Penerapan Tes Bakat dalam Mengidentifikasi Kemampuan Peserta Didik

Authors

  • Zubaidah Zubaidah Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi, Indonesia
  • Uswatun Dwi Hasanah Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi, Indonesia
  • Vegestina Rimulawati Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi, Indonesia
  • Marsyah Julianti Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi, Indonesia
  • Ryan Pratama Putra Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.1230

Abstract

Tes bakat adalah instrumen penting dalam mengidentifikasi dan mengembangkan kemampuan peserta didik. Peran guru Bimbingan dan Konseling sangatlah penting dalam proses ini, dimulai dari pemilihan tes yang sesuai, administrasi tes, hingga interpretasi hasil dan pemberian konseling yang bermanfaat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan tes bakat dalam mengidentifikasi kemampuan peserta didik di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan menganalisis artikel dari berbagai sumber yang dapat diakses melalui Google Scholar dan Google Book dari tahun 2002 hingga 2023. Penerapan tes bakat dalam pendidikan merupakan langkah strategis untuk mendukung perkembangan peserta didik secara optimal, memastikan bahwa setiap individu memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai kesuksesan sesuai dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, S. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana Prenada Media Group.

Apriyanti, A., Hartini, H., & Azwar, B. (2023). Peran guru BK dalam mengembangkan bakat minat dan potensi belajar siswa kelas X. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2509–2518.

Arna, N. (2022). Peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 10 Sinjai [Unpublished manuscript or thesis].

Daulay, N. (2016). Implementasi tes psikologi dalam bidang pendidikan. Jurnal Tarbiyah, 21(2).

Desriandi, R., & Suhaili, N. (2021). Pengaruh bakat terhadap motivasi belajar siswa dalam proses belajar dan pembelajaran. Jurnal Edukasi, 1(2), 104–113.

Fadillah, A. (2016). Analisis minat belajar dan bakat terhadap hasil belajar matematika siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122.

Fudyartanta, K. (2004). Tes bakat dan perskalaan kecerdasan. Pustaka Pelajar.

Isrofin, B. (2019). Modul 1: Asesmen kebutuhan peserta didik dan sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kaplan, M. R., & Saccuzzo, D. P. (2012). Pengukuran psikologi: Prinsip, penerapan, dan isu (hlm. 6–7). Salemba Humanika.

Lusiana, & Suryani, M. (2018). Metode SLR untuk mengidentifikasi isu-isu dalam software engineering. SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, 3(1), 1–11.

Magdalena, I., Septina, Y., & Pratiwi, A. D. (2020). Cara mengembangkan bakat peserta didik. E-Journal STITPN.

Munandar, U. (2002). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Rineka Cipta.

Nuraeni. (2012). Tes psikologi: Tes inteligensi dan tes bakat. Purwokerto Press.

Oyetunde, A. A. (2007). Construction and validation of a general science aptitude test (GSAT) for Nigerian junior secondary school graduate. Iorin Journal of Education, 27, 22–23.

Saraswati, K. D. H., Chandhika, J., & Lie, D. (2020). Penelusuran minat bakat untuk siswa SMA SK di Jakarta Barat. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(2).

Setiawati, F. A., Izzaty, R. E., & Hidayat, V. (2018). Analisis respons butir pada tes bakat skolastik. Jurnal Psikologi, 17(1), 1–17.

Sutan, S., & Hariwijaya, M. (2012). Tes bakat dan kepribadian. PT Citra Aji Parama.

Suyono, & Hariyanto. (2015). Implementasi belajar & pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2003). Psikologi belajar. PT Raja Grafindo Persada.

Thohiroh, N. S., Guk, R. R. G., Putri, A. R., & Febyya, B. E. (2023). Implementasi tes bakat dalam menentukan karir. Obyektif, 1(1), 1–8.

Yani, D. M., Yuliatin, S., & Amraeni, Y. (2022). PKM asesmen psikologi tes minat bakat pada siswa SMAN 1 Anggaberi. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 3(1), 8–14.

Downloads

Published

2025-05-25

How to Cite

Zubaidah, Z., Hasanah, U. D., Rimulawati, V., Julianti, M., & Putra, R. P. (2025). Penerapan Tes Bakat dalam Mengidentifikasi Kemampuan Peserta Didik. Journal of Education Research, 6(2), 468–472. https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.1230

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)