Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 4 MI Al Falah Beran Ngawi

Authors

  • Friday Agustin Nur Naimatun Marfuah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi, Indonesia
  • Desi Agnafia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi, Indonesia
  • Ririn Setyowati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1178

Keywords:

pembelajaran berdiferensiasi, hasil belajar, fotosintesis

Abstract

Proses pembelajaran masih didominasi oleh pendidik, dan pendidik belum memaksimalkan data, menerapkan model pembelajaran sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa kelas empat MI Al-Falah Beran Ngawi. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif. Penelitian eksperimen meupakan penelitian yang dilakukan dengan suatu percobaan atau sebuah kegiatan yang dilakukan dilapangan. Pada penelitian ini menggunakan bentuk desain One-Group Pretest-Posttes. Populasi dua puluh dua dalam penelitian ini dan mengambil sempel delapan belas siswa kelas empat MI Al-Falah Beran Ngawi. Kriteria data berdistribusi normal dengan taraf signifikansi lima persen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Analisis data menggunakan Uji T. hasil pembelajaran berdiferensiasi post test  rata-rata lebih baik dan mengungguli.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminuriyah Et. Al (2022) “Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik”. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha 9(2) 89-100

Ahmad B. et.al (2024) “tentang Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Smp Negri 1 Tomilito Gorontalo Utara” Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal,10(1) 427-448

Devi,K.F. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Perspektif Progresivisme Pada Mata Pelajaran Ipa Jurnal Filsafat Indonesia No.5 .No.3250-258

Fauziah Dkk. (2022). “Pentingnya pengembangan soft skills generasi milenial dalam menghadapi tantangan pasca pandemi covid-19”.Jurnal of comunity engagement

Farid, I. ., Yulianti, R. ., Hasan, A. ., & Hilaiyah, T. . (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11177–11182.

Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). “Pembelajaran Diferensiasi pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka”. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), 636.

Herwina, W.(2021). “Optimalisasi Kebutuhan Siswa Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi”. Jurnal Universitas Negri Jakarta,35(2)

Idamayanti,R.(2022). “Penyususnan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Smp Negri 4 Pangkajene Di Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan.” UMMAT Scientific Journals,2,75-83

Livia,I, Fine,R & Donis,s, (2024)” Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SDN Sawah Besar 01”. Jurnal Of Education,6(3)

Marlina.(2019) Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiai Di Sekolah Inklusif. CV Afifa Utamam

Sulistyosari, Y, Karwur, H.M, & Sultan,H.(2022). “Penerapan Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.Edukatif” (Jurnal Ilmu Pendidikan), 5(1)

Setiyo, A.(2022). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Kolaborasi Dengan Melibatkan Orang Tua Dan Masyarakat Untuk Mewujudkan Student’s Well-Being Di Masa Pandemi.Jurnal Ilmiah Bologi,11(April),61-78

Sugiono,(2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta

Wasih, K, Suyanto, E. & Sutrisno.(2020). Pembelajaran Berdiferensiasi: Konsep, Strategi, Dan Implementasi. Prendana Media Group

Wulandari, A.S(2022) Literature Riview:Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pemeblajaran Dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA,12(September), 682-689

Downloads

Published

2024-07-28

How to Cite

Marfuah, F. A. N. N., Agnafia, D., & Setyowati, R. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 4 MI Al Falah Beran Ngawi . Journal of Education Research, 5(3), 3133–3139. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1178

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check