Analisis Kebutuhan Awal Penggunaan Media Visual Berbasis AI dalam Keterampilan Berbicara
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1164Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kebutuhan dasar untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan mendongeng anak-anak sekolah dasar melalui penggunaan media visual berbasis AI dengan fitur Bing Image Creator. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif dan menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi sebagai instrumen penelitiannya. Reduksi data, tampilan data, dan kesimpulan adalah beberapa pendekatan analisis data yang digunakan. Diketahui dari hasil analisis data instrumen kebutuhan awal bahwa siswa masih memiliki kemampuan berbicara yang buruk, mereka takut untuk menyuarakan pendapat mereka di depan kelas, bahwa mereka cemas dan tersendat ketika berbicara. Masalah Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa guru terus menggunakan strategi pengajaran yang kurang menarik dan kemampuan berbicara siswa tetap buruk karena kurangnya media tambahan. Sebagian besar siswa dan guru mengaku membutuhkan penambahan media Visual Berbasis AI dengan Fitur Bing Image Creator sebanyak sempuluh tiga persen dan seratus persen selain itu, penelitian ini dapat berfungsi sebagai analisis kebutuhan awal penggunaan media visual berbasis AI yang sesuai, khususnya fitur Bing Image Creator, dalam keterampilam berbicara.
Downloads
References
A. , K., Baltabayeva., Zh.A., Kagazbayev., Zhanar, Eskazinova. (2022). Formation of primary school students’ communicative language learning strategies. doi: 10.31489/2022ped4/214-2192
Ali, M. (2020). Pembelajaran bahasa indonesia dan sastra (basastra) di sekolah dasar. PERNIK, 3(1), 35-44.
Anjelina, N., & Tarmini, W. (2022). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7327-7333.
Arsani, G. A. R. (2017). Indonesia Siswa Dwibahasawan Melalui Metode Bercerita. 1–11.
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
Chaouali, W., Souiden, N., & Ladhari, R. (2017). Explaining adoption of mobile banking with the theory of trying, general self-confidence, and cynicism. Journal of Retailing and Consumer Services, 35, 57–67.
Delvia, R., Taufina, T., Rahmi, U., & Zuleni, E. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Bercerita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1022–1030. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.230
Diantama, S. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) Dalam Dunia Pendidikan. DEWANTECH Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.61434/dewantech.v1i1.8
Ebel, R. L. (1969). Encyclopedia of Educational Research.
Ertel, W. (2018). Introduction to artificial intelligence. Springer.
Fajjar, Ajrin, Astiar., Rarasaning, Satianingsih., Via, Yustitia. (2020). Students’ speaking skills through project based learning at elementary schools. doi: 10.33578/JPFKIP.V9I5.8029
Fauziddin, M., Dwi Lestari, G., Mariana, N., & Sukartiningsih, W. (2023). Analysis on Value of 12 Verses Gurindam by Raja Ali Haji in the Context of Learning Islam in Early Childhood (PAUD). In International Journal of Membrane Science and Technology (Vol. 10, Issue 2).
Fitri, Siti, Sundari., Arita, Mariani. (2022). Learners' speaking skills with speech delay barriers in primary school. doi: 10.22460/pej.v6i1.2942
Halidjah, S. (2012). Evaluasi keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 2(1).
Hari, Dirjo, Joko, Susanto., Selvi, Atesya, Kesumawati., Bayu, Hardiyono., Noviria, Sukmawati. (2022). Development of Athletic Learning Model Based on Traditional Games in Class IV Students Primary School (SD). Kinestetik: jurnal ilmiah pendidikan jasmani, doi: 10.33369/jk.v6i3.23893
Hopgood, A. A. (2021). Intelligent systems for engineers and scientists: a practical guide to artificial intelligence. CRC press.
Huong, T. T. A. (2023). DEVELOPING SPEAKING SKILLS THROUGH STORIES. European Journal of Education Studies, 10(5).
Ilham, M., & Wijiati, I. A. (2020). Keterampilan berbicara: Pengantar keterampilan berbahasa. Lembaga Academic & Research Institute.
Ina, Magdalena., Juliasih, Juliasih., Luthfiana, Maulida., Luthfiah, Andriliani. (2023). Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran di SDN Karang Tengah 10. YASIN, doi: 10.58578/yasin.v3i4.1332
Intelligence Melalui Media Puzzle Maker Pada Siswa Sekolah Dasar. Abuya:
Jamiluddin, J., Khairul, M. A., Putri, D., & Eisenring, M. A. (2022). Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Aplikasi Chatbot Articial Intellince (AI) Pada Siswa SMP Negeri 9 Palu. Jurnal ADAM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 288–297.
Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 30–43.
Kuswati, S. (2013). M., & Yulie.(2015). Peningkatan Percaya Diri Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(11), 1–12.
Larosa, A. S., & Iskandar, R. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Pantun di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3723–3737.
Levie, W. H., & Lentz, R. (1982). Effects of text illustrations: A review of research. Ectj, 30(4), 195–232.
Maufidhoh, I., & Maghfirah, I. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Artificial
Maufidhoh, I., & Maghfirah, I. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Melalui Media Puzzle Maker Pada Siswa Sekolah Dasar. Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 30–43.
McCarthy, J. (2007). From here to human-level AI. Artificial Intelligence, 171(18), 1174–1182.
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Nicholson, L., Putwain, D., Connors, L., & Hornby-Atkinson, P. (2013). The key to successful achievement as an undergraduate student: confidence and realistic expectations? Studies in Higher Education, 38(2), 285–298.
Nuraini, Nuraini., Siti, Laeli, Aisyah., Arini, Syafitri. (2023). Problematika dalam Proses Pembelajaran di Tingkat Sekolah Dasar. YASIN, doi: 10.58578/yasin.v3i5.1444
Nurwida, M. (2016). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Story Tellyng Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru “COPE,” 20(2), 1–8.
Nuzuli, A. K. (2023). Faktor Penghambat dan Pendukung Komunikasi antara Guru dan Siswa Tuna Rungu di SLBN Kota Sungai Penuh. Jurnal Komunikasi, 14(1), 49–58. https://doi.org/10.31294/jkom.v14i1.14505
Oktavianus, A. J. E., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Pembelajaran dan Asesmen di Era Digitalisasi. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 5(02), 473–486.
Permana, G. P. L., Subrata, S., Darma, I. M. W., & Sutama, I. W.(2023) EDUKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA KEPADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR NEGERI 4 TIGA, KECAMATAN SUSUT, BANGLI. Jurnal Pengabdi, 6(1).
Pontjowulan, P. (2023). Implementasi penggunaan media ChatGPT dalam pembelajaran era digital. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(2), 1–8.
Putra, A. P., Hidayatulloh, R., Fauzan, H. A., & Fami, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis AR terhadap Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar Mahasiswa. Judikatif: Jurnal Desain Komunikasi Kreatif, 5(2), 115–118.
Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2023). Pemanfaatan AI sebagai Media Pembelajaran Digital dalam Foreign Language Development Program (FLDP) IAIN Madura. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 214–226.
Rahadiantino, L., Fahmi, A., Aparamarta, H. W., Moerad, S. K., & Shiddiqi, A. M. (2022). Implementasi pembelajaran artificial intelligence bagi siswa sekolah dasar di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 92–101.
Rahman, M. M. (2013). Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Pada Anak Usia Dini. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).
Rohman, A., Asbari, M., & Rezza, D. (2024). Literasi digital: Revitalisasi inovasi teknologi. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 6–9.
Sadiman, A. S. (1996). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Santos, M. E. C., Lübke, A. in W., Taketomi, T., Yamamoto, G., Rodrigo, M. M. T., Sandor, C., & Kato, H. (2016). Augmented reality as multimedia: the case for situated vocabulary learning. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 11, 1–23.
Sari, F., Aryanti, D., & Sabri, T. (2021). Pengaruh Media Audiovisual terhadap Ketrampilan Berbicara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(3), 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/45826
Setiawan, R., Muhimmah, H. A., Subrata, H., Istiq’faroh, N., Abidin, Z., Firdha Noerdiana, A., & Surabaya, U. N. (2023). Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 9(2). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD
Sidharta, A. (2005). Media pembelajaran. Bandung: Departemen Pendidikan.
Speaking Skills Analysis of 4th Grade Students in Indonesian Language Object (2023). Al-Aulad, 6(1):57-71. doi: 10.15575/al-aulad.v6i1.24628
Stefi, Yolanda., Retno, Winarni., Septi, Yulisetiani. (2022). The New Way Improve Learners' Speaking Skills: Picture and Picture Learning Media Based on Articulate Storyline. Journal of education technology, 6(1):173-181. doi: 10.23887/jet.v6i1.41452
Subrata, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu UNO untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Sandhangan Swara Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.
Subrata, H., Rachmadiyanti, P., Indrawati, D., & Abidin, Z. (2024). TPCK Investigation of Javanese Language Learning in Indonesian Elementary Schools: Application of Technology and a Pedagogical Approach. International Journal Of Multidisciplinary Research And Analysis, 7(01).
Sudrajat, D., Permatasari, R. D., Wijaya, I. M. S., Setyawan, A. E., & Rahayu, N. (2023). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan sebagai Upaya Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 5(02),
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D. In Bandung: Alfabeta (Vol. 15, Issue 2010). Alfabeta.
Sukartiningsih, W. (2016). Validity teaching materials of Indonesian education in beginning class of elementary school course based integrated science and social studies. Journal of Education, Teaching and Learning, 1(2), 82-88.
Sukartiningsih, W., Mariana, N., & Mursyidah, R. W. (2023, February). Building naturalist intelligence through integrated threaded material and team teaching model. In IConVET 2022: Proceedings of the 5th International Conference on Vocational Education and Technology, IConVET 2022, 6 October 2022, Singaraja, Bali, Indonesia (p. 297). European Alliance for Innovation.
Uung, Gondo, Saputro., Imam, Basuki., Ade, Eka, Anggraini. (2023). Analysis of public speaking skills primary school children. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, doi: 10.33578/jpfkip.v12i3.9776.
Zamira, R., Nazira, K., & Ravshanoy, A. (2023). Speech development of preschool-children exercises and methods. International Journal of Pedagogics, 3(02), 38-43.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Lativa Saraswati, Wahyu Sukartiningsih, Heru Subrata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).