Cooking Class Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Makanan Bergizi Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1426Keywords:
Pengetahuan, Makanan bergizi, cooking classAbstract
Problem solving merupakan kemampuan kognitif yang harus diasah sejak dini, pada penelitian ini akan meningkatkan pengetahuan makanan bergizi pada anak usia dini melalui cooking class. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model penelitian kemmis dan taggart. Penelitan ini dilakukan dengan dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik prosentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan makanan bergizi, hal ini dibuktikan pada saat pra siklus pengetahuan makanan bergizi hanya lima belas persen kemudian setelah melakukan penelitian tindakan kelas pengetahuan makanan bergizi mengalami peningkatan pada siklus I menjadi empat puluh enam persen dan siklus II menjadi delapan puluh empat persen, hasil penelitian membuktikan bahwa cocoking class dapat meningkatkan pengetahuan makanan bergizi.
Downloads
References
Agustina, W., Sufa, F. F., Setiawan, M. H. Y., & Riyadi, U. S. (2022). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Steam Dengan Cooking Class. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, vol 1(2), 1–6. https://doi.org/10.33061/jww.v17i2.8362
Anjarsari, I., Listyaningsih, P., Linawati, R., & Dewi, R. S. I. (2021). Peningkatan Kesadaran Diri Pada Makanan Bergizi Melalui Metode “Isi Piringku” Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK PGRI Payungan Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Semarang. Sentra Cendekia, 2(2), 56. https://doi.org/10.31331/sencenivet.v2i2.1765
Hikmayani, A. . (2019). Fuge Fun Upaya Pengenalan Makanan Bergizi dan Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 3(2), 82–94.
KomalasarI, D. (2023). Kegiatan Cooking Class Sebagai Upaya Pemahaman Gizi Seimbang Anak. Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Kuningan, 4(2), 67–71.
Kurniawaty, L. (2017). Peningkatan Pengetahuan Tentang Makanan Sehat Melalui Kegiatan Bermain Cooking Class. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(3), 1–17. http://doi.org/10.25273/jcare.v4i2.955
Kusumastuti, N. dkk. (2021). Pengembangan Media frueelin untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 155–163. https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i01.3397
Rasid, J., D. (2020). Kajian tentang Kegiatan Cooking Class Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), 82–91.
Setyonongsih, D. (2021). PERAN GURU DALAM MENGENALKAN MAKANAN SEHAT DAN BERGIZI DALAM PROGAM BEKAL BERGILIR PADA ANAK USIA DINI DI RA `AISYIYAH KARANGAN. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Sujiono, Y. N. (2014). Metode Pengembangan Kognitif. Universitas Terbuka.
Supriyanto, dkk. (2021). Makanan Sehat dan Bergizi Bagi Tubuh. K-Media.
Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413
Suyanto, S. (2005). Konsep dasar perkembangan anak. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Widodo, S. T. M., Aprillia, Y., & Metty, M. (2023). Efektivitas Metode Permainan Gambar Tebak untuk Meningkatkan Pengetahuan Gizi Seimbang pada Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5455–5459. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2550
Wihardit, I. W. & K. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka.
Wisudayanti, K. A. (2020). Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 59–67. https://doi.org/10.55115/widyakumara.v1i1.583
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nawangsih Nawangsih, Anti Isnaningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).