Fourth Industrial Revolution (Industry 4.0). Society, 8(2), 732–753. https://doi.org/10.33019/society.v8i2.234
Yukl, G. (2010). Leadership in Organization Alih Bahasa oleh Udaya Jusuf: Kepemimpinan dalam Organisasi. Prehallindo.
Yukl, G. (2013). Leadership in Organizations (8th ed.). Pearson.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Cettra Shandilia Latunusa Ambawani, Irwan Saputra, Thitha Meista Mulya Kusuma, Bambang Sumardjoko, Achmad Fathoni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).