Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Penggerak di TK

Authors

  • Cettra Shandilia Latunusa Ambawani Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Irwan Saputra Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Thitha Meista Mulya Kusuma Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Bambang Sumardjoko Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Achmad Fathoni Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1578

Keywords:

Kepemimpinan Transformasional, Kepala Sekolah Penggerak, Kinerja Guru, Kualitas Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi kepemimpinan transformasional oleh kepala sekolah penggerak di TK Kemala Bhayangkari 67 Sragen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah penggerak telah berhasil mengimplementasikan kepemimpinan transformasional melalui beberapa strategi seperti memberikan motivasi, membangun visi bersama, dan mendorong inovasi di lingkungan sekolah. Implementasi kepemimpinan ini berdampak positif terhadap peningkatan kinerja guru dan kualitas pembelajaran di TK Kemala Bhayangkari 67 Sragen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albab, U., Nurkhamidi, A., Tarifin, A., & ... (2023). Kemampuan Professional Kepemimpinan Guru Pendidikan Islam Progressif. Research Journal …, 1(2), 121–134. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/rjtpd/article/viewx/17999

Anwar, R. N., Mulyadi, M., & Soleh, A. K. (2022). Kepemimpinan Transformasional Kepala PAUD untuk Meningkatkan Mutu Pendidik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2852–2862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1577

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktek. Rineka Cipta, Jakarta.

Astuti, I. (2022). Kepemimpinan pembelajaran sekolah inklusi. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Bass, B. M., & Avolio, B. J. (1993). Transformational Leadership And Organizational Culture. Spring, 17(1), 112–121.

Bass, B. M., & Avolio, B. J. (1994). Improving Organizational Effectiveness through Transformational Leadership. Sage Publications.

Bass, B. M. (1985). Leadership and Performance Beyond Expectation. The Free Press.

Beaver, J. K., & Weinbaum, E. H. (2009). Measuring School Capacity, Maximizing School Improvement.

Bennis, W., & Nanus, B. (2006). Leaders Strategi untuk Mengemban Tanggung Jawab. PT.Buana Ilmu Populer Kelompok Gramedia.

Daswati. (2012). IMPLEMENTASI PERAN KEPEMIMPINAN DENGAN GAYA KEPEMIMPINAN MENUJU KESUKSESAN ORGANISASI. Jurnal Academica Fisip Untad, 04(01), 797.

Day, C., Sammons, P., & Gorgen, K. (2020). Successful School Leadership. Education Development Trust.

Duryat, M. (2021). Kepemimpinan Pendidikan: Meneguhkan Legitimasi Dalam Berkontestasi Di Bidang Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Endrekson, R. (2019). GAYA KEPEMIMPINAN INOVATIF PROGRESIF PEMERINTAH DESA DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENYUSUNAN APBDES. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, Volume 3 N.

Fadhilah, A. R., Fitri, R. R., & Wibowo, Y. S. (2021). Distance education di masa covid-19: tinjauan terhadap sistem, kebijakan, dan tantangan e-education di sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(2), 171–188. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i2.42648

Faridli, E. M., Sumardjoko, B., Prayitno, H. J., & Narimo, S. (2024). Rekonstruksi kepemimpinan pendidikan progresif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran : teori dan praktik. 10(1), 178–185.

Hakim, A. F. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Banjarmasin Post Group). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 62(2):131–.

Hardika Senny, M., Wijayaningsih, L., Kurniawan, M., & Kristen Satya Wacana, U. (2018). Penerapan Gaya Kepemimpinan Transformasional Dalam Manajemen PAUD di Kecamatan Sidorejo Salatiga The Application of Transformational Leadership in Early Childhood Education Management in Sidorejo Salatiga Sub District. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 197–209.

Herman, R., Gates, S., Arifkhanova, A., Barrett, M., Bega, A., Chavez-Herrerias, E., Han, E., Harris, M., Migacheva, K., Ross, R., Leschitz, J., & Wrabel, S. (2017). School Leadership Interventions Under the Every Student Succeeds Act: Evidence Review: Updated and Expanded. School Leadership Interventions Under the Every Student Succeeds Act: Evidence Review: Updated and Expanded, December. https://doi.org/10.7249/rr1550-3

Hollingworth, Liz; Olsen, Dorian; Asikin-Garmager, Asih; Winn, K. M. (2018). Initiating Conversations and Opening Doors: How Principals Establish a Positive Building Culture to Sustain School Improvement Efforts. Educational Management Administration & Leadership, 46 (6), 1014–1034.

Iqbal, M. (2021). Kepemimpinan Transformasional Dalam Upaya Pengembangan Sekolah/Madrasah. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(3), 119–129. https://doi.org/10.22373/pjp.v10i3.12187

Iqbal, M. I. F. A. J., & Hamdaniyah, S. (2023). Model Kepemimpinan Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam Di Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 505–521.

Kasmawati, Y. (2020). Peningkatan Prestasi Siswa melalui Pengembangan Profesional Guru: Suatu Tinjauan Literatur. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(1), 13. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i1.648

Leithwood, K., & Jantzi, D. (2000). The Effects of Transformational Leadership on Organizational Conditions and Student Engagement with School. Journal of Educational Administration, 38(2), 112-129.

Lesilolo, H. J. (2012). Peran Agama Di Indonesia Transformative Leadership in the Reconstruction. Pembangunan Pendidikan Fondasi Dan Aplikasi, 1, 83–93.

Morissan, dkk. (2017). Metode Penelitian Survei. Kencana, Jakarta.

Nahsir, J., & Awaluddin, A. (2021). Kepemimpinan Progresif atasi Kemunduran Pendidikan Islam Tradisional. Arfannur, 2(2), 119–132. https://doi.org/10.24260/arfannur.v2i2.453

Nengsih, S., Gusfira, R., & Pratama, R. (2020). Kepemimpinan Trasnsformatif di Lembaga Pendidikan Islam. Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1).

Raolina, H., Hariri, H., & Rini, R. (2021). Principle Transformational and Intructional Leadership Styles to Create Effective Schools: A Literature Review. https://doi.org/10.4108/eai.16-10-2020.2305216

Rusmanto, Anief, S., & Waston. (2023). Dampak kepemimpinan progresif kepala sekolah penggerak terhadap merdeka belajar di SD Muhammadiyah 1 dan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Pendidikan Islam, 5(001), 356–361.

Sofiah Sinaga, N., Aprilinda, D., & Putra Budiman, A. (2021). Konsep Kepemimpinan Transformasional. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(7), 840–846. https://doi.org/10.36418/cerdika.v1i7.123

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, PTK, Mix Method, R&D). Sukoharjo: CV.Jasmine.

Sutopo, H. B. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Wahyono, & Rofi’i, A. (2023). Penerapan Teknologi Informasi dalam Manajemen Pendidikan Islam: Tantangan dan Peluang. Journal of Islamic Education Management, Vol 7, No, 157–163. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/

Yudianto, U. C. B., Defauzi, P., Ahadiat, J. R., Ardiana, L., Kusmiyati, N., Nurlaela, N., Ramdhani, N., & Erawan, R. D. T., Trianugrahwati, D., & Alam, R. (2023). Manajemen Pembiayaan Pendidikan: Overview Implementasi Pembiayaan Pendidikan Di Satuan-Satuan Pendidikan (M. Hidayat (ed.)). Penerbit P4I.

Yuhastina, Y., Parahita, B. N., Astutik, D., Ghufronudin, G., & Purwanto, D. (2020). Sociology Teachers’ Opportunities and Challenges in Facing “Merdeka Belajar” Curriculum in the Fourth Industrial Revolution (Industry 4.0). Society, 8(2), 732–753. https://doi.org/10.33019/society.v8i2.234

Yukl, G. (2010). Leadership in Organization Alih Bahasa oleh Udaya Jusuf: Kepemimpinan dalam Organisasi. Prehallindo.

Yukl, G. (2013). Leadership in Organizations (8th ed.). Pearson.

Downloads

Published

2024-10-13

How to Cite

Ambawani, C. S. L., Saputra, I., Kusuma, T. M. M., Sumardjoko, B., & Fathoni, A. (2024). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Penggerak di TK . Journal of Education Research, 5(4), 4810–4823. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1578

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)