Implementasi Konten Digital Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Jenjang SMA
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1042Abstract
Dalam membangun sebuah peradaban bangsa yang kokoh, diperlukan upaya penguatan jati diri bangsa secara terus menerus yang dilakukan dengan beragam inovasi dalam ruang pendidikan dan pembelajaran yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Tujuan penelitian ini membahas mengenai upaya pendidikan budaya melalui implementasi media pembelajaran konten digital berbasis cerita rakyat untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa yang menjadi peserta didik kelas tulis di sebuah Madrasah Aliyah. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan sumber data berupa jawaban atau respon dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh peneliti, hasil pekerjaan peserta didik selama mengikuti pembelajaran serta mengamati proses berlangsungnya pembelajaran yang mengimplementasikan media pembelajaran konten digital berbasis cerita rakyat untuk meningkatkan keterampilan membaca dalam literasi budaya. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi pastisipatif, yakni dengan wawancara, dokumentasi hasil pekerjaan peserta didik serta proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa konten digital berbasis cerita rakyat dapat meningkatkan keterampilan menulis dalam literasi budaya, hal tersebut terlihat dari topik yang ditulis siswa menjadi semakin berkembang dengan adanya cerita rakyat yang dihadirkan sebagai media pembelajaran dalam rangka pembudayaan.
Downloads
References
Anjana, Fika dan Hakim, Faisol. (2024). Analisis Perubahan Sosial dan Budaya Masyarakat Pegunungan Sebagai Dampak Dari Globalisasi. Madani: Jurnal Pendidikan IPS dan Ilmu Sosial, 4(2).
Bunanta, Murti. (1998). Problema Penulisan Cerita Rakyat untuk Anak di Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, halaman 21.
Danandjaja, Djames. (1982). Foklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng dan lain-lain. Jakarta: Grafitipres.
Dasopang, Muhammad Darwis. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. Sumatera Utara: IAIN Padangsidimpuan.
Dewantara, Ki Hajar. (1996). Asas-Asas Dan Dasar-Dasar Taman Siswa. Yogyakarta: Majelis Luhur Taman Siswa, halaman : 58.
Hallissy, M.; Butler, D; Hurley, J; Marshall, K. (2013). Redesigning Education: Meeting the Challenges of the 21st Century., Brisbane St Patrick Coll.
Hidayat, Arif. (2009). Pembelajaran Sastra di Sekolah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(2), 221–30.
Kartika Sari, A. D. ., Arfiyani, S. M. ., Nasution, L. M. ., & Nurhasanah, S. . (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Komik Digital dalam Materi Daur Hidup terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1).
Kustiawan, W., Efendi, E., Candra, W., & Zein, P. (2023). Dampak Korean Wave (Hallyu) Bagi Budaya Indonesia Sebagai Dampak Dari Globalisasi Media. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(4).
Lankshear, C., & Knobel, M. (2008). Digital Literacies: Concepts, Policies and Practices.
Lovandri Dwanda Putra, & Suci Zhinta Ananda Pratama. (2023). PEMANFATAN MEDIA DAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM MENGATASI MASALAH PEMBELAJARAN. Journal Transformation of Mandalika, 4(8).
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Nudiati, D. & Elih, S. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34-40.
Pratiwi, W., & Kurniawan, R. (2013). Penerapan Media Komik sebagai Media Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Jurnal JUPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(3). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Purwati, Duwi. (2016). Realitas Pembelajaran Sastra di Sekolah Masa Kini, JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 1(1), 233–41.
Romli Triputra , D. ., & Yuli Kurniawan, P. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Vlog Materi Dakwah Pada Mahasiswa Berdasarkan Aspek Keterampilan Berbahasa. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(01), 18–25. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i01.54
Siburian dkk. (2021). Pengaruh Globalisasi Terhadap Minat Generasi Muda Dalam Melestarikan Kesenian Tradisional Indonesia. Jurnal Gobal Citizen, 10(2).
Suprayitno, Edy. (2015). Permasalahan Pembelajaran Sastra dan Solusinya, Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(1).
Sutarya, D., Umalihayati, U., & Dayurni, P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Di SMPN 5 Satu Atap Padarincang . Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4).
Syarifah, S., & Yusnaldi, E. (2023). Implementasi Tontonan Video Edukasi Ilmu Pengetahuan Sosial Sebagai Media Pembelajaran Siswa di MIN 7 Kota Medan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1173-1182. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.398
Yuda, N. (2018). Strategi Literasi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan tahun 2018.
Zainudin dkk. (2021). Implementasi Media Pembelajaran Gambar Seri dalam Upaya meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di MIMA Zainul Hasan Balung. Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 56-73.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Dandy Ashghor Dawudi, Udjang Pairin, Titik Indarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).