Penerapan Tes Bakat dalam Mengidentifikasi Kemampuan Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.1230Abstract
Tes bakat adalah instrumen penting dalam mengidentifikasi dan mengembangkan kemampuan peserta didik. Peran guru Bimbingan dan Konseling sangatlah penting dalam proses ini, dimulai dari pemilihan tes yang sesuai, administrasi tes, hingga interpretasi hasil dan pemberian konseling yang bermanfaat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan tes bakat dalam mengidentifikasi kemampuan peserta didik di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan menganalisis artikel dari berbagai sumber yang dapat diakses melalui Google Scholar dan Google Book dari tahun 2002 hingga 2023. Penerapan tes bakat dalam pendidikan merupakan langkah strategis untuk mendukung perkembangan peserta didik secara optimal, memastikan bahwa setiap individu memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai kesuksesan sesuai dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki.
Downloads
References
Ahmad, S. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana Prenada Media Group.
Apriyanti, A., Hartini, H., & Azwar, B. (2023). Peran guru BK dalam mengembangkan bakat minat dan potensi belajar siswa kelas X. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2509–2518.
Arna, N. (2022). Peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 10 Sinjai [Unpublished manuscript or thesis].
Daulay, N. (2016). Implementasi tes psikologi dalam bidang pendidikan. Jurnal Tarbiyah, 21(2).
Desriandi, R., & Suhaili, N. (2021). Pengaruh bakat terhadap motivasi belajar siswa dalam proses belajar dan pembelajaran. Jurnal Edukasi, 1(2), 104–113.
Fadillah, A. (2016). Analisis minat belajar dan bakat terhadap hasil belajar matematika siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122.
Fudyartanta, K. (2004). Tes bakat dan perskalaan kecerdasan. Pustaka Pelajar.
Isrofin, B. (2019). Modul 1: Asesmen kebutuhan peserta didik dan sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kaplan, M. R., & Saccuzzo, D. P. (2012). Pengukuran psikologi: Prinsip, penerapan, dan isu (hlm. 6–7). Salemba Humanika.
Lusiana, & Suryani, M. (2018). Metode SLR untuk mengidentifikasi isu-isu dalam software engineering. SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, 3(1), 1–11.
Magdalena, I., Septina, Y., & Pratiwi, A. D. (2020). Cara mengembangkan bakat peserta didik. E-Journal STITPN.
Munandar, U. (2002). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Rineka Cipta.
Nuraeni. (2012). Tes psikologi: Tes inteligensi dan tes bakat. Purwokerto Press.
Oyetunde, A. A. (2007). Construction and validation of a general science aptitude test (GSAT) for Nigerian junior secondary school graduate. Iorin Journal of Education, 27, 22–23.
Saraswati, K. D. H., Chandhika, J., & Lie, D. (2020). Penelusuran minat bakat untuk siswa SMA SK di Jakarta Barat. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(2).
Setiawati, F. A., Izzaty, R. E., & Hidayat, V. (2018). Analisis respons butir pada tes bakat skolastik. Jurnal Psikologi, 17(1), 1–17.
Sutan, S., & Hariwijaya, M. (2012). Tes bakat dan kepribadian. PT Citra Aji Parama.
Suyono, & Hariyanto. (2015). Implementasi belajar & pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Syah, M. (2003). Psikologi belajar. PT Raja Grafindo Persada.
Thohiroh, N. S., Guk, R. R. G., Putri, A. R., & Febyya, B. E. (2023). Implementasi tes bakat dalam menentukan karir. Obyektif, 1(1), 1–8.
Yani, D. M., Yuliatin, S., & Amraeni, Y. (2022). PKM asesmen psikologi tes minat bakat pada siswa SMAN 1 Anggaberi. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 3(1), 8–14.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Zubaidah Zubaidah, Uswatun Dwi Hasanah, Vegestina Rimulawati, Marsyah Julianti, Ryan Pratama Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).