Analisis Kebutuhan Awal Penggunaan Media Visual Berbasis AI dalam Keterampilan Berbicara

Authors

  • Lativa Saraswati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Wahyu Sukartiningsih Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Heru Subrata Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1164

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kebutuhan dasar untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan mendongeng anak-anak sekolah dasar melalui penggunaan media visual berbasis AI dengan fitur Bing Image Creator. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif dan menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi sebagai instrumen penelitiannya. Reduksi data, tampilan data, dan kesimpulan adalah beberapa pendekatan analisis data yang digunakan. Diketahui dari hasil analisis data instrumen kebutuhan awal bahwa siswa masih memiliki kemampuan berbicara yang buruk, mereka takut untuk menyuarakan pendapat mereka di depan kelas, bahwa mereka cemas dan tersendat ketika berbicara. Masalah Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa guru terus menggunakan strategi pengajaran yang kurang menarik dan kemampuan berbicara siswa tetap buruk karena kurangnya media tambahan. Sebagian besar siswa dan guru mengaku membutuhkan  penambahan media Visual Berbasis AI dengan Fitur Bing Image Creator  sebanyak sempuluh tiga persen dan seratus persen selain itu, penelitian ini dapat berfungsi sebagai analisis kebutuhan  awal penggunaan media visual berbasis AI yang sesuai, khususnya fitur Bing Image Creator, dalam keterampilam  berbicara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. , K., Baltabayeva., Zh.A., Kagazbayev., Zhanar, Eskazinova. (2022). Formation of primary school students’ communicative language learning strategies. doi: 10.31489/2022ped4/214-2192

Ali, M. (2020). Pembelajaran bahasa indonesia dan sastra (basastra) di sekolah dasar. PERNIK, 3(1), 35-44.

Anjelina, N., & Tarmini, W. (2022). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7327-7333.

Arsani, G. A. R. (2017). Indonesia Siswa Dwibahasawan Melalui Metode Bercerita. 1–11.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.

Chaouali, W., Souiden, N., & Ladhari, R. (2017). Explaining adoption of mobile banking with the theory of trying, general self-confidence, and cynicism. Journal of Retailing and Consumer Services, 35, 57–67.

Delvia, R., Taufina, T., Rahmi, U., & Zuleni, E. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Bercerita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1022–1030. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.230

Diantama, S. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) Dalam Dunia Pendidikan. DEWANTECH Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.61434/dewantech.v1i1.8

Ebel, R. L. (1969). Encyclopedia of Educational Research.

Ertel, W. (2018). Introduction to artificial intelligence. Springer.

Fajjar, Ajrin, Astiar., Rarasaning, Satianingsih., Via, Yustitia. (2020). Students’ speaking skills through project based learning at elementary schools. doi: 10.33578/JPFKIP.V9I5.8029

Fauziddin, M., Dwi Lestari, G., Mariana, N., & Sukartiningsih, W. (2023). Analysis on Value of 12 Verses Gurindam by Raja Ali Haji in the Context of Learning Islam in Early Childhood (PAUD). In International Journal of Membrane Science and Technology (Vol. 10, Issue 2).

Fitri, Siti, Sundari., Arita, Mariani. (2022). Learners' speaking skills with speech delay barriers in primary school. doi: 10.22460/pej.v6i1.2942

Halidjah, S. (2012). Evaluasi keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 2(1).

Hari, Dirjo, Joko, Susanto., Selvi, Atesya, Kesumawati., Bayu, Hardiyono., Noviria, Sukmawati. (2022). Development of Athletic Learning Model Based on Traditional Games in Class IV Students Primary School (SD). Kinestetik: jurnal ilmiah pendidikan jasmani, doi: 10.33369/jk.v6i3.23893

Hopgood, A. A. (2021). Intelligent systems for engineers and scientists: a practical guide to artificial intelligence. CRC press.

Huong, T. T. A. (2023). DEVELOPING SPEAKING SKILLS THROUGH STORIES. European Journal of Education Studies, 10(5).

Ilham, M., & Wijiati, I. A. (2020). Keterampilan berbicara: Pengantar keterampilan berbahasa. Lembaga Academic & Research Institute.

Ina, Magdalena., Juliasih, Juliasih., Luthfiana, Maulida., Luthfiah, Andriliani. (2023). Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran di SDN Karang Tengah 10. YASIN, doi: 10.58578/yasin.v3i4.1332

Intelligence Melalui Media Puzzle Maker Pada Siswa Sekolah Dasar. Abuya:

Jamiluddin, J., Khairul, M. A., Putri, D., & Eisenring, M. A. (2022). Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Aplikasi Chatbot Articial Intellince (AI) Pada Siswa SMP Negeri 9 Palu. Jurnal ADAM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 288–297.

Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 30–43.

Kuswati, S. (2013). M., & Yulie.(2015). Peningkatan Percaya Diri Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(11), 1–12.

Larosa, A. S., & Iskandar, R. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Pantun di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3723–3737.

Levie, W. H., & Lentz, R. (1982). Effects of text illustrations: A review of research. Ectj, 30(4), 195–232.

Maufidhoh, I., & Maghfirah, I. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Artificial

Maufidhoh, I., & Maghfirah, I. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Melalui Media Puzzle Maker Pada Siswa Sekolah Dasar. Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 30–43.

McCarthy, J. (2007). From here to human-level AI. Artificial Intelligence, 171(18), 1174–1182.

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988

Nicholson, L., Putwain, D., Connors, L., & Hornby-Atkinson, P. (2013). The key to successful achievement as an undergraduate student: confidence and realistic expectations? Studies in Higher Education, 38(2), 285–298.

Nuraini, Nuraini., Siti, Laeli, Aisyah., Arini, Syafitri. (2023). Problematika dalam Proses Pembelajaran di Tingkat Sekolah Dasar. YASIN, doi: 10.58578/yasin.v3i5.1444

Nurwida, M. (2016). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Story Tellyng Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru “COPE,” 20(2), 1–8.

Nuzuli, A. K. (2023). Faktor Penghambat dan Pendukung Komunikasi antara Guru dan Siswa Tuna Rungu di SLBN Kota Sungai Penuh. Jurnal Komunikasi, 14(1), 49–58. https://doi.org/10.31294/jkom.v14i1.14505

Oktavianus, A. J. E., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Pembelajaran dan Asesmen di Era Digitalisasi. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 5(02), 473–486.

Permana, G. P. L., Subrata, S., Darma, I. M. W., & Sutama, I. W.(2023) EDUKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA KEPADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR NEGERI 4 TIGA, KECAMATAN SUSUT, BANGLI. Jurnal Pengabdi, 6(1).

Pontjowulan, P. (2023). Implementasi penggunaan media ChatGPT dalam pembelajaran era digital. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(2), 1–8.

Putra, A. P., Hidayatulloh, R., Fauzan, H. A., & Fami, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis AR terhadap Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar Mahasiswa. Judikatif: Jurnal Desain Komunikasi Kreatif, 5(2), 115–118.

Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2023). Pemanfaatan AI sebagai Media Pembelajaran Digital dalam Foreign Language Development Program (FLDP) IAIN Madura. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 214–226.

Rahadiantino, L., Fahmi, A., Aparamarta, H. W., Moerad, S. K., & Shiddiqi, A. M. (2022). Implementasi pembelajaran artificial intelligence bagi siswa sekolah dasar di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 92–101.

Rahman, M. M. (2013). Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Pada Anak Usia Dini. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).

Rohman, A., Asbari, M., & Rezza, D. (2024). Literasi digital: Revitalisasi inovasi teknologi. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 6–9.

Sadiman, A. S. (1996). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Santos, M. E. C., Lübke, A. in W., Taketomi, T., Yamamoto, G., Rodrigo, M. M. T., Sandor, C., & Kato, H. (2016). Augmented reality as multimedia: the case for situated vocabulary learning. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 11, 1–23.

Sari, F., Aryanti, D., & Sabri, T. (2021). Pengaruh Media Audiovisual terhadap Ketrampilan Berbicara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(3), 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/45826

Setiawan, R., Muhimmah, H. A., Subrata, H., Istiq’faroh, N., Abidin, Z., Firdha Noerdiana, A., & Surabaya, U. N. (2023). Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 9(2). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD

Sidharta, A. (2005). Media pembelajaran. Bandung: Departemen Pendidikan.

Speaking Skills Analysis of 4th Grade Students in Indonesian Language Object (2023). Al-Aulad, 6(1):57-71. doi: 10.15575/al-aulad.v6i1.24628

Stefi, Yolanda., Retno, Winarni., Septi, Yulisetiani. (2022). The New Way Improve Learners' Speaking Skills: Picture and Picture Learning Media Based on Articulate Storyline. Journal of education technology, 6(1):173-181. doi: 10.23887/jet.v6i1.41452

Subrata, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu UNO untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Sandhangan Swara Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

Subrata, H., Rachmadiyanti, P., Indrawati, D., & Abidin, Z. (2024). TPCK Investigation of Javanese Language Learning in Indonesian Elementary Schools: Application of Technology and a Pedagogical Approach. International Journal Of Multidisciplinary Research And Analysis, 7(01).

Sudrajat, D., Permatasari, R. D., Wijaya, I. M. S., Setyawan, A. E., & Rahayu, N. (2023). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan sebagai Upaya Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 5(02),

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D. In Bandung: Alfabeta (Vol. 15, Issue 2010). Alfabeta.

Sukartiningsih, W. (2016). Validity teaching materials of Indonesian education in beginning class of elementary school course based integrated science and social studies. Journal of Education, Teaching and Learning, 1(2), 82-88.

Sukartiningsih, W., Mariana, N., & Mursyidah, R. W. (2023, February). Building naturalist intelligence through integrated threaded material and team teaching model. In IConVET 2022: Proceedings of the 5th International Conference on Vocational Education and Technology, IConVET 2022, 6 October 2022, Singaraja, Bali, Indonesia (p. 297). European Alliance for Innovation.

Uung, Gondo, Saputro., Imam, Basuki., Ade, Eka, Anggraini. (2023). Analysis of public speaking skills primary school children. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, doi: 10.33578/jpfkip.v12i3.9776.

Zamira, R., Nazira, K., & Ravshanoy, A. (2023). Speech development of preschool-children exercises and methods. International Journal of Pedagogics, 3(02), 38-43.

Downloads

Published

2024-08-10

How to Cite

Saraswati, L., Sukartiningsih, W., & Subrata, H. (2024). Analisis Kebutuhan Awal Penggunaan Media Visual Berbasis AI dalam Keterampilan Berbicara. Journal of Education Research, 5(3), 3544–3556. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1164

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check