Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 4 MI Al Falah Beran Ngawi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1178Keywords:
pembelajaran berdiferensiasi, hasil belajar, fotosintesisAbstract
Proses pembelajaran masih didominasi oleh pendidik, dan pendidik belum memaksimalkan data, menerapkan model pembelajaran sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa kelas empat MI Al-Falah Beran Ngawi. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif. Penelitian eksperimen meupakan penelitian yang dilakukan dengan suatu percobaan atau sebuah kegiatan yang dilakukan dilapangan. Pada penelitian ini menggunakan bentuk desain One-Group Pretest-Posttes. Populasi dua puluh dua dalam penelitian ini dan mengambil sempel delapan belas siswa kelas empat MI Al-Falah Beran Ngawi. Kriteria data berdistribusi normal dengan taraf signifikansi lima persen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Analisis data menggunakan Uji T. hasil pembelajaran berdiferensiasi post test rata-rata lebih baik dan mengungguli.
Downloads
References
Aminuriyah Et. Al (2022) “Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik”. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha 9(2) 89-100
Ahmad B. et.al (2024) “tentang Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Smp Negri 1 Tomilito Gorontalo Utara” Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal,10(1) 427-448
Devi,K.F. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Perspektif Progresivisme Pada Mata Pelajaran Ipa Jurnal Filsafat Indonesia No.5 .No.3250-258
Fauziah Dkk. (2022). “Pentingnya pengembangan soft skills generasi milenial dalam menghadapi tantangan pasca pandemi covid-19”.Jurnal of comunity engagement
Farid, I. ., Yulianti, R. ., Hasan, A. ., & Hilaiyah, T. . (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11177–11182.
Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). “Pembelajaran Diferensiasi pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka”. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), 636.
Herwina, W.(2021). “Optimalisasi Kebutuhan Siswa Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi”. Jurnal Universitas Negri Jakarta,35(2)
Idamayanti,R.(2022). “Penyususnan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Smp Negri 4 Pangkajene Di Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan.” UMMAT Scientific Journals,2,75-83
Livia,I, Fine,R & Donis,s, (2024)” Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SDN Sawah Besar 01”. Jurnal Of Education,6(3)
Marlina.(2019) Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiai Di Sekolah Inklusif. CV Afifa Utamam
Sulistyosari, Y, Karwur, H.M, & Sultan,H.(2022). “Penerapan Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.Edukatif” (Jurnal Ilmu Pendidikan), 5(1)
Setiyo, A.(2022). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Kolaborasi Dengan Melibatkan Orang Tua Dan Masyarakat Untuk Mewujudkan Student’s Well-Being Di Masa Pandemi.Jurnal Ilmiah Bologi,11(April),61-78
Sugiono,(2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta
Wasih, K, Suyanto, E. & Sutrisno.(2020). Pembelajaran Berdiferensiasi: Konsep, Strategi, Dan Implementasi. Prendana Media Group
Wulandari, A.S(2022) Literature Riview:Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pemeblajaran Dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA,12(September), 682-689
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Friday Agustin Nur Naimatun Marfuah, Desi Agnafia, Ririn Setyowati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).