Cooking Class Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Makanan Bergizi Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Nawangsih Nawangsih Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen, Indonesia
  • Anti Isnaningsih Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1426

Keywords:

Pengetahuan, Makanan bergizi, cooking class

Abstract

Problem solving merupakan kemampuan kognitif yang harus diasah sejak dini, pada penelitian ini akan meningkatkan pengetahuan makanan bergizi pada anak usia dini melalui cooking class. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model penelitian kemmis dan taggart. Penelitan ini dilakukan dengan dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data  menggunakan teknik obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik prosentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan makanan bergizi, hal ini dibuktikan pada saat pra siklus pengetahuan makanan bergizi hanya lima belas persen kemudian setelah melakukan penelitian tindakan kelas pengetahuan makanan bergizi mengalami peningkatan pada siklus I menjadi empat puluh enam persen  dan siklus II menjadi delapan puluh empat persen, hasil penelitian membuktikan bahwa cocoking class dapat meningkatkan pengetahuan makanan bergizi. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, W., Sufa, F. F., Setiawan, M. H. Y., & Riyadi, U. S. (2022). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Steam Dengan Cooking Class. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, vol 1(2), 1–6. https://doi.org/10.33061/jww.v17i2.8362

Anjarsari, I., Listyaningsih, P., Linawati, R., & Dewi, R. S. I. (2021). Peningkatan Kesadaran Diri Pada Makanan Bergizi Melalui Metode “Isi Piringku” Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK PGRI Payungan Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Semarang. Sentra Cendekia, 2(2), 56. https://doi.org/10.31331/sencenivet.v2i2.1765

Hikmayani, A. . (2019). Fuge Fun Upaya Pengenalan Makanan Bergizi dan Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 3(2), 82–94.

KomalasarI, D. (2023). Kegiatan Cooking Class Sebagai Upaya Pemahaman Gizi Seimbang Anak. Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Kuningan, 4(2), 67–71.

Kurniawaty, L. (2017). Peningkatan Pengetahuan Tentang Makanan Sehat Melalui Kegiatan Bermain Cooking Class. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(3), 1–17. http://doi.org/10.25273/jcare.v4i2.955

Kusumastuti, N. dkk. (2021). Pengembangan Media frueelin untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 155–163. https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i01.3397

Rasid, J., D. (2020). Kajian tentang Kegiatan Cooking Class Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), 82–91.

Setyonongsih, D. (2021). PERAN GURU DALAM MENGENALKAN MAKANAN SEHAT DAN BERGIZI DALAM PROGAM BEKAL BERGILIR PADA ANAK USIA DINI DI RA `AISYIYAH KARANGAN. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Sujiono, Y. N. (2014). Metode Pengembangan Kognitif. Universitas Terbuka.

Supriyanto, dkk. (2021). Makanan Sehat dan Bergizi Bagi Tubuh. K-Media.

Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413

Suyanto, S. (2005). Konsep dasar perkembangan anak. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Widodo, S. T. M., Aprillia, Y., & Metty, M. (2023). Efektivitas Metode Permainan Gambar Tebak untuk Meningkatkan Pengetahuan Gizi Seimbang pada Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5455–5459. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2550

Wihardit, I. W. & K. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka.

Wisudayanti, K. A. (2020). Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 59–67. https://doi.org/10.55115/widyakumara.v1i1.583

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Nawangsih, N., & Isnaningsih, A. (2024). Cooking Class Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Makanan Bergizi Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Education Research, 5(3), 3481–3488. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1426

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check